Cara Mengobati Cacing Kremi dengan Bawang Putih

>Hello Sohib EditorOnline,Cacing kremi atau dalam bahasa medis disebut Enterobius vermicularis, adalah suatu parasit yang hidup di usus manusia dan sering menyerang anak-anak. Salah satu cara pengobatan yang sudah dikenal sejak lama adalah dengan menggunakan bawang putih. Berikut adalah beberapa cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih yang dapat Anda coba:

1. Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah

Salah satu cara yang paling sederhana untuk mengobati cacing kremi dengan bawang putih adalah dengan mengkonsumsi bawang putih mentah. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menumbuk bawang putih mentah hingga halus, dan kemudian menelannya dengan air putih. Bawang putih mentah memiliki kandungan senyawa allicin yang dapat membantu membunuh cacing kremi.

Namun, mengkonsumsi bawang putih mentah terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya tidak lebih dari 3 siung setiap hari untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

2. Menggunakan Bawang Putih untuk Membuat Suplemen Herbal

Selain mengkonsumsi bawang putih mentah, cara lain yang dapat dicoba adalah dengan membuat suplemen herbal menggunakan bawang putih dan bahan-bahan lainnya. Berikut adalah resep suplemen herbal yang dapat Anda buat sendiri:

Bahan Jumlah
Bawang putih mentah 10 siung
Jahe 1 ruas jari
Madu asli 2 sendok makan
Air matang 200 ml

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih bawang putih dan jahe, kemudian parut atau blender hingga halus.
  2. Masukkan ke dalam panci, tambahkan air matang, dan panaskan hingga mendidih.
  3. Tambahkan madu asli, aduk rata, dan tunggu hingga dingin.
  4. Saring campuran tersebut dan simpan dalam botol kaca bersih.

Suplemen herbal tersebut dapat diminum 2 kali sehari, setiap kali 2 sendok makan.

3. Menggunakan Bawang Putih untuk Membuat Salep Anti-Cacing

Selain dikonsumsi, bawang putih juga dapat digunakan untuk membuat salep anti-cacing. Berikut adalah resepnya:

Bahan Jumlah
Bawang putih mentah 5 siung
Minyak kelapa 1 sendok makan
Lilin lebah 1 sendok teh

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih bawang putih dan tumbuk hingga halus.
  2. Aduk bawang putih yang sudah ditumbuk dengan minyak kelapa dan lilin lebah hingga merata.
  3. Simpan salep tersebut di dalam wadah yang bersih.

Gunakan salep tersebut di sekitar anus sebelum tidur. Salep tersebut akan membantu membunuh cacing kremi dan mencegah perkembangan ulang.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus dengan Bawang Putih

Salah satu penyebab utama cacing kremi adalah kurangnya kesehatan usus. Untuk itu, selain mengobati secara langsung dengan bawang putih, sebaiknya juga meningkatkan kesehatan usus dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung serat tinggi, serta menghindari makanan yang dapat merusak kesehatan usus, seperti makanan berlemak dan bersantan.

TRENDING 🔥  Cara Ambil Uang di ATM Mandiri

FAQ

1. Apakah mengkonsumsi bawang putih mentah aman?

Mengkonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah yang wajar dan yang dianjurkan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Namun, mengkonsumsi bawang putih mentah terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi lambung, sakit kepala, dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Berapa lama pengobatan dengan bawang putih biasanya diambil?

Pengobatan dengan bawang putih dapat diambil selama 1-2 minggu, tergantung dari tingkat keparahan infeksi cacing kremi.

3. Apakah cacing kremi dapat menular?

Ya, cacing kremi dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, atau melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi telur cacing kremi.

4. Apakah cacing kremi dapat disembuhkan secara permanen?

Ya, cacing kremi dapat disembuhkan secara permanen dengan mengikuti pengobatan yang tepat dan mencegah terjadinya infeksi ulang dengan menjaga kesehatan usus dan kebersihan diri.

5. Apakah terdapat cara lain selain pengobatan dengan bawang putih untuk mengobati cacing kremi?

Ya, terdapat beberapa cara lain untuk mengobati cacing kremi, seperti pengobatan dengan obat kimia, penggunaan obat herbal, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Demikianlah beberapa cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih yang dapat Anda coba. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat atau suplemen herbal. Semoga bermanfaat!

Cara Mengobati Cacing Kremi dengan Bawang Putih