Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

>Halo Sohib EditorOnline! Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai cara membuat surat keterangan kerja? Bagi yang belum mengetahui, surat keterangan kerja adalah dokumen resmi yang membuktikan seseorang bekerja di sebuah perusahaan atau institusi tertentu.

Persyaratan Pembuatan Surat Keterangan Kerja

Untuk membuat surat keterangan kerja, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan:

Persyaratan Keterangan
Fotokopi KTP Menggunakan KTP asli yang masih berlaku
Surat Permohonan Meminta surat keterangan kerja kepada atasan atau HRD perusahaan
Daftar Riwayat Hidup Melampirkan CV yang sudah disusun dengan rapi
Fotokopi Ijazah Terakhir Fotokopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisir

Fotokopi KTP

Untuk membuat surat keterangan kerja, kamu harus menyiapkan fotokopi KTP. Pastikan KTP yang kamu gunakan masih berlaku dan tidak dalam keadaan rusak atau hilang.

Apabila terdapat perubahan alamat atau informasi pada KTP, segera lakukan pengurusan perubahan data pada Kantor Kelurahan atau Kecamatan yang terdekat.

Surat Permohonan

Untuk meminta surat keterangan kerja, kamu harus membuat surat permohonan kepada atasan atau HRD perusahaan. Isi surat permohonan ini berisi permintaan untuk dikeluarkan surat keterangan kerja.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat permohonan ini, yaitu :

  • Surat permohonan harus ditulis dengan rapi dan jelas
  • Mohon dengan sopan dan tegas agar permohonan dapat dipenuhi
  • Lampirkan daftar riwayat hidup dan fotokopi ijazah terakhir

Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang berisi tentang informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan lain-lain. CV ini nantinya akan dilampirkan pada surat keterangan kerja.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun CV:

  • Susun CV dengan rapi dan mudah dipahami
  • Jangan melebih-lebihkan pengalaman kerja atau keahlian yang dimiliki
  • Cantumkan informasi kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dan email

Fotokopi Ijazah Terakhir

Fotokopi ijazah terakhir juga termasuk dalam persyaratan pembuatan surat keterangan kerja. Pastikan fotokopi ijazah yang disiapkan sudah dilegalisir agar dianggap sah.

Apabila ijazah belum diterbitkan atau sementara proses pengurusannya, kamu dapat mengganti dengan fotokopi rapor atau transkrip nilai terakhir yang dilegalisir.

Langkah-Langkah Membuat Surat Keterangan Kerja

Setelah persyaratan terpenuhi, langkah selanjutnya adalah membuat surat keterangan kerja. Berikut adalah tahapan-tahapan dalam pembuatan surat keterangan kerja:

1. Format Surat

Sebelum membuat surat keterangan kerja, pastikan kamu sudah mengetahui format surat yang ingin dibuat. Ada beberapa format surat keterangan kerja yang dapat dipilih, seperti format surat keterangan kerja untuk keperluan perbankan, format surat keterangan kerja untuk keperluan visa, dan lain-lain.

TRENDING 🔥  Cara Bermain Lompat Tali

Pilihlah format surat yang sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku. Format surat ini nantinya akan digunakan untuk membantu proses pengiriman dokumen secara resmi.

2. Pengisian Data Pribadi

Pada bagian ini, kamu harus mengisi data pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, agama, status perkawinan, dan alamat lengkap.

Pastikan data yang diisi sudah benar dan sesuai dengan data diri yang tertera pada KTP. Hal ini akan memudahkan proses verifikasi data oleh pihak yang memerlukan surat keterangan kerja.

3. Pengisian Data Perusahaan

Setelah mengisi data diri, langkah selanjutnya adalah mengisi data perusahaan. Data yang perlu diisi meliputi nama perusahaan, alamat perusahaan, dan jabatan yang diemban.

Pastikan data yang diisi sudah benar dan sesuai dengan data perusahaan yang sebenarnya. Hal ini akan memudahkan pihak yang memerlukan surat keterangan kerja dalam melakukan verifikasi data.

4. Pengisian Data Gaji dan Lama Bekerja

Bagian ini berisi tentang pengisian data gaji dan lama bekerja. Sertakan data gaji yang diterima saat ini dan lama bekerja di perusahaan tersebut.

Data gaji yang diisi harus sesuai dengan data yang tertera pada slip gaji atau kontrak kerja. Pastikan data yang diisi sudah benar dan sesuai dengan kenyataan.

5. Tanda Tangan dan Stempel

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, langkah terakhir adalah menandatangani surat keterangan kerja. Surat keterangan kerja ini harus ditandatangani oleh atasan atau HRD perusahaan.

Sertakan juga stempel atau cap perusahaan untuk menunjukkan keabsahan dokumen tersebut.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu surat keterangan kerja?

Surat keterangan kerja adalah dokumen resmi yang membuktikan seseorang bekerja di sebuah perusahaan atau institusi tertentu.

2. Apa saja persyaratan untuk membuat surat keterangan kerja?

Persyaratan untuk membuat surat keterangan kerja antara lain adalah fotokopi KTP, surat permohonan kepada atasan atau HRD perusahaan, daftar riwayat hidup, dan fotokopi ijazah terakhir.

3. Apa saja tahapan dalam pembuatan surat keterangan kerja?

Tahapan dalam pembuatan surat keterangan kerja antara lain adalah menentukan format surat, pengisian data pribadi, pengisian data perusahaan, pengisian data gaji dan lama bekerja, serta menandatangani surat keterangan kerja.

4. Apa yang harus diperhatikan dalam membuat daftar riwayat hidup?

Dalam membuat daftar riwayat hidup, perlu diperhatikan untuk menyusun CV dengan rapi dan mudah dipahami, tidak melebih-lebihkan pengalaman kerja atau keahlian yang dimiliki, dan mencantumkan informasi kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dan email.

5. Apakah surat keterangan kerja harus dilegalisir?

Surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan biasanya sudah memiliki legalitas yang cukup. Namun, apabila surat keterangan kerja tersebut akan digunakan untuk keperluan resmi lainnya, seperti pengajuan visa atau pembukaan rekening bank, maka biasanya dokumen tersebut harus dilegalisir terlebih dahulu.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja