Cara Meredupkan Layar Laptop

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu suka bekerja di depan laptop? Terkadang, layar yang terlalu terang dapat mengganggu penglihatan kita dan menyebabkan kelelahan mata. Maka dari itu, pada artikel ini kita akan membahas cara meredupkan layar laptop dengan mudah. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan Brightness Control

Brightness Control bisa membantu mengatur kecerahan layar laptop secara mudah. Biasanya, kamu dapat menemukan shortcut untuk mengatur kecerahan layar pada keyboard laptopmu. Cobalah untuk mengurangi kecerahan layar dengan menekan tombol Fn + F6 atau F5, atau tombol yang serupa pada laptopmu.

Jika kamu menggunakan Windows, kamu juga dapat menemukan pengaturan kecerahan layar di Control Panel. Masuk ke Control Panel dan pilih Hardware and Sound, kemudian pilih Power Options. Pilih “Edit Plan Settings” pada menu yang terkait dengan plan yang digunakan, dan atur kecerahan layar di situ.

Setelah mengatur kecerahan layar, pastikan bahwa kamu merasa nyaman dan tidak terganggu dengan kecerahan tersebut. Cobalah untuk mengubah kecerahan layar secara berkala jika kamu merasa matamu mulai terasa lelah.

2. Menggunakan Night Light Mode

Night Light mode adalah fitur yang tersedia pada sistem operasi Windows 10 untuk mengurangi kebiruan layar pada malam hari. Fitur ini secara otomatis mengurangi kecerahan layar dan mengubah tampilan layar menjadi lebih hangat dan meredupkan cahaya biru. Kamu juga dapat mengatur jadwal pengaktifan Night Light mode.

Untuk mengaktifkan Night Light mode, masuk ke Settings dan pilih System. Kemudian pilih Display dan aktifkan Night Light mode.

3. Menggunakan F.lux

F.lux adalah aplikasi gratis yang dapat membantu mengurangi kecerahan layar dan cahaya biru pada malam hari. Aplikasi ini secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dan tampilannya sesuai dengan posisi matahari di wilayahmu.

Untuk menggunakan F.lux, unduh dan pasang aplikasinya di laptopmu. Setelah itu, atur lokasi wilayahmu dan pilih tipe lampu yang kamu gunakan. Aplikasi ini akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar laptopmu.

4. Menggunakan Privacy Screen

Privacy Screen adalah filter yang dipasang pada layar laptop untuk menyaring cahaya biru dan menjaga privasi data kamu. Filter ini dapat mengurangi cahaya biru sekaligus meredupkan layar laptopmu. Privacy Screen tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat dibeli di toko komputer terdekat atau di online store.

5. Mengubah Wallpaper

Kamu dapat mengubah wallpaper laptopmu menjadi tampilan yang lebih gelap untuk membantu meredupkan layar. Pilihlah wallpaper yang tidak terlalu terang dan mengandung warna gelap. Hal ini dapat membantu mengurangi kecerahan layar, khususnya saat bekerja di malam hari.

TRENDING 🔥  Cara Mengganti Background Foto di HP Tanpa Aplikasi

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apa saja yang dapat merusak mata ketika bekerja di depan layar laptop? Kecerahan layar yang terlalu terang, cahaya biru, dan jarak mata dengan layar yang tidak sesuai dapat merusak mata.
2. Apakah Night Light mode dapat membantu mengurangi kelelahan mata? Ya, Night Light mode dapat membantu mengurangi cahaya biru pada layar dan membuat tampilan layar menjadi lebih hangat, sehingga dapat mengurangi kelelahan mata.
3. Apakah Privacy Screen dapat mengurangi kecerahan layar? Ya, Privacy Screen dapat menyaring cahaya biru dan meredupkan layar laptopmu, sehingga dapat membantu mengurangi kecerahan layar.

Demikianlah beberapa cara meredupkan layar laptop dengan mudah. Pilihlah cara yang paling sesuai denganmu dan jangan lupa untuk mengatur kecerahan layar agar nyaman saat bekerja di depan laptop. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Cara Meredupkan Layar Laptop