Cara Meringkas Jurnal: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Halo Sohib EditorOnline! Sudah tahu belum cara meringkas jurnal? Dalam dunia akademik, meringkas jurnal atau artikel ilmiah merupakan kegiatan yang terus dilakukan, baik untuk menambah pengetahuan maupun untuk menyelesaikan tugas. Namun, seringkali meringkas jurnal menjadi hal yang sulit, apalagi jika kita tidak terbiasa. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap cara meringkas jurnal dengan mudah dan cepat. Yuk simak!

Apa itu Meringkas Jurnal?

Sebelum memulai, mari kita bahas dahulu apa itu meringkas jurnal. Meringkas jurnal atau artikel ilmiah adalah kegiatan memperpendek isi sebuah jurnal atau artikel ilmiah tanpa mengurangi unsur penting dari keseluruhan makalah. Biasanya, meringkas jurnal dilakukan untuk menghemat waktu dan membuat jurnal menjadi lebih mudah dipahami. Namun, meringkas jurnal bukanlah kegiatan mengubah makna atau menghilangkan unsur penting dari jurnal.

FAQ: Apakah Meringkas Jurnal Sama dengan Memplagiat?

Pertanyaan Jawaban
Apakah meringkas jurnal sama dengan memplagiat? Tidak. Meringkas jurnal merupakan kegiatan memperpendek isi sebuah jurnal tanpa merubah makna atau menghilangkan unsur penting dari jurnal. Sementara itu, memplagiat adalah menyalin isi jurnal tanpa memberikan sumber yang jelas atau izin dari penulis asli.

Langkah-Langkah Meringkas Jurnal

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk meringkas jurnal dengan baik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Baca Jurnal dengan Teliti

Sebelum melakukan meringkas jurnal, pastikan Anda membaca jurnal atau artikel ilmiah tersebut dengan teliti. Selama membaca, catat poin-poin penting dan perhatikan struktur pembahasan dalam jurnal tersebut.

2. Buat Rangkuman Utama

Setelah membaca jurnal dengan teliti, buat rangkuman utama dari keseluruhan jurnal. Rangkuman ini berisi pokok-pokok bahasan yang ada pada jurnal tersebut. Rangkuman utama ini akan menjadi panduan Anda pada tahap meringkas jurnal yang selanjutnya.

3. Buat Rangkuman untuk Setiap Bagian

Setelah membuat rangkuman utama, buat rangkuman untuk setiap bagian dari jurnal tersebut. Setiap bagian harus memiliki poin-poin utama yang kemudian dijabarkan secara singkat dan padat. Rangkuman ini akan membantu memudahkan proses meringkas jurnal ke dalam bentuk yang lebih singkat.

4. Eliminasi Apa yang Tidak Penting

Setelah membuat rangkuman untuk setiap bagian, eliminasi apa yang tidak penting dari jurnal tersebut. Sebelum mengeliminasi, pastikan bahwa poin-poin yang akan dihilangkan tidak penting bagi keseluruhan makalah. Hal ini perlu dilakukan agar jurnal yang dihasilkan tetap memiliki makna dan keseluruhan poin-poin penting.

TRENDING 🔥  Cara Mengunci Sinyal: Tips dan Trik Penuh Manfaat untuk Meningkatkan Kualitas Jaringan

5. Buat Jurnal Ulang

Setelah proses eliminasi, buat jurnal ulang dengan memperpendek keseluruhan isi jurnal tadi. Pastikan bahwa jurnal yang dihasilkan tetap memiliki makna dan keseluruhan pokok-pokok bahasan yang penting. Jika memungkinkan, gunakan kata-kata yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

FAQ: Berapa Banyak Kata yang Diperbolehkan untuk Jurnal yang Telah Diperpendek?

Pertanyaan Jawaban
Berapa banyak kata yang diperbolehkan untuk jurnal yang telah diperpendek? Tidak ada aturan pasti mengenai berapa banyak kata yang diperbolehkan untuk jurnal yang telah diperpendek. Namun, pastikan bahwa jurnal yang dihasilkan tetap memiliki makna dan keseluruhan pokok-pokok bahasan yang penting.

Kesimpulan

Nah, Itulah cara meringkas jurnal secara lengkap dan mudah. Proses meringkas jurnal memang membutuhkan ketelitian dan ketekunan, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat melakukan meringkas jurnal dengan baik. Ingatlah bahwa meringkas jurnal bukanlah kegiatan yang merubah makna atau menghilangkan unsur penting dari jurnal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sohib EditorOnline. Terima kasih sudah membaca!

Cara Meringkas Jurnal: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline