Bagaimana Cara Mengisi Kolom Daftar Prestasi pada Daftar Riwayat Hidup

>Hello Sohib EditorOnline,Thank you for taking the time to read this journal article about “bagaimana cara mengisi kolom daftar prestasi pada daftar riwayat hidup”. In this article, we will discuss everything you need to know about filling out the achievements section in your curriculum vitae. Whether you are a recent graduate or an experienced professional, this guide will provide you with valuable information to help you showcase your accomplishments effectively.

Apa itu Daftar Prestasi dalam Daftar Riwayat Hidup?

Sebelum kita membahas cara mengisi kolom daftar prestasi pada daftar riwayat hidup, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu daftar prestasi. Daftar prestasi adalah bagian dari daftar riwayat hidup yang berisi informasi tentang prestasi yang pernah Anda raih selama karir Anda, baik itu di pendidikan, pekerjaan, organisasi, atau kegiatan lainnya. Daftar prestasi ini sangat penting untuk menunjukkan kemampuan, keterampilan, dan prestasi Anda kepada calon pemberi kerja atau institusi pendidikan.

Bagian daftar prestasi ini biasanya disajikan dalam bentuk tabel. Tabel daftar prestasi terdiri dari beberapa kolom yang berisi informasi tentang jenis prestasi, waktu pencapaian, tempat, dan ukuran prestasi yang telah Anda raih. Hal ini akan mempermudah pihak yang membaca untuk melihat dan mengevaluasi prestasi Anda dengan cepat.

FAQ:

Q: Apa saja jenis prestasi yang bisa ditulis dalam daftar prestasi?
A: Jenis prestasi yang bisa ditulis dalam daftar prestasi antara lain:
– Penghargaan atau sertifikat yang pernah Anda peroleh
– Prestasi akademik, seperti juara olimpiade, ranking teratas, dan sebagainya
– Pengalaman kerja yang menonjol atau berhasil menghasilkan sesuatu
– Prestasi dalam kegiatan sosial atau organisasi, seperti mendirikan organisasi baru, mengadakan acara amal, dan sebagainya

Langkah-Langkah Mengisi Kolom Daftar Prestasi pada Daftar Riwayat Hidup

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengisi kolom daftar prestasi pada daftar riwayat hidup:

1. Identifikasi dan pilih jenis prestasi Anda

Sebelum mulai menulis daftar prestasi, Anda harus mengidentifikasi dan memilih jenis prestasi yang ingin Anda tulis. Pastikan jenis prestasi yang Anda tulis relevan dengan karir atau pendidikan yang akan Anda jalani. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di bidang teknologi, tulis prestasi teknologi yang pernah Anda raih.

2. Buat format tabel

Setelah menentukan jenis prestasi, buat format tabel yang akan Anda gunakan untuk menuliskan daftar prestasi Anda. Format tabel yang umum digunakan terdiri dari beberapa kolom, seperti jenis prestasi, waktu pencapaian, tempat, dan ukuran prestasi. Anda juga bisa menambahkan kolom tambahan sesuai kebutuhan Anda.

TRENDING 🔥  Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Indosat

3. Tuliskan prestasi Anda pada tabel

Selanjutnya, tuliskan prestasi Anda pada tabel yang sudah Anda buat. Pastikan informasi yang Anda tuliskan akurat dan jelas. Jangan lupa untuk menuliskan waktu pencapaian, tempat, dan ukuran prestasi yang Anda raih. Ukuran prestasi ini bisa berupa jumlah uang yang berhasil Anda hasilkan, jumlah orang yang berhasil Anda bantu, atau skala prestasi lainnya yang relevan dengan jenis prestasi yang Anda tulis.

4. Prioritaskan prestasi yang terkait dengan pekerjaan atau pendidikan yang akan Anda jalani

Jika Anda melamar pekerjaan atau institusi pendidikan tertentu, pastikan bahwa prestasi yang Anda tulis terkait dengan pekerjaan atau pendidikan tersebut. Prioritaskan prestasi yang menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan atau pendidikan yang Anda lamar.

5. Gunakan bahasa yang jelas dan singkat

Gunakan bahasa yang jelas dan singkat dalam menulis daftar prestasi Anda. Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan atau sulit dipahami. Pastikan bahwa pihak yang membaca dapat memahami informasi yang Anda tulis dengan mudah.

Kesimpulan

Daftar prestasi adalah bagian penting dari daftar riwayat hidup. Menuliskan daftar prestasi dengan baik akan membantu Anda menunjukkan kemampuan, keterampilan, dan prestasi Anda dengan efektif kepada calon pemberi kerja atau institusi pendidikan. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk mengisi kolom daftar prestasi pada daftar riwayat hidup dengan baik. Jangan lupa untuk prioritas prestasi yang relevan dengan karir atau pendidikan yang akan Anda jalani.

FAQ:

Q: Apakah daftar prestasi harus ditulis dalam bentuk tabel?
A: Tidak harus, namun menulis daftar prestasi dalam bentuk tabel akan mempermudah pihak yang membaca untuk melihat dan mengevaluasi prestasi Anda dengan cepat.
Q: Haruskah kita menuliskan semua prestasi yang pernah kita raih?
A: Tidak, Anda bisa memilih prestasi yang relevan dengan karir atau pendidikan yang akan Anda jalani. Prioritaskan prestasi yang menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan atau pendidikan yang Anda lamar.

Sumber

https://www.pasiekerja.com/2019/09/27/daftar-prestasi-dalam-cv/

https://www.kumparan.com/kumparancareer/bagaimana-membuat-daftar-prestasi-dalam-cv-anda-1sLBBsHtKZi

https://www.jobstreet.co.id/id/career-resources/cv-cover-letter/cara-menuliskan-daftar-prestasi-di-cv

https://www.bayt.com/en/career-article-1626/

Bagaimana Cara Mengisi Kolom Daftar Prestasi pada Daftar Riwayat Hidup