Cara Menanam Mangga dari Biji

>Hello Sohib EditorOnline! In this article, we will discuss the step-by-step process of planting mangoes from seeds. Mangoes are not only delicious, but they also have many health benefits. Mango is a good source of vitamins, minerals, and antioxidants that are essential for a healthy diet. So, let’s get started with how to plant mangoes from seeds!

1. Persiapan Awal

Pertama-tama, sebelum menanam benih mangga, kita harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Pastikan kita memiliki:

Barang yang harus dipersiapkan Kegunaannya
Pot bunga Tempat untuk menanam biji mangga
Tanah atau media tanam Tempat untuk menumbuhkan akar dan batang mangga
Air Untuk menyirami benih dan tanaman yang sudah tumbuh
Biji mangga Untuk ditanam menjadi pohon mangga

Setelah semua barang sudah dipersiapkan, kita bisa mulai menanam biji mangga.

2. Pengambilan Biji Mangga

Sebelum menanam biji mangga, kita perlu mengambil biji mangga yang baik dan sehat. Caranya adalah sebagai berikut:

2.1 Pilih Mangga yang Akan Diambil Benihnya

Pilihlah mangga yang rasanya enak dan matang. Pastikan tidak ada kerusakan pada kulit buah, dan buahnya memiliki warna yang merata.

2.2 Pisahkan Biji Mangga dari Daging Buah

Setelah memilih mangga yang akan diambil bijinya, pisahkan biji mangga dari daging buahnya. Caranya adalah dengan mengambil biji dari daging buah menggunakan sendok atau pisau.

2.3 Bersihkan Biji Mangga

Setelah berhasil memisahkan biji mangga dari daging buahnya, bersihkan biji mangga dari sisa-sisa daging buahnya. Caranya adalah dengan membasuh biji mangga menggunakan air bersih sampai bersih.

3. Cara Menanam Benih Mangga

Setelah persiapan awal telah selesai dan biji mangga telah dipersiapkan, kita bisa mulai menanamnya dengan cara berikut:

3.1 Siapkan Pot Bunga

Siapkan pot bunga yang cukup besar untuk menanam biji mangga. Pot bunga harus memiliki lubang di bawahnya agar air dapat mengalir keluar.

3.2 Isi Pot Bunga dengan Media Tanam

Isi pot bunga dengan media tanam yang baik dan subur. Pastikan media tanam sudah dicampur dengan pupuk organik agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

3.3 Tanam Biji Mangga ke dalam Pot Bunga

Selanjutnya, tanam biji mangga ke dalam pot bunga yang telah diisi dengan media tanam. Letakkan biji mangga sekitar 2-3 cm di dalam tanah. Tutup dengan tanah dan padatkan sedikit.

TRENDING 🔥  Cara Mengukur Baju Wanita

3.4 Siram Tanah dengan Air

Setelah menanam biji mangga, siram tanah dengan air secukupnya. Pastikan tanah cukup lembab, namun jangan terlalu basah

3.5 Letakkan Pot Bunga di Tempat yang Sesuai

Letakkan pot bunga di tempat yang sesuai dengan kebutuhan tanaman mangga. Mangga membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi juga perlu dilindungi dari angin kencang atau hujan deras. Tempatkan pot bunga di daerah yang terkena sinar matahari langsung setidaknya 6 jam dalam sehari.

4. Perawatan Tanaman Mangga

Setelah menanam benih mangga, kita perlu merawatnya agar dapat tumbuh dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman mangga:

4.1 Penyiraman

Siram tanaman mangga secara teratur dengan air bersih. Pastikan tanah tidak terlalu basah atau kering. Kelembapan yang sesuai sangat penting untuk pertumbuhan tanaman mangga.

4.2 Pemupukan

Beri pupuk organik pada tanaman mangga setiap 2-3 bulan sekali. Pupuk organik membantu tanaman mangga mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh.

4.3 Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada tanaman mangga setiap beberapa bulan sekali. Pemangkasan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan daun dan buah yang lebih banyak.

4.4 Pengendalian Hama dan Penyakit

Jaga kebersihan dan kontrol hama dan penyakit pada tanaman mangga. Pastikan tanaman tidak terkena serangan hama atau penyakit yang dapat menghambat pertumbuhannya.

4.5 Panen

Panen buah mangga saat buah telah matang dengan sempurna. Buah mangga yang matang memiliki warna kulit yang merata dan lembut saat disentuh.

FAQ

1. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menanam Mangga dari Biji?

Waktu yang dibutuhkan untuk menanam mangga dari biji adalah sekitar 3-5 tahun. Selama itu, Anda perlu merawat dan memperhatikan pertumbuhan tanaman mangga agar dapat tumbuh dengan baik.

2. Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Menanam Mangga dari Biji?

Anda membutuhkan biji mangga, pot bunga, media tanam, air, dan berbagai peralatan untuk merawat tanaman mangga seperti pupuk organik dan alat pemangkas.

3. Apakah Wajib Membeli Bibit Mangga yang Sudah Jadi?

Tidak wajib. Anda juga bisa menanam mangga dari biji. Namun, proses menanam dari biji membutuhkan waktu dan perawatan yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan bibit mangga yang sudah jadi.

4. Kapan Waktu yang Tepat untuk Menanam Mangga dari Biji?

Waktu yang tepat untuk menanam mangga dari biji adalah pada awal musim hujan, saat tanah masih lembab. Anda juga bisa menanam mangga dari biji kapan saja selama air tersedia dan suhu cukup hangat.

5. Apakah Semua Biji Mangga Bisa Ditanam?

Tidak semua biji mangga bisa ditanam. Pilihlah biji mangga yang masih segar dan sehat. Hindari biji mangga yang hancur atau sudah mulai membusuk.

Cara Menanam Mangga dari Biji