Cara Blokir Nomor WA Tanpa Ada di Daftar Blokir

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda sering mendapat spam atau telepon dari nomor yang tidak dikenal melalui WhatsApp? Jangan khawatir, ada solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan cara blokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir.

Apa Itu Nomor WA Tanpa Ada di Daftar Blokir?

Sebelum membahas tentang cara blokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu nomor WA tanpa ada di daftar blokir. Nomor WA tersebut adalah nomor yang belum pernah Anda simpan di kontak dan tidak masuk daftar blokir Anda.

Nomor tersebut bisa saja diambil dari pemberitahuan grup, iklan, atau dari orang yang tidak Anda kenal. Hal tersebut seringkali membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktifitas WhatsApp Anda.

Berikut ini adalah cara blokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir agar Anda dapat merasa lebih tenang dan nyaman saat menggunakan WhatsApp:

1. Blokir Nomor melalui Pesan WhatsApp

Cara blokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir yang pertama adalah melalui pesan WhatsApp. Anda hanya perlu membuka pesan dari nomor tersebut dan melakukan blokir dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka pesan dari nomor yang ingin diblokir.
  3. Tap nama atau nomor telepon yang ditampilkan di bagian atas.
  4. Tap opsi ‘Blokir’.
  5. Tap ‘OK’ untuk konfirmasi.

Setelah itu, nomor tersebut akan terblokir dan tidak akan bisa menghubungi Anda melalui WhatsApp.

FAQ 1: Apakah Nomor yang Diblokir Masih Bisa Melihat Profil Saya?

Tidak, nomor yang telah Anda blokir tidak dapat melihat profil atau informasi pribadi Anda.

2. Blokir Nomor melalui Pengaturan Akun

Anda juga dapat melakukan blokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir melalui pengaturan akun WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka pengaturan akun dengan cara mengetuk ikon ‘titik tiga’ di pojok kanan atas, lalu pilih ‘Pengaturan’.
  3. Pilih opsi ‘Akun’.
  4. Pilih opsi ‘Privasi’.
  5. Tap menu ‘Blokir Kontak’.
  6. Ketik nomor telepon yang ingin Anda blokir.
  7. Tap tombol ‘Blokir’.

Jika Anda ingin menghapus nomor tersebut dari daftar blokir, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sama dan memilih opsi ‘Hapus dari Daftar Blokir’.

FAQ 2: Apakah Saya Masih Bisa Menerima Pesan dari Nomor yang Telah Saya Blokir?

Tidak, nomor yang telah Anda blokir tidak dapat mengirimkan pesan kepada Anda dan Anda tidak akan menerima pesan dari nomor tersebut.

3. Mengaktifkan Verifikasi Dua Faktor

Cara blokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir yang ketiga adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor. Verifikasi dua faktor adalah fitur keamanan yang dapat memperkuat proteksi akun WhatsApp Anda dengan meminta kode PIN pada saat login.

TRENDING 🔥  Cara Mengeblurkan Foto Wajah di PicsArt

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka nomor yang tidak dikenal tidak akan bisa masuk ke dalam akun WhatsApp Anda tanpa mengetahui kode PIN tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan verifikasi dua faktor:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka pengaturan akun dengan cara mengetuk ikon ‘titik tiga’ di pojok kanan atas, lalu pilih ‘Pengaturan’.
  3. Pilih opsi ‘Akun’.
  4. Pilih opsi ‘Verifikasi Dua Faktor’.
  5. Ketik kode PIN enam digit yang ingin Anda gunakan.
  6. Verifikasi kembali kode PIN tersebut.

Setelah itu, akun WhatsApp Anda sudah diaktivasi dengan fitur verifikasi dua faktor.

FAQ 3: Apa yang Terjadi Jika Saya Lupa Kode PIN Verifikasi Dua Faktor?

Jika Anda lupa kode PIN verifikasi dua faktor, Anda masih dapat mengakses akun Anda dengan cara memasukkan nomor telepon dan menunggu selama 7 hari.

4. Mengubah Pengaturan Privasi

Anda juga dapat memblokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir dengan mengubah pengaturan privasi pada akun WhatsApp Anda. Berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka pengaturan akun dengan cara mengetuk ikon ‘titik tiga’ di pojok kanan atas, lalu pilih ‘Pengaturan’.
  3. Pilih opsi ‘Privasi’.
  4. Pilih opsi ‘Terakhir Dilihat’.
  5. Pilih opsi ‘Tidak Ada’.

Dengan mengubah pengaturan privasi seperti itu, nomor yang tidak dikenal tidak akan bisa melihat waktu terakhir Anda menggunakan WhatsApp, sehingga dapat memberikan perlindungan lebih bagi privasi Anda.

5. Memasang Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, Anda dapat memasang aplikasi pihak ketiga untuk memblokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan seperti Truecaller, Google Phone, atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan identifikasi nomor telepon dari luar daftar kontak dan melakukan blokir pada nomor tersebut.

FAQ 4: Apakah Aplikasi Pihak Ketiga Aman Digunakan?

Sebaiknya Anda memilih aplikasi terpercaya dan memiliki rating yang baik dalam penggunaannya di toko aplikasi, sehingga dapat meminimalisir risiko adanya malware atau gangguan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara blokir nomor WA tanpa ada di daftar blokir yang dapat Anda coba. Sebaiknya Anda menggunakan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keamanan akun WhatsApp Anda. Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda tidak perlu khawatir dengan nomor yang tidak dikenal dan spam yang masuk ke dalam WhatsApp Anda.

Sumber Referensi

Nama Sumber Tautan
Tech Times https://www.techtimes.com/articles/266075/20210730/5-ways-to-block-whatsapp-numbers-not-in-your-contact-list.htm
WhistleOut https://www.whistleout.com/CellPhones/Guides/how-to-block-a-number-on-whatsapp
The Indian Express https://indianexpress.com/article/technology/social/how-to-block-a-number-on-whatsapp-without-saving-it-7306918/

Cara Blokir Nomor WA Tanpa Ada di Daftar Blokir