Cara Membuat Centang di Word

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering kesulitan membuat centang di Word? Nah, dalam artikel ini, saya akan membahas cara membuat centang di Word dengan mudah dan cepat. Mari kita mulai!

Apa itu Centang di Word?

Sebelum kita mulai, mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu centang di Word. Centang adalah tanda checkmark atau tanda ceklis yang biasanya digunakan untuk menandai bahwa suatu hal sudah selesai atau benar. Centang ini sangat berguna untuk membuat daftar tugas atau ceklis dalam dokumen Word.

Bagaimana Cara Membuat Centang di Word?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat centang di Word:

No. Langkah-langkah
1 Buka dokumen Word yang ingin kamu tambahkan centangnya
2 Pilih tab “Insert” di menu bar atas
3 Pilih “Simbol” di bagian kanan tab “Insert”
4 Pilih “More Symbols” di bagian bawah jendela “Simbol”
5 Pilih font “Wingdings” atau “Webdings”
6 Cari dan pilih karakter centang
7 Klik tombol “Insert”

Dengan cara di atas, kamu sudah berhasil membuat centang di Word! Tapi tunggu dulu, masih ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

FAQ

1. Apakah hanya font “Wingdings” dan “Webdings” yang memiliki karakter centang?

Tidak. Ada beberapa font lain yang juga memiliki karakter centang, seperti font “Segoe UI Symbol”, “Segoe MDL2 Assets”, dan lain-lain. Namun, karakter centang pada font ini lebih sulit untuk ditemukan.

2. Bagaimana jika saya ingin membuat centang yang berwarna?

Sayangnya, karakter centang di Word hanya tersedia dalam warna hitam. Namun, kamu masih bisa mengubah warna centang dengan cara memformatnya menggunakan opsi “Font Color” di menu “Home”.

3. Bagaimana jika saya ingin membuat daftar tugas dengan centang di Word?

Kamu bisa membuat daftar tugas dengan mengetikkan teks, lalu menambahkan centang di depannya. Setelah itu, kamu bisa mengatur tampilan teks dan centang dengan memformatnya menggunakan opsi “Bullets” dan “Numbering” di menu “Home”.

Tips dan Trik

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk membuat centang di Word yang lebih efisien:

1. Gunakan Shortcut Keyboard

Untuk lebih cepat dan efisien, kamu bisa menggunakan shortcut keyboard untuk membuat centang di Word. Caranya adalah dengan menekan tombol “Alt” dan mengetik kode karakter centang dalam format “Alt + __”. Misalnya, untuk karakter centang pada font “Wingdings”, kamu bisa mengetik kode “Alt + 0252”.

TRENDING 🔥  Berikut Ini Adalah Cara Mengimani Adanya Nabi dan Rasul Kecuali

2. Buat Daftar Tugas dengan Style

Jika kamu sering membuat daftar tugas dengan centang di Word, kamu bisa membuatnya lebih mudah dan efisien dengan mengatur style khusus untuk daftar tugas. Caranya adalah dengan mengklik opsi “Multilevel List” di menu “Home” dan membuat style baru dengan centang di depannya. Setelah itu, kamu bisa menggunakan style ini setiap kali membuat daftar tugas.

3. Buat Shortcut Keyboard Sendiri

Jika kamu sering menggunakan karakter centang yang sama dalam dokumen Word, kamu bisa membuat shortcut keyboard sendiri untuk karakter tersebut. Caranya adalah dengan klik “File” di menu bar atas, pilih “Options”, lalu pilih “Customize Ribbon”. Setelah itu, klik “Customize…” di bagian bawah jendela dan pilih “Keyboard Shortcuts”. Cari karakter centang yang ingin kamu tambahkan shortcutnya, lalu tambahkan shortcut keyboard yang diinginkan.

Itulah beberapa tips dan trik untuk membuat centang di Word. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sering menggunakan Microsoft Word dalam pekerjaan atau studi. Terima kasih telah membaca!

Cara Membuat Centang di Word