Cara Buat Surat Lamaran: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Halo Sohib EditorOnline, apakah Anda sedang mencari panduan untuk membuat surat lamaran yang baik dan benar? Surat lamaran adalah dokumen penting yang harus disiapkan dengan seksama jika Anda ingin melamar pekerjaan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat surat lamaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang Anda lamar.

1. Mengenal Jenis-jenis Surat Lamaran

Sebelum mulai menulis surat lamaran, penting untuk memahami jenis-jenis surat lamaran yang umumnya digunakan. Ada beberapa jenis surat lamaran, antara lain:

Jenis Surat Lamaran Keterangan
Surat Lamaran Kerja Surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.
Surat Lamaran Magang Surat yang digunakan untuk melamar magang di sebuah perusahaan.
Surat Lamaran Pekerjaan Freelance Surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan sebagai freelancer di sebuah perusahaan atau individu.

Setelah mengetahui jenis-jenis surat lamaran, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis surat lamaran yang ingin Anda tulis. Pastikan jenis surat lamaran yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau posisi yang Anda inginkan.

2. Menentukan Format Surat Lamaran

Setelah menentukan jenis surat lamaran, langkah selanjutnya adalah menentukan format surat lamaran yang akan digunakan. Terdapat dua jenis format surat lamaran, yaitu format surat lamaran blok dan format surat lamaran semi blok.

Format Surat Lamaran Blok

Format surat lamaran blok merupakan format surat lamaran yang mempunyai tampilan paragraf yang rata kiri dan kanan. Format surat lamaran blok cocok digunakan untuk surat lamaran kerja atau magang.

Format Surat Lamaran Semi Blok

Format surat lamaran semi blok merupakan format surat lamaran yang mempunyai tampilan paragraf yang rata kiri dan kanan, namun pada awal paragraf awal diberi jarak satu tab dari tepi kertas. Format surat lamaran semi blok cocok digunakan untuk surat lamaran pekerjaan freelance.

3. Menyusun Heading Surat Lamaran

Heading surat lamaran merupakan bagian penting dari surat lamaran yang berisi informasi tentang perusahaan yang Anda lamar, nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, dan alamat email perusahaan. Pastikan informasi yang disertakan selalu terbaru dan akurat.

4. Menuliskan Isi Surat Lamaran

Setelah menyusun heading surat lamaran, langkah selanjutnya adalah menuliskan isi surat lamaran. Isi surat lamaran terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka merupakan bagian pertama dari isi surat lamaran yang berisi pengenalan diri dan tujuan penulisan surat lamaran. Pada bagian ini, Anda dapat menjelaskan mengenai pengalaman Anda dalam pekerjaan sebelumnya dan alasan mengapa Anda tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Menghapus Latar Belakang Video

Paragraf Kepribadian

Paragraf kepribadian merupakan bagian yang memperkenalkan kepribadian dan kemampuan diri sebagai pelamar. Pada bagian ini, jelaskan mengenai kemampuan yang dimiliki dan mengapa Anda dapat menjadi kandidat yang baik untuk posisi yang Anda lamar.

Paragraf Pengalaman Kerja

Paragraf pengalaman kerja merupakan bagian yang menjelaskan pengalaman kerja sebelumnya yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pada bagian ini, jelaskan tugas dan tanggung jawab yang pernah diemban serta capaian yang telah dicapai pada pekerjaan sebelumnya.

Paragraf Penutup

Paragraf penutup merupakan bagian terakhir dari isi surat lamaran yang berisi kalimat penutup dan harapan agar dapat diberikan kesempatan untuk wawancara kerja. Pada bagian ini, Anda dapat berterima kasih atas perhatian perusahaan dan menyatakan kesiapan untuk dihubungi kembali.

5. Menyertakan Lampiran Surat Lamaran

Lampiran surat lamaran merupakan bagian yang berisi dokumen pendukung untuk melamar pekerjaan, seperti CV, sertifikat, atau dokumen lainnya yang relevan. Pastikan lampiran yang disertakan selalu terbaru dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.

6. Menyusun Surat Lamaran yang Rapi dan Menarik

Setelah menyusun seluruh bagian surat lamaran, pastikan surat lamaran yang disiapkan rapi dan menarik. Gunakan font yang mudah dibaca dan tata letak yang teratur. Pastikan tidak ada kesalahan ketik dan tata bahasa yang baik dan benar.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Berapa jumlah kata yang ideal untuk surat lamaran?

Jumlah kata yang ideal untuk surat lamaran adalah sekitar 300-500 kata. Pastikan surat lamaran yang disiapkan tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

2. Apa saja informasi yang harus disertakan pada heading surat lamaran?

Informasi yang harus disertakan pada heading surat lamaran adalah nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, dan alamat email perusahaan.

3. Apa yang harus disiapkan selain surat lamaran?

Selain surat lamaran, Anda juga perlu menyiapkan CV, sertifikat, atau dokumen lainnya yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

4. Apa yang harus diperhatikan dalam menyusun isi surat lamaran?

Dalam menyusun isi surat lamaran, perhatikan kesesuaian antara pengalaman kerja yang dimiliki dengan posisi yang dilamar dan tata bahasa dan grammar yang baik dan benar.

5. Apakah lampiran surat lamaran wajib disertakan?

Tidak selalu wajib, namun disarankan untuk menyertakan lampiran surat lamaran yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Cara Buat Surat Lamaran: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline