Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor

>Hello Sohib EditorOnline, jika Anda adalah pemilik motor, pasti pernah mengalami goresan pada bodi motornya. Goresan pada motor dapat terjadi karena banyak hal, seperti tergores benda keras saat parkir, terkena cabang pohon, atau bahkan terkena goresan dari kendaraan lain di jalan. Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk menghilangkan goresan pada motor, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba.

1. Cuci Motor dengan Sabun Lembut

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci motor dengan menggunakan sabun yang lembut. Pastikan untuk tidak menggunakan sabun pembersih yang keras atau mengandung bahan abrasif. Cuci motor dengan hati-hati dan hindari menggosok bagian yang terkena goresan terlalu keras. Setelah Anda mencuci motor, keringkan dengan kain yang lembut dan bersih.

2. Gunakan Bahan Pembersih Khusus Goresan pada Motor

Jika mencuci motor dengan sabun lembut tidak berhasil menghilangkan goresan, Anda dapat menggunakan bahan pembersih khusus goresan pada motor. Pastikan untuk memilih produk yang aman untuk digunakan pada permukaan motor. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dengan benar dan hindari menggosok bagian yang terkena goresan terlalu keras.

3. Menggunakan Polishing Compound

Polishing compound biasanya digunakan untuk membersihkan goresan pada mobil, namun bahan ini juga dapat digunakan pada motor. Pastikan untuk memilih produk yang tepat dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar. Polishing compound ini dapat menghilangkan goresan yang lebih dalam dari pada bahan pembersih biasa.

4. Poles Tangan

Jika Anda tidak ingin menggunakan produk kimia atau bahan pembersih khusus untuk menghilangkan goresan pada motor, Anda dapat melakukan poles tangan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan kain yang lembut dan pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada kain dan gosokkan pada bagian yang terkena goresan. Setelah itu, bersihkan dengan air dan keringkan.

5. Cat Ulang

Jika goresan pada motor Anda terlalu dalam atau tidak bisa dihilangkan dengan metode biasa, cat ulang mungkin menjadi solusi terbaik. Namun, ini adalah solusi yang paling mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Pastikan untuk mengecat ulang dengan cat yang tepat dan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan dengan benar. Sebaiknya, cat ulang dilakukan oleh profesional untuk hasil yang lebih maksimal.

FAQ

No. Pertanyaan Jawaban
1. Apakah mencuci motor dengan sabun bisa menghilangkan goresan? Mencuci motor dengan sabun lembut hanya bisa menghilangkan goresan yang tidak terlalu dalam. Untuk goresan yang lebih dalam, diperlukan cara yang lebih spesifik.
2. Apakah polishing compound bisa merusak cat motor? Polishing compound bisa merusak cat motor jika tidak digunakan dengan benar atau menggunakan produk yang salah. Pastikan untuk memilih produk yang aman untuk digunakan pada cat motor.
3. Apakah poles tangan bisa menghilangkan goresan pada motor? Poles tangan bisa menghilangkan goresan pada motor, terutama goresan yang tidak terlalu dalam. Namun, poles tangan membutuhkan waktu dan usaha yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan produk pembersih.
4. Berapa biaya untuk melakukan cat ulang pada motor? Biaya untuk melakukan cat ulang pada motor bervariasi tergantung pada jenis motor, jenis cat yang digunakan, dan tingkat kerusakan pada cat sebelumnya. Namun, secara umum, biaya untuk melakukan cat ulang pada motor cukup mahal.
TRENDING 🔥  Cara Trading Saham Harian: Panduan Lengkap

Kesimpulan

Menghilangkan goresan pada motor memang tidak mudah, namun tidak harus mahal. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat mencoba menghilangkan goresan pada motor Anda sendiri dengan biaya yang terjangkau. Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar dan tidak menggosok bagian yang terkena goresan terlalu keras, sehingga tidak merusak permukaan motor.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor