Tata Cara Sholat yang Benar Beserta Gambarnya untuk Wanita

>Hello Sohib EditorOnline, in this article I will discuss the correct way for women to perform sholat, also known as salah or prayer, accompanied by illustrations. As a Muslim woman, it is essential to know how to perform sholat correctly as it is an obligation that we must fulfill five times a day.

1. Mengetahui Waktu Sholat

Sebelum memulai sholat, tentu saja Anda harus mengetahui waktu sholat yang tepat. Waktu sholat dihitung berdasarkan posisi matahari, dan berbeda-beda di setiap daerah. Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui waktu sholat, di antaranya:

  1. Menggunakan aplikasi adzan di ponsel
  2. Melihat jadwal sholat yang terdapat di mesjid-mesjid terdekat
  3. Menggunakan alat bantu seperti jam atau kalender sholat

Setelah mengetahui waktu sholat, segeralah mempersiapkan diri sebelum sholat dimulai.

2. Membersihkan Diri

Sebelum sholat, Anda harus membersihkan diri dengan cara berwudhu atau mandi. Berwudhu dilakukan dengan cara:

  1. Membaca niat wudhu
  2. Membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali
  3. Membasuh muka sebanyak tiga kali
  4. Membasuh kedua lengan sampai siku sebanyak tiga kali
  5. Menyapu kepala sebanyak satu kali
  6. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki sebanyak tiga kali

Setelah berwudhu, pastikan badan dan pakaian yang digunakan bersih dan tidak ada najis yang menempel. Kemudian Anda siap untuk memulai sholat.

3. Menentukan Arah Kiblat

Sebelum sholat, wanita Muslim harus menentukan arah kiblat yang tepat. Arah kiblat merupakan arah ke arah Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Saudi Arabia. Saat ini, menentukan arah kiblat dapat dilakukan dengan mudah, berkat adanya aplikasi arah kiblat di ponsel yang dapat menunjukkan arah yang tepat.

4. Berdiri untuk Memulai Sholat

Setelah menentukan arah kiblat, berdirilah dengan tegap dan khusyuk untuk memulai sholat. Posisi tubuh harus lurus dan tegap, serta kedua kaki rapat. Posisi tangan dapat berada di atas perut atau di samping badan.

5. Niat dan Takbiratul Ihram

Sebelum memulai sholat, bacalah niat sholat yang sesuai dengan jenis sholat yang akan dilaksanakan. Kemudian, ucapkanlah takbiratul ihram, yaitu mengangkat kedua tangan sejajar telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Dalam sholat, takbiratul ihram menandakan dimulainya sholat dan menunjukkan bahwa Anda tunduk kepada Allah SWT.

6. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek

Setelah takbiratul ihram, bacalah Surat Al-Fatihah yang merupakan surat pembuka Al-Quran. Kemudian, bacalah surat pendek yang sesuai dengan jenis sholat yang akan dilaksanakan. Surat pendek yang biasa dibacakan pada sholat, antara lain:

  • Sholat Subuh: Surat Al-Ikhlas dan Al-Falaq
  • Sholat Dzuhur: Surat Ad-Dhuha dan Al-Asr
  • Sholat Ashar: Surat Al-Ashr dan An-Nasr
  • Sholat Maghrib: Surat Al-Falaq dan An-Nas
  • Sholat Isya: Surat Al-Ma’un dan Al-Kafirun
TRENDING 🔥  Cara Mengecilkan Perut untuk Ibu Rumah Tangga

7. Ruku dan I’tidal

Setelah membaca surat, lakukan gerakan ruku dengan menundukkan badan hingga tangan bisa menyentuh lutut. Kemudian, angkatlah kepala dan lakukan i’tidal dengan badan kembali tegak lurus.

8. Sujud pertama dan kedua

Setelah i’tidal, lakukan sujud pertama dengan menundukkan badan hingga dahi dan kedua tangan menyentuh lantai. Kemudian, angkatlah kepala dan lakukan i’tidal sebentar. Setelah itu, lakukan sujud kedua seperti sujud pertama.

9. Duduk di antara Dua Sujud

Setelah melakukan sujud kedua, duduklah di antara dua sujud dengan posisi kaki tertekuk dan tangan di atas paha sebelah kanan. Pada saat ini, bacalah doa yang sesuai atau bacaan tasbih, tahmid, dan takbir seperti “Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar”.

10. Tahiyat Awal

Setelah duduk di antara dua sujud, lakukan gerakan tahiyat awal dengan cara mengangkat tangan sejajar dengan bahu dan membaca doa “At-Tahiyyatu Lillahi Was Shalawatu Wattayyibatu”.

FAQ – Pertanyaan yang Sering Diajukan

Pertanyaan Jawaban
Apakah sholat wajib bagi Muslimah? Ya, sholat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslimah dan Muslim.
Berapa kali sholat wajib dilaksanakan dalam sehari? Sholat wajib dilaksanakan sebanyak lima kali sehari, yaitu sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.
Apakah wanita boleh melaksanakan sholat di tempat umum seperti di taman atau di kantor? Ya, wanita boleh melaksanakan sholat di tempat umum selama tempat tersebut bersih dan tenang. Namun demikian, sebaiknya pilihlah tempat yang lebih tenang untuk lebih khusyuk dalam melaksanakan sholat.

Itulah tata cara sholat yang benar beserta gambarnya untuk wanita. Dengan memahami tata cara sholat yang benar, kita dapat melaksanakan ibadah sholat dengan lebih khusyuk dan bermakna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih Sohib EditorOnline.

Tata Cara Sholat yang Benar Beserta Gambarnya untuk Wanita