Cara Cek MBTI: Panduan Lengkap Untuk Mengetahui Tipologi Kepribadian Anda

>Halo Sohib EditorOnline, jika Anda sedang mencari informasi tentang cara cek MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang apa itu MBTI, bagaimana mengikuti tes MBTI, dan cara menerapkan hasil tes MBTI Anda dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Apa Itu MBTI?

MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, yaitu sebuah tes kepribadian yang banyak digunakan di berbagai bidang, seperti psikologi, karier, pendidikan, dan lain sebagainya. Tes ini dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers, berdasarkan teori kepribadian yang dikemukakan oleh Carl Jung.

MBTI membagi tipologi kepribadian menjadi 16 jenis, yang masing-masing memiliki kecenderungan dalam empat aspek, yaitu:

  1. Ekstrovert vs. Introvert (E vs. I)
  2. Sensorik vs. Intuitif (S vs. N)
  3. Pikiran vs. Perasaan (T vs. F)
  4. Menentukan vs. Prospekting (J vs. P)

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang ke-16 jenis kepribadian MBTI, Anda dapat membaca artikel terkait di website kami.

Bagaimana Mengikuti Tes MBTI?

MBTI tidak dapat diambil melalui tes online atau tes singkat. Tes ini harus diikuti melalui konsultan atau psikolog terlatih yang telah bersertifikasi dalam melakukan tes MBTI. Tes MBTI sendiri terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  1. Wawancara
  2. Pengisian kuesioner MBTI
  3. Interpretasi hasil

Wawancara dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lengkap tentang diri Anda dan membantu konsultan dalam memahami pola pikir serta tren tindakan yang Anda miliki. Setelah wawancara, Anda akan diminta untuk mengisi kuesioner MBTI yang terdiri dari beberapa pertanyaan. Setelah itu, konsultan akan menginterpretasikan hasil tes yang telah Anda lakukan.

Penting untuk dicatat bahwa tes MBTI tidak mengevaluasi kemampuan atau kecerdasan Anda, melainkan hanya untuk mengevaluasi kepribadian Anda dan memberikan panduan untuk meningkatkan potensi Anda.

Cara Menerapkan Hasil Tes MBTI Dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengikuti tes MBTI dan mendapatkan hasil, Anda dapat menggunakan hasil tes tersebut untuk:

  1. Mengenal diri sendiri dengan lebih baik
  2. Memahami preferensi dan kecenderungan Anda dalam berkomunikasi
  3. Mengetahui jenis karier yang sesuai dengan kepribadian Anda
  4. Mengetahui kecenderungan Anda dalam mengambil keputusan
  5. Mengetahui cara terbaik untuk mengatasi stres dan masalah dalam hidup Anda

Pada akhirnya, hasil tes MBTI akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang siapa Anda, bagaimana Anda berkomunikasi, dan keputusan apa yang cenderung Anda ambil. Dengan memahami diri sendiri dengan lebih baik, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan hidup lebih produktif dan bahagia.

Tabel 16 Jenis Kepribadian MBTI

No. Jenis Kepribadian MBTI Ciri-ciri
1 ISTJ Tegas, praktis, akurat, dan terorganisir
2 ISFJ Perhatian, setia, dan mandiri
3 INFJ Sensitif, kreatif, dan peduli terhadap kebutuhan orang lain
4 INTJ Independen, strategis, dan analitis
5 ISTP Tenang, praktis, dan cenderung mengeksplorasi
6 ISFP Hangat, tenang, dan kreatif
7 INFP Unik, kreatif, dan idealis
8 INTP Cerdas, analitis, dan cenderung menyendiri
9 ESTP Berani, tegas, dan pandai bergaul
10 ESFP Hangat, murah hati, dan suka bergaul
11 ENFP Spontan, kreatif, dan menyenangkan
12 ENTP Terbuka, kreatif, dan tajam secara mental
13 ESTJ Terorganisir, tegas, dan efisien
14 ESFJ Panas hati, ramah, dan dapat diandalkan
15 ENFJ Hangat, berempati, dan mempengaruhi orang lain
16 ENTJ Konseptual, tegas, dan efisien dalam mengambil keputusan
TRENDING 🔥  Cara Membuat Karya Mozaik - Panduan Lengkap

FAQ

Apa yang dimaksud dengan MBTI?

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah tes kepribadian yang dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers. Tes ini membagi tipologi kepribadian menjadi 16 jenis, yang masing-masing memiliki kecenderungan dalam empat aspek, yaitu ekstrovert vs. introvert, sensorik vs. intuitif, pikiran vs. perasaan, dan menentukan vs. prospekting.

Bagaimana cara mengikuti tes MBTI?

Tes MBTI tidak dapat diambil melalui tes online atau tes singkat. Tes ini harus diikuti melalui konsultan atau psikolog terlatih yang telah bersertifikasi dalam melakukan tes MBTI.

Apa saja manfaat dari tes MBTI?

Tes MBTI dapat membantu Anda untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik, memahami preferensi dan kecenderungan Anda dalam berkomunikasi, mengetahui jenis karier yang sesuai dengan kepribadian Anda, mengetahui kecenderungan Anda dalam mengambil keputusan, dan mengetahui cara terbaik untuk mengatasi stres dan masalah dalam hidup Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah mengikuti tes MBTI?

Setelah mengikuti tes MBTI, Anda dapat menggunakan hasil tes tersebut untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik dan memahami preferensi serta kecenderungan Anda dalam berkomunikasi, memilih karier yang sesuai dengan kepribadian Anda, mengetahui cara terbaik untuk mengatasi stres dan masalah dalam hidup Anda, dan meningkatkan potensi diri Anda.

Apa saja jenis-jenis kepribadian MBTI?

MBTI membagi tipologi kepribadian menjadi 16 jenis, yaitu ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, dan ENTJ.

Cara Cek MBTI: Panduan Lengkap Untuk Mengetahui Tipologi Kepribadian Anda