Bagaimana Cara Membuat Kliping

> Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kliping. Kliping adalah teknik memotong dan merangkai artikel atau tulisan dari media massa seperti koran, majalah, atau situs berita online untuk digunakan sebagai referensi atau sumber informasi. Teknik kliping ini sering digunakan oleh mahasiswa, peneliti, atau orang yang ingin mengumpulkan informasi tentang suatu topik. Berikut adalah langkah-langkah membuat kliping:

1. Menentukan Topik

Langkah pertama dalam membuat kliping adalah menentukan topik yang ingin dicari. Misalnya, jika kita ingin membuat kliping tentang teknologi, maka kita perlu mencari artikel-artikel terbaru yang berkaitan dengan teknologi. Pilih topik yang sesuai dengan kebutuhan dan minat kita.

Menggunakan Mesin Pencari

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencari artikel adalah dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing. Kita bisa menggunakan kata kunci atau frasa terkait dengan topik yang ingin dicari. Misalnya, jika kita ingin mencari artikel tentang teknologi terbaru, kita bisa menggunakan kata kunci “berita terbaru teknologi”.

Selanjutnya, kita bisa memilih artikel yang relevan dan sesuai dengan topik yang ingin dicari. Artikel tersebut bisa diambil dari situs berita online seperti Kompas, CNN Indonesia, atau Detik.

Mencari Artikel di Perpustakaan

Selain menggunakan mesin pencari, kita juga bisa mencari artikel di perpustakaan. Perpustakaan memiliki koleksi berbagai jenis media massa seperti koran, majalah, atau jurnal yang bisa kita gunakan sebagai referensi. Kita bisa menggunakan katalog perpustakaan untuk mencari artikel terkait dengan topik yang ingin dicari.

Menentukan Sumber Referensi

Sebelum memotong artikel, kita perlu menentukan sumber referensi dari artikel tersebut. Sumber referensi sangat penting untuk menunjukkan asal muasal artikel dan kebenaran informasi yang terkandung di dalamnya. Kita bisa mencantumkan sumber referensi pada bagian bawah kliping atau pada catatan kaki.

2. Membaca dan Memilih Artikel

Setelah menemukan artikel yang relevan dengan topik yang ingin dicari, langkah selanjutnya adalah membaca dan memilih artikel yang akan dipotong. Bacalah dengan seksama artikel tersebut dan cari informasi yang sesuai dengan topik yang ingin dicari. Kemudian, pilihlah informasi yang paling penting dan relevan untuk dipotong dan dirangkai menjadi kliping.

Menggunakan Highlighter

Untuk memudahkan dalam memilih informasi yang penting dari artikel, kita bisa menggunakan highlighter atau stabilo. Highlighter bisa digunakan untuk menandai bagian-bagian yang penting atau relevan dengan topik yang ingin dicari. Kita bisa menggunakan highlighter berbeda untuk menandai informasi yang berbeda.

Memotong Artikel

Setelah memilih informasi yang penting, kita bisa mulai memotong artikel tersebut. Gunakan gunting atau cutter untuk memotong artikel yang akan dijadikan kliping. Potonglah artikel dengan hati-hati agar tidak merusak informasi yang ingin disimpan.

3. Merangkai Kliping

Setelah artikel dipotong, langkah selanjutnya adalah merangkai kliping. Pertama-tama, tentukanlah urutan dari informasi yang ingin disimpan. Setelah itu, tempelkan potongan artikel secara rapi dan sesuai dengan urutan yang telah ditentukan.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kuisioner: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

Menggunakan Kertas Koran

Jika kita ingin membuat kliping dengan cara yang tradisional, kita bisa menggunakan kertas koran. Kertas koran memiliki ukuran yang cukup besar sehingga bisa digunakan untuk menempelkan potongan artikel. Potongan artikel bisa ditempelkan pada kertas koran dengan lem atau selotip.

Menggunakan Program Komputer

Selain menggunakan cara tradisional, kita juga bisa membuat kliping dengan menggunakan program komputer seperti Microsoft Word atau Adobe InDesign. Dalam program tersebut, kita bisa membuat layout yang sesuai dengan kebutuhan dan menempelkan potongan artikel secara digital.

4. Menyimpan Kliping

Setelah kliping selesai dirangkai, langkah terakhir adalah menyimpan kliping tersebut. Simpanlah kliping di tempat yang aman dan mudah diakses. Kita juga bisa membuat daftar isi atau indeks untuk mempermudah dalam mencari informasi yang terkandung di dalam kliping.

Membuat Daftar Isi

Untuk membuat daftar isi, kita bisa menuliskan judul-judul artikel atau topik yang terdapat di dalam kliping. Daftar isi bisa dibuat dalam bentuk tabel atau listing. Daftar isi ini berguna untuk mempermudah dalam mencari informasi yang terkandung di dalam kliping.

Menyimpan dalam File Digital

Selain disimpan dalam bentuk fisik, kliping juga bisa disimpan dalam bentuk file digital. File digital dapat disimpan di dalam komputer atau perangkat lainnya yang bisa diakses dengan mudah. Dalam file digital, kliping bisa disimpan dalam format PDF atau JPG.

FAQ tentang Cara Membuat Kliping

Pertanyaan Jawaban
Apa itu kliping? Kliping adalah teknik memotong dan merangkai artikel atau tulisan dari media massa untuk digunakan sebagai referensi atau sumber informasi.
Apa kegunaan dari kliping? Kliping berguna untuk mengumpulkan informasi terkait suatu topik dari berbagai sumber media massa.
Bagaimana cara menentukan topik untuk kliping? Pilihlah topik yang sesuai dengan kebutuhan dan minat kita.
Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih artikel untuk kliping? Pilihlah artikel yang relevan dengan topik yang ingin dicari dan periksa kebenaran informasi di dalam artikel tersebut.
Apa yang perlu dilakukan setelah memotong artikel menjadi kliping? Setelah potongan artikel dirangkai menjadi kliping, kliping dapat disimpan dalam bentuk fisik atau digital.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara membuat kliping. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengumpulkan informasi tentang suatu topik.

Bagaimana Cara Membuat Kliping