Cara Membuat Es Krim Stik

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat es krim stik yang nikmat dan segar. Es krim stik adalah salah satu camilan favorit banyak orang, terutama pada saat musim panas. Kita bisa membuat es krim stik dengan mudah di rumah, dan tentunya jauh lebih sehat dan enak daripada yang kita beli di toko. Yuk, simak cara membuat es krim stik berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat es krim stik, ada beberapa bahan yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

Bahan Jumlah
Susu cair 500 ml
Gula pasir 100 gram
Tepung maizena 1 sendok makan
Garam 1/4 sendok teh
Vanili bubuk 1 sendok teh
Es batu secukupnya
Stik es krim

Cara Membuat Es Krim Stik

1. Campurkan Bahan-bahan

Langkah pertama dalam membuat es krim stik adalah mencampurkan semua bahan dalam satu wadah. Tuangkan susu cair ke dalam panci, lalu tambahkan gula pasir, tepung maizena, garam, dan vanili bubuk. Aduk semua bahan hingga tercampur dengan rata.

2. Panaskan Adonan

Panaskan adonan di atas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental. Pastikan adonan tidak sampai meleleh atau gosong. Setelah itu, matikan api dan dinginkan adonan selama beberapa menit.

3. Masukkan Es Batu

Siapkan wadah yang berisi es batu. Tuangkan adonan yang sudah dingin ke dalam wadah tersebut. Aduk adonan hingga mengental dan dingin. Pastikan adonan tidak sampai membeku.

4. Tambahkan Stik Es Krim

Masukkan stik es krim ke dalam adonan es krim yang sudah dingin dan mengental. Pastikan stik es krim benar-benar terbenam ke dalam adonan, sehingga nantinya tidak mudah lepas saat kita mengonsumsi es krim stik.

5. Bekukan Es Krim Stik

Simpan es krim stik ke dalam freezer selama minimal 4 jam atau hingga benar-benar beku. Setelah itu, es krim stik siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat es krim stik?

Untuk membuat es krim stik, kita membutuhkan susu cair, gula pasir, tepung maizena, garam, vanili bubuk, es batu, dan stik es krim.

TRENDING 🔥  Cara Sholat Jamak Takhir Maghrib dan Isya

2. Bagaimana cara membuat adonan es krim stik?

Untuk membuat adonan es krim stik, kita perlu mencampurkan semua bahan dalam satu wadah dan mengaduknya hingga tercampur dengan rata. Kemudian, panaskan adonan di atas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental. Setelah itu, matikan api dan dinginkan adonan selama beberapa menit.

3. Mengapa perlu menambahkan es batu ke dalam adonan es krim?

Menambahkan es batu ke dalam adonan es krim membantu mendinginkan adonan dan membuatnya berubah menjadi kental.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat es krim stik?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es krim stik adalah sekitar 4 jam, karena es krim stik perlu di bekukan di dalam freezer terlebih dahulu sebelum disajikan.

5. Apa saja varian rasa es krim stik yang bisa dibuat?

Kita bisa membuat es krim stik dengan berbagai macam rasa, seperti coklat, stroberi, vanila, kacang, atau buah-buahan. Kita bisa menambahkan bahan-bahan tersebut pada adonan es krim sebelum dibekukan.

Cara Membuat Es Krim Stik