Contoh Hewan yang Berkembang Biak dengan Cara Ovipar

>Hello Sohib EditorOnline, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar. Ovipar adalah suatu jenis perkembangbiakan pada hewan yang melalui tahap penetasan telur di luar tubuh induknya. Jenis perkembangbiakan ini banyak ditemukan pada hewan-hewan tertentu, seperti yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu Ovipar?

Ovipar adalah suatu jenis perkembangbiakan pada hewan yang melibatkan tahap penetasan telur di luar tubuh induknya. Tahap ini umumnya melibatkan pematangan sel telur di dalam tubuh induknya, diikuti dengan melepaskan telur ke lingkungan eksternal. Setelah itu, telur tersebut akan mengalami proses pembuahan, kemudian menetas menjadi anak-anak hewan baru.

Bagaimana Cara Kerja Ovipar pada Hewan?

Proses ovipar berlangsung dalam beberapa tahap yang berbeda-beda tergantung pada spesies hewan yang mengalaminya. Namun, ada beberapa tahap umum yang terjadi pada hampir semua hewan ovipar, yaitu:

  1. Pematangan Sel Telur: Tahap ini melibatkan produksi sel telur yang sudah matang di dalam tubuh induknya. Sel telur ini akan dilepaskan dari ovarium dan kemudian berada di dalam saluran reproduksi.
  2. Pembuahan: Setelah sel telur dilepaskan dari tubuh induk, sperma jantan akan membuahi sel telur di lingkungan eksternal. Tahap ini bisa terjadi sebelum atau sesudah telur diletakkan di lingkungan eksternal.
  3. Penetasan Telur: Setelah pembuahan terjadi, sel telur akan berkembang menjadi embrio dan kemudian menetas menjadi anak-anak hewan baru. Tahap ini akan terjadi di lingkungan eksternal, karena telur sudah dilepaskan dari tubuh induk.

Kontoh Hewan yang Berkembang Biak dengan Cara Ovipar

Berikut adalah beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar:

1. Ayam

Ayam adalah hewan yang sangat umum ditemukan di seluruh dunia dan termasuk dalam kelompok unggas. Ayam betina akan menghasilkan telur yang akan menetas menjadi anak ayam baru. Proses penetasan telur ayam biasanya membutuhkan waktu sekitar 21 hari sejak telur diletakkan.

2. Kura-kura

Kura-kura adalah hewan reptil yang sangat populer sebagai hewan peliharaan. Kura-kura menghasilkan telur yang akan menetas menjadi anak kura-kura baru. Proses penetasan telur kura-kura bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan tergantung pada suhu lingkungan dan spesies kura-kura yang bersangkutan.

3. Ikan

Beberapa jenis ikan juga berkembang biak dengan cara ovipar. Ikan betina akan menghasilkan telur yang akan diletakkan di lingkungan eksternal, kemudian di buahi oleh sperma jantan. Telur tersebut kemudian menetas menjadi ikan muda yang baru. Proses penetasan telur ikan tergantung pada spesies ikan tersebut dan suhu lingkungan.

TRENDING 🔥  Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel Bulanan

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa itu ovipar? Ovipar adalah suatu jenis perkembangbiakan pada hewan yang melibatkan tahap penetasan telur di luar tubuh induknya.
Contoh hewan apa saja yang berkembang biak dengan cara ovipar? Beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar antara lain ayam, kura-kura, dan ikan.
Bagaimana proses ovipar berlangsung pada hewan? Proses ovipar pada hewan melibatkan beberapa tahap, yaitu pematangan sel telur, pembuahan, dan penetasan telur.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses penetasan telur pada ayam? Proses penetasan telur ayam biasanya membutuhkan waktu sekitar 21 hari sejak telur diletakkan.
Apakah suhu lingkungan memengaruhi proses penetasan telur pada kura-kura? Ya, suhu lingkungan bisa memengaruhi proses penetasan telur kura-kura dan bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan.

Contoh Hewan yang Berkembang Biak dengan Cara Ovipar