Cara Skrinsut HP Samsung A12 – Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sedang mencari cara untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Samsung A12? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara skrinsut HP Samsung A12 yang mudah dan cepat.

Apa itu Skrinsut HP Samsung A12 dan Mengapa Dibutuhkan?

Sebelum kita membahas cara skrinsut HP Samsung A12, pertama-tama mari kita memahami apa itu skrinsut. Skrinsut, singkatan dari screen capture, adalah proses mengambil gambar layar ponsel atau perangkat lainnya. Skrinsut sangat diperlukan dalam berbagai situasi, seperti:

Keperluan Contoh Situasi
Menyimpan Bukti Transaksi Menyimpan struk pembayaran online
Memperlihatkan Pesan Kesalahan Mengirimkan tangkapan layar pesan kesalahan ke tech support
Membagikan Informasi Membagikan tangkapan layar postingan di media sosial

Jadi, sekarang kita paham betapa pentingnya skrinsut. Mari kita lanjutkan ke cara skrinsut HP Samsung A12.

Cara Skrinsut HP Samsung A12 dengan Tombol Fisik

Cara pertama untuk skrinsut HP Samsung A12 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka layar yang ingin diambil skrinsutnya
  2. Tekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan selama beberapa detik
  3. Tangkapan layar akan diambil dan disimpan di folder “Screenshots”

Mudah sekali, bukan? Jika kamu ingin membuka folder “Screenshots”, cukup buka aplikasi Galeri dan cari folder tersebut. Selamat, kamu telah berhasil melakukan skrinsut HP Samsung A12 dengan tombol fisik.

Cara Skrinsut HP Samsung A12 dengan Gesture

Selain menggunakan tombol fisik, kamu juga bisa melakukan skrinsut HP Samsung A12 dengan menggunakan gesture. Berikut ini caranya:

  1. Buka layar yang ingin diambil skrinsutnya
  2. Geser tangan dari sisi kiri ke sisi kanan layar atau sebaliknya
  3. Tangkapan layar akan diambil dan disimpan di folder “Screenshots”

Fitur gesture untuk skrinsut HP Samsung A12 tentu lebih praktis daripada harus menekan kombinasi tombol fisik. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa fitur ini telah diaktifkan di ponselmu. Caranya, buka Pengaturan > Fitur canggih > Gerakan dan tindakan > Tangkapan layar.

Cara Skrinsut HP Samsung A12 dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, kamu juga bisa melakukan skrinsut HP Samsung A12 dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan:

  • Super Screenshot
  • Screen Master
  • Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder
TRENDING 🔥  Cara Mengobati Eksim

Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh dan install aplikasinya terlebih dahulu dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan ikuti instruksi yang diberikan untuk mengambil tangkapan layar.

FAQ tentang Cara Skrinsut HP Samsung A12

1. Bagaimana cara menemukan folder “Screenshots”?

Untuk menemukan folder “Screenshots”, kamu bisa membuka aplikasi Galeri di ponselmu. Setelah itu, cari folder “Screenshots” di antara folder-folde lainnya.

2. Apakah Samsung A12 memiliki fitur gesture untuk skrinsut?

Ya, Samsung A12 memiliki fitur gesture untuk skrinsut. Namun, pastikan untuk mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di Pengaturan > Fitur canggih > Gerakan dan tindakan > Tangkapan layar.

3. Apakah saya harus membayar untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Tidak, sebagian besar aplikasi pihak ketiga untuk skrinsut HP Samsung A12 bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis di Google Play Store.

4. Apakah saya bisa mengambil skrinsut dengan tombol fisik dan gesture secara bersamaan?

Tidak, kamu hanya bisa menggunakan salah satu metode saja untuk mengambil skrinsut di Samsung A12. Namun, kamu bisa mencoba kedua metode tersebut dan memilih yang paling nyaman untukmu.

5. Apakah saya bisa mengambil skrinsut saat sedang bercakap-cakap di telepon?

Tidak, kamu tidak bisa mengambil skrinsut saat sedang bercakap-cakap di telepon. Kamu harus menyelesaikan panggilan terlebih dahulu sebelum dapat mengambil skrinsut di Samsung A12.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara skrinsut HP Samsung A12 yang mudah dan cepat. Dengan tiga metode yang telah kami bahas, kamu dapat mengambil tangkapan layar ponselmu dengan mudah dan nyaman. Jangan lupa untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, ya. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline!

Cara Skrinsut HP Samsung A12 – Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline