Cara Bikin Surat Resign

>Selamat datang, Sohib EditorOnline! Bagi kamu yang ingin keluar dari pekerjaanmu saat ini, kamu perlu membuat surat resign yang baik dan benar. Surat resign adalah tanda terima kasihmu atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan, serta pemberitahuan resmi bahwa kamu akan keluar dari pekerjaanmu tersebut. Di artikel ini, kami akan membahas cara bikin surat resign yang baik dan benar.

Persiapan Sebelum Menulis Surat Resign

Sebelum memulai menulis surat resign, pastikan kamu menyusun rencana yang matang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menulis surat resign:

Mempersiapkan Alasan Keluar

Sebelum menulis surat resign, pertimbangkan alasanmu untuk keluar dari pekerjaan tersebut. Apakah kamu tidak nyaman dengan lingkungan kerja atau ingin mencari peluang karir yang lebih baik? Pastikan alasanmu jelas dan spesifik untuk membuat surat resign yang baik dan benar.

Menentukan Tanggal Keluar

Tentukan tanggal keluar yang sesuai. Berikan waktu yang cukup untuk perusahaanmu untuk mencari penggantimu dan untukmu untuk menyelesaikan tugas-tugasmu yang masih berjalan. Tanggal keluar yang baik adalah minimal dua minggu dari saat kamu menyerahkan surat resign.

Memperbarui Dokumen Pekerjaan

Jangan lupa memperbarui dokumen pekerjaanmu seperti CV, surat lamaran, dan profil LinkedIn. Hal ini membantumu untuk bersiap-siap memasuki pasar kerja kembali.

Melakukan Exit Interview

Banyak perusahaan akan meminta kamu untuk melakukan exit interview. Persiapkan dirimu dengan baik dan berikan umpan balik yang jujur tentang pengalamanmu selama bekerja di perusahaan tersebut. Exit interview dapat membantumu memperbaiki kelemahanmu di tempat kerja selanjutnya.

Mencari Pekerjaan Baru

Pastikan kamu sudah mencari pekerjaan baru sebelum menyerahkan surat resign. Hal ini dapat membantumu menghindari kekosongan pekerjaan dan memastikan bahwa kamu memiliki penghasilan yang stabil di masa depan.

Format Surat Resign

Setelah kamu mempersiapkan dirimu dengan baik, saatnya menulis surat resignmu. Berikut adalah format surat resign yang disarankan:

Penulisan Surat Resign

Awali surat resignmu dengan nama pimpinan perusahaan dan nama departemen tempat kamu bekerja. Kemudian cantumkan tanggal dan alamatmu. Pada baris selanjutnya, tulis surat resign dalam bahasa Indonesia yang jelas dan ringkas.

Isi Surat Resign

Isi surat resign harus jelas dan singkat. Di bagian awal, sampaikan ucapan terima kasihmu atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan selama kamu bekerja di sana. Jangan lupa menceritakan beberapa pengalaman baik yang pernah kamu alami selama bekerja di perusahaan tersebut.

Di bagian selanjutnya, sampaikan keputusanmu untuk keluar dari perusahaan tersebut. Jelaskan alasanmu secara jujur dan sopan. Kamu juga dapat memberikan umpan balik positif tentang perusahaan, serta saran yang dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Sempol Ayam

Akhir surat resignmu harus berisi ucapan terima kasih dan harapanmu untuk perusahaan dan rekan kerjamu di masa yang akan datang.

Contoh Surat Resign

Berikut adalah contoh surat resign:

Kepada Yth,
Pimpinan PT ABC
Jl. Sudirman No. 1
Jakarta Selatan
Dengan hormat,
Saya, Sohib EditorOnline, dengan ini mengajukan permohonan resign dari jabatan saya sebagai editor setelah hampir 3 tahun bekerja di PT ABC. Saya ingin mengeksplore peluang karir yang lebih baik.
Periode pemberitahuan yang saya berikan adalah dua minggu sejak tanggal surat ini di terima. Selama masa ini, saya berkomitmen untuk membantu dan mempersiapkan tugas-tugas terakhir saya di perusahaan ini
Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sangat besar atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT ABC selama saya bekerja di sini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan kerja saya di departemen saya yang telah memberikan dukungan dan bimbingan selama saya bekerja di sini.
Saya berharap bahwa PT ABC akan terus berkembang di masa depan dan menambahkan banyak pencapaian baru. Saya berharap kita akan tetap menjalin hubungan yang baik meskipun saya tidak lagi bekerja di perusahaan ini.
Sekali lagi, terima kasih untuk semua pengalaman dan kesempatan yang telah saya dapatkan selama bekerja di PT ABC.
Hormat saya,
Sohib EditorOnline

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang surat resign:

Bagaimana cara saya menyerahkan surat resign?

Serahkan surat resignmu secara langsung ke pimpinan perusahaan atau departemen sumber daya manusia (SDM). Pastikan kamu memberikan salinan surat resignmu ke departemen SDM.

Apakah saya perlu memberikan alasan keluar yang detil dalam surat resign?

Tidak perlu memberikan alasan yang terlalu detil. Cukup berikan alasan yang jelas dan sopan. Jangan lupa memberikan feedback positif tentang perusahaan dan saran yang dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik.

Apakah saya perlu memberikan jangka waktu penyelesaian tugas di surat resign?

Ya, berikan jangka waktu minimal dua minggu setelah kamu menyerahkan surat resignmu. Hal ini memberikan waktu yang cukup bagi perusahaanmu untuk menemukan penggantimu dan untukmu untuk menyelesaikan tugas-tugasmu yang masih berjalan.

Apakah saya perlu mengikuti exit interview?

Iya, banyak perusahaan akan meminta kamu untuk melakukan exit interview. Persiapkan dirimu dengan baik dan berikan umpan balik yang jujur tentang pengalamanmu selama bekerja di perusahaan tersebut.

Apakah saya boleh menulis surat resign dalam bahasa Inggris?

Surat resign dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tergantung pada kebijakan perusahaanmu. Pastikan kamu mengetahui kebijakan perusahaanmu sebelum menulis surat resign.

Cara Bikin Surat Resign