Cara Mencari Golongan dan Periode

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kami akan membahas cara mencari golongan dan periode pada unsur kimia. Hal ini sangat penting untuk dipahami jika ingin mempelajari sifat dan reaksi unsur kimia. Yuk, kita mulai!

Apa itu golongan dan periode pada unsur kimia?

Sebelum masuk ke cara mencari golongan dan periode, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu golongan dan periode pada unsur kimia. Golongan pada unsur kimia merupakan kelompok unsur yang memiliki sifat-sifat kimia yang sama karena memiliki jumlah elektron valensi yang sama. Sedangkan periode pada unsur kimia merupakan baris pada tabel periodik yang menunjukkan jumlah kulit elektron pada atom unsur tersebut.

Golongan pada unsur kimia

Terdapat 18 golongan pada tabel periodik yang diklasifikasikan berdasarkan jumlah elektron valensi pada atom unsur tersebut. Beberapa golongan penting yang perlu kita ketahui adalah:

Golongan Nama Karakteristik
1 Logam alkali Mudah melepaskan 1 elektron, reaktif dengan air
2 Logam alkali tanah Mudah melepaskan 2 elektron, kurang reaktif dengan air
7 Halogen Mudah menerima 1 elektron untuk membentuk ion negatif
8 Gas mulia Tidak bereaksi dengan unsur lain karena sudah stabil

Golongan pada tabel periodik biasanya diberi label dengan angka romawi. Contohnya, golongan 1 disebut juga golongan Ia atau golongan alkali.

Periode pada unsur kimia

Setiap unsur kimia pada tabel periodik ditempatkan pada baris atau periode berdasarkan jumlah kulit elektron yang dimilikinya. Terdapat 7 periode pada tabel periodik. Beberapa periode penting yang perlu kita ketahui adalah:

Periode Karakteristik
1 Hanya terdiri dari 2 unsur, hidrogen dan helium
2 Unsur-unsur pada periode ini memiliki 2 kulit elektron
3 Unsur-unsur pada periode ini memiliki 3 kulit elektron
4 Unsur-unsur pada periode ini memiliki 4 kulit elektron
5 Unsur-unsur pada periode ini memiliki 5 kulit elektron

Periode pada tabel periodik biasanya diberi label dengan angka Arab. Contohnya, periode 2 berisi unsur-unsur yang memiliki 2 kulit elektron.

Cara mencari golongan dan periode pada tabel periodik

Mencari golongan pada tabel periodik

Untuk mencari golongan pada tabel periodik, caranya cukup mudah. Kita hanya perlu melihat nomor golongan pada tabel periodik. Nomor golongan biasanya terletak di atas simbol unsur. Misalnya, untuk mencari golongan logam alkali dengan simbol Li, kita hanya perlu mencari unsur Li pada tabel periodik, dan nomor golongannya adalah 1.

TRENDING 🔥  Cara Cheat FF: Panduan Lengkap untuk Pemain Free Fire

Mencari periode pada tabel periodik

Untuk mencari periode pada tabel periodik, caranya juga cukup mudah. Kita hanya perlu melihat nomor periode pada tabel periodik. Nomor periode biasanya terletak di sebelah kanan simbol unsur. Misalnya, untuk mencari periode unsur karbon dengan simbol C, kita hanya perlu mencari unsur C pada tabel periodik, dan nomor periodenya adalah 2.

FAQ

1. Apa saja golongan penting pada tabel periodik?

Beberapa golongan penting yang perlu kita ketahui adalah logam alkali, logam alkali tanah, halogen, dan gas mulia.

2. Apa saja periode penting pada tabel periodik?

Beberapa periode penting yang perlu kita ketahui adalah periode 1, periode 2, periode 3, periode 4, dan periode 5.

3. Bagaimana cara mencari golongan pada tabel periodik?

Kita hanya perlu melihat nomor golongan pada tabel periodik. Nomor golongan biasanya terletak di atas simbol unsur.

4. Bagaimana cara mencari periode pada tabel periodik?

Kita hanya perlu melihat nomor periode pada tabel periodik. Nomor periode biasanya terletak di sebelah kanan simbol unsur.

Kesimpulan

Nah, itulah cara mencari golongan dan periode pada unsur kimia. Dengan memahami hal ini, kita akan lebih mudah mempelajari sifat dan reaksi unsur kimia. Ingatlah selalu bahwa tabel periodik adalah alat yang sangat penting dalam mempelajari kimia, jadi pastikan kita menguasai cara membacanya dengan benar. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline!

Cara Mencari Golongan dan Periode