Cara Ngelemesin Rambut – Tips dan Trik Terbaik

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu ingin tampil lebih menarik dengan rambut teratur dan klimis? Cara ngelemesin rambut mungkin bisa membantu kamu mencapai tampilan rambut yang diinginkan. Namun, sebelum mencobanya, ada baiknya kamu mengetahui tips dan trik terbaik dalam ngelemesin rambut.

1. Mengenal Jenis Rambut

Sebelum memilih cara ngelemesin rambut yang tepat, kamu perlu mengenal jenis rambut kamu terlebih dahulu. Tipe rambut yang berbeda akan membutuhkan teknik dan produk yang berbeda pula. Ada beberapa jenis rambut, yaitu:

Jenis Rambut Karakteristik
Rambut Lurus Halus dan mudah ditata
Rambut Keriting Cenderung tebal dan kaku
Rambut Kribo Kasar dan mudah kusut
Rambut Rontok Tipis dan mudah rontok

Setelah kamu mengenal jenis rambut kamu, kamu bisa memilih teknik yang tepat untuk ngelemesin rambutmu.

2. Teknik Ngelemesin Rambut

Terdapat beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk ngelemesin rambut, di antaranya:

a. Catok Rambut

Catok rambut adalah teknik ngelemesin rambut yang paling umum digunakan. Kamu bisa memilih catokan dengan suhu yang sesuai dengan jenis rambutmu untuk menghindari kerusakan pada rambut. Pastikan juga untuk menggunakan produk pelindung rambut sebelum menata rambut dengan catokan.

b. Menggunakan Alat Pemanas Lainnya

Selain catok rambut, kamu juga bisa menggunakan alat pemanas lainnya seperti hair dryer, sisir pemanas, atau roller pemanas. Pastikan kamu menggunakan produk pelindung rambut sebelum menata rambut dengan alat pemanas apa pun.

c. Ngelemesin Rambut Secara Alami

Jika kamu tidak ingin menggunakan alat pemanas, kamu bisa mencoba teknik ngelemesin rambut secara alami, seperti:

  • Mengikat rambut selama beberapa jam untuk membentuk pola tertentu
  • Menyisir rambut saat masih basah dan diikat hingga kering untuk membentuk pola tertentu
  • Memakai scarf atau bandana pada rambut selama beberapa jam untuk membentuk pola tertentu

3. Produk Ngelemesin Rambut

Selain teknik, produk yang kamu gunakan untuk ngelemesin rambut juga sangat penting. Produk yang tepat akan membantu kamu mendapatkan hasil yang memuaskan. Beberapa produk ngelemesin rambut yang bisa kamu gunakan adalah:

  • Minyak rambut untuk melenturkan rambut
  • Serum rambut untuk mengatasi kerusakan pada rambut
  • Gel rambut untuk mempertahankan bentuk rambut setelah di-lemeskan

4. Tips dan Trik Ngelemesin Rambut

Agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal saat ngelemesin rambut, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

a. Gunakan Produk Pelindung Rambut

Sebelum menata rambut dengan alat pemanas, pastikan kamu menggunakan produk pelindung rambut untuk menghindari kerusakan pada rambut.

TRENDING 🔥  Cara Daftar QQ: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

b. Jangan Terlalu Sering Ngelemesin Rambut

Ngelemesin rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Sebaiknya, kamu ngelemesin rambut hanya saat diperlukan.

c. Gunakan Alat Pemanas yang Sesuai

Pilihlah alat pemanas yang sesuai dengan jenis rambutmu. Catokan dengan suhu yang terlalu tinggi dapat merusak rambutmu.

d. Gunakan Produk yang Sesuai

Pilihlah produk ngelemesin rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu. Produk yang tepat akan membantu kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

e. Gunakan Sampo dan Conditioner yang Tepat

Sampo dan conditioner yang tepat akan membantu menjaga kelembaban dan kekuatan rambutmu. Pastikan kamu memilih sampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambutmu.

FAQ

1. Apakah ngelemesin rambut dapat merusak rambut?

Jawaban tergantung pada teknik dan alat yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan alat pemanas dengan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu sering ngelemesin rambut, itu dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Pastikan kamu menggunakan alat pemanas dengan bijak dan tidak terlalu sering ngelemesin rambut.

2. Apakah ngelemesin rambut bisa dilakukan pada rambut yang sangat keriting?

Tentu saja bisa. Namun, kamu perlu memilih teknik dan produk yang tepat untuk rambutmu. Kamu bisa menggunakan catokan dengan suhu yang rendah atau memilih teknik ngelemesin rambut secara alami seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

3. Apakah ngelemesin rambut berbahaya bagi kesehatan rambut?

Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa ngelemesin rambut dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan rambut. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan alat pemanas yang terlalu sering atau suhu yang terlalu tinggi dapat merusak rambut. Pastikan kamu menggunakan alat pemanas dengan bijak dan tidak terlalu sering ngelemesin rambut.

4. Berapa lama hasil ngelemesin rambut dapat bertahan?

Hasil ngelemesin rambut dapat bertahan antara beberapa jam hingga beberapa hari tergantung pada teknik dan produk yang kamu gunakan, serta jenis rambutmu. Kamu bisa menggunakan produk penjaga bentuk rambut seperti gel rambut untuk mempertahankan hasil yang lebih lama.

5. Apakah ngelemesin rambut hanya untuk wanita?

Tentu tidak. Ngelemesin rambut dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, teknik dan produk yang digunakan mungkin akan berbeda tergantung pada jenis rambutmu.

Cara Ngelemesin Rambut – Tips dan Trik Terbaik