Cara Buat Cream Kue Ultah Sederhana

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda ingin membuat kue ultah namun bingung bagaimana cara membuat cream nya? Tenang saja, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan cara membuat cream kue ultah yang sederhana dan mudah diikuti. Dengan bahan dan alat yang mudah ditemukan di rumah, Anda dapat membuat cream kue yang lezat dan pastinya dapat memuaskan selera tamu atau keluarga Anda.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum memulai proses pembuatan cream kue, ada baiknya persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Whipping Cream Cair 250 ml
Gula Halus 3 sdm
Pewarna Makanan Secukupnya
Pengembang Kue 1/4 sdt
Air Es 50 ml

Dengan bahan-bahan di atas, Anda sudah dapat membuat cream kue ultah sederhana yang lezat. Selanjutnya, simak langkah-langkah cara membuat cream kue ultah sederhana berikut ini:

Langkah-Langkah Membuat Cream Kue Ultah Sederhana

1. Siapkan Whipping Cream dan Alat Mixer

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan whipping cream cair dan alat mixer. Perlu diingat, whipping cream cair harus disimpan di dalam lemari es sebelum digunakan agar cream tidak mudah cair.

2. Mixer Whipping Cream

Kedua, mixer whipping cream dengan kecepatan tinggi selama 1-2 menit atau hingga cream mengembang dan teksturnya halus. Pastikan tidak terlalu overmixing karena bisa membuat cream menjadi kental dan sulit diaplikasikan ke kue.

3. Tambahkan Gula Halus

Selanjutnya, tambahkan gula halus secara perlahan pada whipping cream yang telah di-mixer tadi. Mixer kembali bahan-bahan tersebut selama 1 menit hingga gula halus tercampur rata.

4. Tambahkan Pewarna Makanan

Setelah gula halus tercampur rata, tambahkan pewarna makanan sesuai dengan warna yang diinginkan. Jangan terlalu banyak menambahkan pewarna agar warna cream tidak terlalu gelap atau pekat. Mixer kembali bahan-bahan tersebut selama 1 menit hingga pewarna makanan tercampur rata.

5. Tambahkan Pengembang Kue

Tambahkan pengembang kue sedikit demi sedikit sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah. Tujuan ditambahkan pengembang kue agar cream kue dapat bertahan lebih lama dan tidak cepat lembek. Mixer kembali bahan-bahan tersebut selama 1 menit.

6. Tambahkan Air Es

Terakhir, tambahkan air es pada campuran cream kue sedikit demi sedikit sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah. Jangan terlalu banyak menambahkan air es agar cream tidak terlalu cair. Mixer bahan-bahan tersebut selama 1 menit hingga teksturnya menjadi halus dan lembut.

TRENDING 🔥  Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung Maspion

FAQ Cara Buat Cream Kue Ultah Sederhana:

1. Apakah ada alternatif bahan selain whipping cream cair?

Tentu saja ada, Anda juga dapat menggunakan whipped cream bubuk yang sudah diolah sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

2. Apakah pewarna makanan diperlukan?

Tidak, pewarna makanan merupakan bahan tambahan yang dapat dihilangkan jika Anda tidak ingin memberikan warna pada cream kue ultah Anda.

3. Apakah kue yang cocok untuk cream kue ultah sederhana ini?

Anda dapat menggunakan berbagai jenis kue seperti sponge cake, chiffon cake, atau jenis kue lainnya yang Anda sukai.

4. Berapa lama cream kue ini dapat bertahan?

Cream kue yang telah diaplikasikan pada kue dapat bertahan hingga maksimal 3-4 jam pada suhu ruangan. Namun, lebih baik untuk segera disajikan untuk menghasilkan rasa yang lebih segar.

5. Apakah cream kue sederhana ini cocok untuk topping atau filling kue?

Tentu saja, cream kue sederhana ini dapat digunakan sebagai topping atau filling kue. Anda dapat menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa pertanyaan umum seputar cara membuat cream kue ultah sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat cream kue yang lezat dan siap disajikan kapan saja. Selamat mencoba!

Cara Buat Cream Kue Ultah Sederhana