Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp (WA)

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu ingin memulai bisnis melalui platform WhatsApp? Jika ya, maka kamu harus memiliki akun bisnis WhatsApp terlebih dahulu. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat akun bisnis WhatsApp baik menggunakan aplikasi WhatsApp Business atau melalui situs web WhatsApp Business. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

1. Menyiapkan Persyaratan

Sebelum memulai proses pembuatan akun bisnis WhatsApp, pastikan kamu sudah menyiapkan persyaratan yang diperlukan. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

Persyaratan Keterangan
Nomor telepon aktif Kamu harus memiliki nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi
Perangkat ponsel Kamu harus menggunakan perangkat ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS
Nama bisnis Kamu harus memiliki nama bisnis yang akan kamu gunakan pada akun bisnis WhatsApp
Logo bisnis Kamu harus memiliki logo bisnis dalam format PNG dan ukuran minimal 96Ă—96 piksel

Setelah kamu memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya kamu bisa memulai proses pembuatan akun bisnis WhatsApp.

2. Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp Melalui Aplikasi WhatsApp Business

Jika kamu ingin membuat akun bisnis WhatsApp melalui aplikasi WhatsApp Business, berikut langkah-langkahnya:

a. Unduh dan Install Aplikasi WhatsApp Business

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstall aplikasi WhatsApp Business di perangkat ponsel kamu. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).

b. Verifikasi Nomor Telepon

Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi WhatsApp Business dan verifikasi nomor telepon kamu. Nomor telepon yang digunakan haruslah nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi.

Setelah nomor telepon diverifikasi, masukkan nama bisnis yang akan digunakan pada akun bisnis WhatsApp kamu. Selanjutnya, upload logo bisnis yang sudah disiapkan sebelumnya.

d. Tambahkan Informasi Bisnis

Setelah itu, kamu bisa menambahkan informasi bisnis seperti alamat, email, dan deskripsi bisnis. Informasi ini akan memudahkan calon pelanggan untuk mengenal bisnis kamu.

e. Selesai

Setelah semua informasi bisnis terisi dengan lengkap, akun bisnis WhatsApp kamu telah berhasil dibuat. Selanjutnya, kamu bisa memulai mengelola bisnis kamu melalui aplikasi WhatsApp Business.

3. Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp Melalui Situs Web WhatsApp Business

Jika kamu ingin membuat akun bisnis WhatsApp melalui situs web WhatsApp Business, berikut langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Cara Buat Donat Empuk - Tips and Tricks

a. Kunjungi Situs Web WhatsApp Business

Buka situs web WhatsApp Business di https://www.whatsapp.com/business. Pilih menu “Download for Mac or Windows” jika kamu ingin mengunduh aplikasi desktop WhatsApp Business atau klik “WhatsApp Business” jika kamu ingin menggunakan WhatsApp Business secara online (tanpa mengunduh aplikasi).

b. Unduh dan Install Aplikasi WhatsApp Business (Opsional)

Jika kamu ingin mengunduh aplikasi desktop WhatsApp Business, unduh dan install aplikasi tersebut di perangkat ponsel kamu.

c. Verifikasi Nomor Telepon

Buka aplikasi WhatsApp atau aplikasi desktop WhatsApp Business dan verifikasi nomor telepon kamu. Nomor telepon yang digunakan haruslah nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi.

Setelah nomor telepon diverifikasi, masukkan nama bisnis yang akan digunakan pada akun bisnis WhatsApp kamu. Selanjutnya, upload logo bisnis yang sudah disiapkan sebelumnya.

e. Tambahkan Informasi Bisnis

Setelah itu, kamu bisa menambahkan informasi bisnis seperti alamat, email, dan deskripsi bisnis. Informasi ini akan memudahkan calon pelanggan untuk mengenal bisnis kamu.

f. Selesai

Setelah semua informasi bisnis terisi dengan lengkap, akun bisnis WhatsApp kamu telah berhasil dibuat. Selanjutnya, kamu bisa memulai mengelola bisnis kamu melalui aplikasi WhatsApp Business atau aplikasi desktop WhatsApp Business.

FAQ

1. Apa itu akun bisnis WhatsApp?

Akun bisnis WhatsApp adalah akun resmi untuk bisnis yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui aplikasi WhatsApp Business.

2. Apa keuntungan memiliki akun bisnis WhatsApp?

Dengan memiliki akun bisnis WhatsApp, kamu bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pelanggan, menyediakan informasi produk atau layanan, dan mempromosikan bisnis kamu melalui platform WhatsApp.

3. Apa persyaratan untuk membuat akun bisnis WhatsApp?

Persyaratan untuk membuat akun bisnis WhatsApp antara lain memiliki nomor telepon aktif, menggunakan perangkat ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS, memiliki nama bisnis, dan memiliki logo bisnis dalam format PNG dan ukuran minimal 96Ă—96 piksel.

4. Apa perbedaan antara aplikasi WhatsApp dan aplikasi WhatsApp Business?

Aplikasi WhatsApp Business memiliki fitur tambahan yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp reguler seperti profil bisnis, pesan selamat datang, pesan otomatis, dan analisa pesan.

5. Apakah membuat akun bisnis WhatsApp gratis?

Ya, membuat akun bisnis WhatsApp sama sekali gratis.

Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp (WA)