Cara Menyembuhkan Wasir

>Hai Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel kami yang membahas tentang cara menyembuhkan wasir. Wasir adalah suatu kondisi di mana vena di daerah anus atau rektum membengkak dan meradang. Wasir dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pendarahan. Namun, jangan khawatir karena kami akan memberikan informasi yang lengkap tentang cara mengatasi masalah ini.

Apa itu Wasir?

Wasir, yang juga dikenal sebagai hemoroid, adalah pembengkakan pembuluh darah di daerah anus atau rektum. Ada dua jenis wasir: internal dan eksternal.

Wasir Internal

Wasir internal terjadi di dalam rektum dan tidak terlihat atau teraba dari luar. Biasanya, wasir ini tidak menimbulkan gejala apa pun, kecuali jika mereka terlalu besar atau meradang. Jika wasir internal terlalu besar, akan menonjol keluar dari anus, memicu gejala seperti pendarahan.

Wasir Eksternal

Wasir eksternal terjadi di bawah kulit di sekitar anus. Mereka biasanya terlihat sebagai tonjolan yang berwarna merah atau biru. Wasir eksternal dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pembengkakan.

Penyebab Wasir

Penyebab pasti wasir belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami wasir, seperti:

Faktor Risiko Wasir Keterangan
Usia Wasir lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun.
Obesitas Orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami wasir karena tekanan yang lebih besar pada vena di daerah anus dan rektum.
Sedentari Orang yang duduk atau berdiri terlalu lama tanpa bergerak lebih mungkin mengalami wasir.
Perubahan Hormon Wanita hamil dan orang yang mengalami perubahan hormonal mungkin lebih mungkin mengalami wasir.
Masalah Pencernaan Orang yang menderita sembelit atau diare lebih mungkin mengalami wasir karena terlalu banyak mengejan atau tekanan pada area anus.

Gejala Wasir

Wasir dapat menimbulkan berbagai gejala, termasuk:

  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah anus
  • Gatal-gatal di sekitar anus
  • Pendarahan setelah buang air besar
  • Munculnya tonjolan yang terasa saat duduk atau berdiri
  • Cairan lendir atau darah di celana dalam atau kertas toilet

Diagnosis Wasir

Dokter dapat mendiagnosa wasir dengan melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya tentang riwayat kesehatan. Jika wasir internal dicurigai, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan rektum dengan bantuan alat yang disebut sigmoidoskop atau kolonoskop. Tes darah dan tinja juga dapat dilakukan untuk mengesampingkan kemungkinan penyakit lain.

Cara Menyembuhkan Wasir

Perubahan Gaya Hidup

Jika Anda mengalami wasir, maka beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah kondisi ini menjadi lebih serius. Beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu adalah:

  • Banyak minum air
  • Makan makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
  • Hindari makanan pedas dan berlemak
  • Berolahraga secara teratur
  • Jangan menunda buang air besar
  • Gunakan tisu toilet yang lembut
TRENDING 🔥  Cara Minum Sari Kurma HNI

Obat-obatan

Dokter mungkin meresepkan obat yang dapat membantu mengurangi gejala wasir. Beberapa obat yang mungkin diresepkan adalah:

  • Krim atau salep untuk mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal
  • Obat pencahar untuk mencegah sembelit dan mengejan saat buang air besar
  • Obat antinyeri untuk mengurangi rasa sakit pada wasir yang meradang

Prosedur Medis

Jika wasir tidak merespons terhadap perubahan gaya hidup dan obat-obatan, maka dokter mungkin merujuk Anda untuk menjalani prosedur medis, seperti:

  • Sclerotherapy: penyuntikan zat kimia ke dalam wasir untuk menyebabkan mereka menyusut
  • Band ligation: mengikat wasir dengan karet untuk memotong pasokan darah dan menyebabkan mereka mati
  • Hemorrhoidectomy: prosedur bedah untuk mengangkat wasir yang parah

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Wasir

1. Apakah wasir menular?

Tidak. Wasir bukan penyakit menular. Namun, orang yang menderita wasir mungkin merasa tidak nyaman dan membatasi aktivitas seksual mereka.

2. Bisakah wasir sembuh dengan sendirinya?

Wasir ringan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, wasir yang parah mungkin memerlukan perawatan medis.

3. Apa yang harus saya lakukan jika mengalami gejala wasir?

Jika Anda mengalami gejala wasir, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

4. Bagaimana cara mencegah wasir?

Anda dapat mencegah wasir dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur, makan makanan yang sehat dan kaya serat, minum banyak air, dan menghindari sembelit. Hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar dan jangan menunda buang air besar.

5. Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani prosedur medis untuk mengatasi wasir?

Setelah menjalani prosedur medis untuk mengatasi wasir, dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit dan menyarankan Anda untuk istirahat selama beberapa hari. Anda juga harus menghindari mengangkat barang berat dan mengejan terlalu keras saat buang air besar selama beberapa waktu.

Kesimpulan

Wasir adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang. Namun, wasir dapat dicegah dan diobati dengan perubahan gaya hidup, obat-obatan, atau prosedur medis. Jika Anda mengalami gejala wasir, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Cara Menyembuhkan Wasir