Cara Membaca Neraca Ohauss

>Hello Sohib EditorOnline! Selamat datang di artikel kami yang akan membahas cara membaca neraca Ohauss. Anda pasti sudah familiar dengan istilah neraca, bukan? Neraca atau balance adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Nah, Ohauss merupakan salah satu merek neraca yang cukup populer dan banyak digunakan di berbagai industri. Pada artikel ini, kami akan membahas cara membaca neraca Ohauss secara lengkap dan mudah dipahami. Yuk, kita mulai!

Apa Itu Neraca Ohauss?

Sebelum membahas cara membaca neraca Ohauss, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu neraca Ohauss. Ohauss merupakan merek dagang dari produsen neraca yang berasal dari Amerika Serikat. Neraca Ohauss sangat populer di berbagai industri karena memiliki kualitas yang baik dan akurasi yang tinggi. Selain itu, neraca Ohauss juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunaannya.

Ada beberapa jenis neraca Ohauss yang biasa digunakan, di antaranya adalah:

Jenis Neraca Ohauss Kapasitas Akurasi
Neraca Analitik Ohauss 220 g – 520 g 0,1 mg – 0,01 mg
Neraca Semi Mikro Ohauss 60 g – 220 g 0,01 mg – 0,001 mg
Neraca Mikro Ohauss 1 g – 120 g 0,1 mg – 0,01 mg

Cara Membaca Neraca Ohauss

Setelah mengenal jenis-jenis neraca Ohauss, kini saatnya kita membahas cara membaca neraca Ohauss. Cara membaca neraca Ohauss sebenarnya tidak terlalu sulit, namun membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi. Berikut adalah langkah-langkah cara membaca neraca Ohauss:

1. Pastikan Neraca Dalam Keadaan Stabil

Sebelum menggunakan neraca Ohauss, pastikan dulu neraca dalam keadaan stabil. Anda bisa mengeceknya dengan memutar tombol ‘zero’ atau ‘tare’. Tombol ini berfungsi untuk mengkalibrasi atau menyetel neraca agar berada pada posisi ‘nol’ atau ‘nol taran’. Setelah itu, pastikan bahwa neraca dalam keadaan stabil dan tidak bergerak. Jika neraca tidak stabil, maka hasil pengukuran akan tidak akurat.

2. Taruh Benda di Atas Platform Neraca

Langkah selanjutnya adalah menaruh benda yang akan diukur di atas platform neraca. Pastikan benda berada di tengah-tengah platform dan tidak ada bagian yang menonjol atau tergantung di luar platform.

3. Tunggu Sampai Neraca Stabil

Setelah menaruh benda di atas platform, tunggu beberapa saat sampai neraca stabil. Hal ini ditandai dengan angka pada layar neraca yang tidak berubah. Jika angka berubah-ubah terus, maka neraca masih dalam keadaan tidak stabil dan perlu ditunggu beberapa saat lagi.

4. Baca Nilai yang Tertampil pada Layar Neraca

Setelah neraca stabil, baca nilai yang tertampil pada layar neraca. Nilai tersebut merupakan massa benda yang diukur dalam satuan gram atau miligram. Pastikan Anda membaca nilai dengan teliti dan tidak terjadi kesalahan saat membaca angka.

TRENDING 🔥  Cara Menyambungkan HP ke TV Polytron

5. Catat Nilai yang Telah Didapat

Langkah terakhir adalah mencatat nilai yang telah didapat. Catat nilai tersebut pada kertas atau buku catatan sebagai referensi untuk keperluan selanjutnya. Pastikan catatan yang Anda buat jelas dan mudah dipahami.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang Dimaksud dengan Derau pada Neraca?

Derau merupakan perubahan angka pada layar neraca yang terjadi secara tidak stabil. Derau ini biasanya disebabkan oleh getaran atau guncangan pada neraca, udara yang bergerak, atau suhu ruangan yang tidak stabil. Untuk mengatasi derau, pastikan neraca dalam keadaan stabil dan bebas dari gangguan yang dapat memengaruhi pengukuran.

2. Apakah Neraca Ohauss Cocok untuk Pengukuran Skala Besar?

Untuk pengukuran skala besar, umumnya digunakan neraca yang memiliki kapasitas yang lebih besar dan akurasi yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, untuk pengukuran skala kecil hingga menengah, neraca Ohauss sudah cukup akurat dan dapat digunakan.

3. Apakah Neraca Ohauss Memerlukan Kalibrasi Rutin?

Ya, neraca Ohauss perlu dikalibrasi secara rutin agar hasil pengukuran tetap akurat. Kalibrasi dilakukan dengan membandingkan hasil pengukuran neraca dengan standar yang sudah ditetapkan. Jika terdapat perbedaan, maka neraca perlu ditinjau dan disetel kembali.

4. Apakah Neraca Ohauss Mudah Rusak?

Neraca Ohauss cukup tahan lama dan tidak mudah rusak jika dirawat dengan baik. Pastikan neraca disimpan di tempat yang kering dan terhindar dari debu atau barang-barang yang dapat merusaknya. Selain itu, pastikan juga neraca dirawat dan dibersihkan secara rutin agar tetap dalam kondisi baik.

5. Apakah Neraca Ohauss Bisa Digunakan untuk Membaca Berat Cairan?

Neraca Ohauss umumnya digunakan untuk mengukur massa benda padat. Untuk mengukur berat cairan umumnya digunakan neraca khusus yang dilengkapi dengan tabung pengukur seperti neraca pipet atau buret.

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami mengenai cara membaca neraca Ohauss. Penggunaan neraca Ohauss memerlukan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi, namun hasil pengukuran yang diperoleh sangat akurat dan dapat diandalkan. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi neraca dan melakukan kalibrasi secara rutin agar hasil pengukuran tetap akurat. Terima kasih telah membaca!

Cara Membaca Neraca Ohauss