Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

>Salam kenal Sohib EditorOnline. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara cetak sertifikat vaksin Covid-19. Seperti yang kita ketahui, sertifikat vaksin Covid-19 sangat penting untuk menunjukkan bahwa kita sudah divaksinasi Covid-19. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap cara cetak sertifikat vaksin Covid-19. Simak baik-baik ya, Sohib EditorOnline!

1. Apa itu Sertifikat Vaksin Covid-19?

Sertifikat vaksin Covid-19 adalah sebuah surat atau dokumen yang menunjukkan bahwa seseorang telah menerima vaksin Covid-19. Sertifikat ini berisi informasi tentang jenis vaksin yang diterima, tanggal dan tempat pemberian vaksin, serta data pribadi pemilik sertifikat. Sertifikat vaksin Covid-19 ini sangat penting karena dapat menjadi bukti bagi seseorang bahwa ia sudah divaksinasi Covid-19.

1.1 Apa Fungsi Sertifikat Vaksin Covid-19?

Sertifikat vaksin Covid-19 memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Fungsi Sertifikat Vaksin Covid-19 Keterangan
Sebagai Bukti Vaksinasi Sertifikat vaksin Covid-19 dapat digunakan sebagai bukti bahwa seseorang sudah divaksinasi Covid-19.
Sebagai Syarat Bepergian Beberapa negara atau maskapai penerbangan mensyaratkan pemegang sertifikat vaksin Covid-19 untuk bisa melakukan perjalanan.
Sebagai Syarat Masuk ke Suatu Tempat atau Acara Beberapa tempat atau acara juga mensyaratkan pemegang sertifikat vaksin Covid-19 untuk bisa masuk.

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi sertifikat vaksin Covid-19 sangatlah penting bagi seseorang. Oleh karena itu, setiap orang yang sudah divaksinasi Covid-19 sebaiknya segera mencetak sertifikat vaksin Covid-19.

2. Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi

Untuk mencetak sertifikat vaksin Covid-19, kita dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Berikut adalah cara cetak sertifikat vaksin Covid-19 di PeduliLindungi:

2.1 Download Aplikasi PeduliLindungi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi PeduliLindungi melalui Google Play Store atau App Store. Setelah itu, buka aplikasi PeduliLindungi dan login menggunakan nomor telepon dan kode OTP.

2.2 Verifikasi Data Diri dan Cek Status Vaksinasi

Setelah berhasil login, verifikasi data diri seperti NIK dan tanggal lahir. Selanjutnya, cek status vaksinasi dengan menekan tombol “Lihat Status Vaksinasi”.

2.3 Mencetak Sertifikat Vaksinasi

Jika kita sudah divaksinasi Covid-19, maka akan muncul opsi “Cetak Sertifikat”. Tekan opsi tersebut untuk mencetak sertifikat vaksin Covid-19.

2.4 Selesai

Setelah cetak sertifikat vaksin Covid-19, kita sudah memiliki bukti bahwa kita sudah divaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksin Covid-19 tersebut juga dapat digunakan untuk syarat bepergian atau masuk ke suatu tempat atau acara yang mensyaratkan sertifikat vaksinasi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Huruf Besar di Excel

3. Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 di Faskes

Selain melalui aplikasi PeduliLindungi, kita juga dapat mencetak sertifikat vaksin Covid-19 melalui Faskes atau fasilitas kesehatan. Berikut adalah cara cetak sertifikat vaksin Covid-19 di Faskes:

3.1 Datang ke Faskes

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah datang ke Faskes terdekat. Pastikan membawa KTP atau identitas lainnya sebagai persyaratan untuk mencetak sertifikat.

3.2 Verifikasi Data Diri dan Cek Status Vaksinasi

Setelah sampai di Faskes, verifikasi data diri seperti NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir. Selanjutnya, cek status vaksinasi dengan memberikan informasi tentang jenis vaksin yang diterima, tanggal dan tempat pemberian vaksin.

3.3 Mencetak Sertifikat Vaksinasi

Jika kita sudah divaksinasi Covid-19 dan data diri serta data vaksinasi sudah terverifikasi, maka petugas Faskes akan mencetak sertifikat vaksin Covid-19.

3.4 Selesai

Setelah cetak sertifikat vaksin Covid-19, kita sudah memiliki bukti bahwa kita sudah divaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksin Covid-19 tersebut juga dapat digunakan untuk syarat bepergian atau masuk ke suatu tempat atau acara yang mensyaratkan sertifikat vaksinasi.

4. FAQ tentang Sertifikat Vaksin Covid-19

4.1 Apakah Sertifikat Vaksin Covid-19 Dapat Digunakan Untuk Syarat Bepergian?

Ya, sertifikat vaksin Covid-19 dapat digunakan sebagai syarat bepergian ke beberapa negara atau maskapai penerbangan.

4.2 Apakah Sertifikat Vaksin Covid-19 Dapat Digunakan Untuk Syarat Masuk Ke Suatu Tempat atau Acara?

Ya, beberapa tempat atau acara mensyaratkan pemegang sertifikat vaksin Covid-19 untuk bisa masuk.

4.3 Apakah Semua Faskes Membuat Sertifikat Vaksin Covid-19?

Tidak semua faskes membuat sertifikat vaksin Covid-19. Sebaiknya cek terlebih dahulu apakah faskes yang akan kita kunjungi dapat membuat sertifikat vaksin Covid-19.

4.4 Apakah Sertifikat Vaksin Covid-19 Dapat Dicetak Ulang Jika Hilang?

Ya, sertifikat vaksin Covid-19 dapat dicetak ulang jika hilang atau rusak.

4.5 Apakah Ada Biaya untuk Mencetak Sertifikat Vaksin Covid-19?

Tidak ada biaya untuk mencetak sertifikat vaksin Covid-19 baik melalui aplikasi PeduliLindungi maupun Faskes.

Demikianlah artikel tentang cara cetak sertifikat vaksin Covid-19. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sohib EditorOnline dan pembaca lainnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Terima kasih!

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19