Cara Membuat Surat Riwayat Hidup

>Hello Sohib EditorOnline! Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan, surat riwayat hidup menjadi salah satu dokumen yang wajib disiapkan. Surat riwayat hidup berfungsi memberikan gambaran tentang siapa kamu dan apa yang sudah kamu capai di dalam hidupmu. Tentunya, surat riwayat hidup yang baik dapat meningkatkan peluangmu untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar. Namun, bagaimana cara membuat surat riwayat hidup yang baik? Simak ulasan berikut ini!

Pengertian Surat Riwayat Hidup

Surat riwayat hidup adalah dokumen yang berisi informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, serta riwayat hidup seseorang. Dokumen ini biasanya diserahkan ketika seseorang melamar pekerjaan atau mengajukan beasiswa. Surat riwayat hidup juga dapat digunakan sebagai referensi untuk orang yang ingin mengenal lebih jauh tentang pelamar.

Meskipun surat riwayat hidup tidak menentukan seseorang diterima atau tidak diterima di suatu posisi, tetapi surat riwayat hidup menjadi salah satu faktor yang membantu perusahaan atau institusi dalam menentukan kualifikasi seseorang. Karena itu, penting bagi kamu untuk membuat surat riwayat hidup yang baik dan menarik.

Pentingnya Surat Riwayat Hidup

Surat riwayat hidup menjadi dokumen yang penting ketika kamu melamar pekerjaan atau mengajukan beasiswa. Dokumen ini menjadi salah satu cara bagi perusahaan atau institusi untuk mengetahui lebih banyak tentang dirimu, seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian yang dimiliki.

Selain itu, surat riwayat hidup juga dapat membantumu untuk mengasah kemampuan menulis dan merangkai kata-kata. Memperbaiki aturan bahasa dan tata letak surat riwayat hidup tanpa kesalahan akan memberikan kesan yang baik pada calon atasanmu.

Tidak hanya itu, surat riwayat hidup yang baik dan menarik juga dapat memberikan nilai tambah pada dirimu. Karena itu, penting untuk membuat surat riwayat hidup sebaik mungkin.

Cara Membuat Surat Riwayat Hidup

1. Tentukan Format Surat Riwayat Hidup yang Akan Digunakan

Setiap orang memiliki format surat riwayat hidup yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan format kronologis, fungsional atau kombinasi keduanya. Sebaiknya gunakan format yang sesuai dengan pengalaman kerjamu dan keahlian yang dimiliki. Pilih format yang paling mudah dipahami oleh calon atasan.

2. Buat Daftar Pengalaman Kerja

Langkah selanjutnya adalah membuat daftar pengalaman kerja yang dimiliki. Berikan detail mengenai posisi, nama perusahaan, tanggal mulai dan berakhir bekerja, tanggung jawab, dan pencapaian yang telah diraih.

Sertakan juga informasi spesifik seperti besarnya anggaran yang ditangani, jumlah pelanggan, atau jumlah produk yang dihasilkan. Semua informasi tambahan ini akan membantu calon atasan untuk lebih mengenal dirimu.

3. Buat Daftar Pendidikan

Setelah membuat daftar pengalaman kerja, langkah selanjutnya adalah membuat daftar pendidikan. Tuliskan jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Sertakan juga nama sekolah, jurusan, dan tahun lulus.

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Pori Pori Tersumbat

4. Sertakan Keahlian

Tuliskan keahlian yang dimiliki, seperti kemampuan bahasa asing, desain grafis, dan lain-lain. Pastikan keahlian yang dituliskan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

5. Sertakan Informasi Tambahan

Sertakan informasi tambahan seperti sertifikat, penghargaan, atau organisasi yang pernah diikuti. Semakin banyak informasi yang disertakan, semakin baik. Namun, pastikan semua informasi yang disertakan relevan dan tidak berlebihan.

Tips Membuat Surat Riwayat Hidup yang Baik

1. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Pastikan penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam surat riwayat hidupmu. Periksa ulang tata bahasa dan ejaan, serta gunakan kalimat yang mudah dipahami.

2. Buat Surat Riwayat Hidup yang Jelas dan Tepat Sasaran

Surat riwayat hidup yang baik dan menarik harus jelas dan tepat sasaran. Sebaiknya gunakan bahasa yang simpel dan mudah dipahami oleh calon atasanmu. Sertakan informasi yang relevan dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

3. Buat Surat Riwayat Hidup yang Mudah Dibaca

Perhatikan tata letak dan rapihkan informasi yang disajikan pada surat riwayat hidupmu. Buatlah surat riwayat hidup yang mudah dibaca dan menarik perhatian.

4. Cek Ulang Surat Riwayat Hidupmu Sebelum Mengirimnya

Sebelum mengirim surat riwayat hidupmu, pastikan kembali keseluruhan informasi yang dicantumkan sudah benar dan kemungkinan tidak akan menimbulkan pertanyaan dari pihak yang melihat surat riwayat hidupmu.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa itu surat riwayat hidup? Surat riwayat hidup adalah dokumen yang menyajikan informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan riwayat hidup seseorang.
Apa yang harus disertakan dalam surat riwayat hidup? Dalam surat riwayat hidup harus disertakan informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, keahlian dan informasi tambahan seperti sertifikat, penghargaan, atau organisasi yang pernah diikuti.
Bagaimana cara membuat surat riwayat hidup yang baik? Cara membuat surat riwayat hidup yang baik yaitu dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, membuat surat riwayat hidup yang jelas dan tepat sasaran, membuat surat riwayat hidup yang mudah dibaca, serta mengecek kembali surat riwayat hidup sebelum mengirimkannya.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat surat riwayat hidup yang baik dan menarik. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantumu untuk membuat surat riwayat hidup yang baik dan memuaskan.

Cara Membuat Surat Riwayat Hidup