Cara Mencetak KK Online: Panduan Lengkap

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara mencetak Kartu Keluarga (KK) secara online. Dalam era digital seperti sekarang ini, segala jenis layanan sudah bisa dilakukan secara online, termasuk mencetak KK. Tahukah kamu bahwa mencetak KK online lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan cara konvensional? Bagi kamu yang belum tahu, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu KK?

Sebelum membahas cara mencetak KK online, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu KK. KK atau Kartu Keluarga adalah kartu identitas keluarga yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. KK berisi data-data identitas anggota keluarga yang terdaftar, seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan nomor identitas kependudukan (NIK).

Bagaimana cara mengurus KK?

Untuk mengurus KK, kamu bisa datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Namun, cara tersebut tergolong cukup merepotkan karena kamu harus menyediakan waktu luang dan antri di kantor. Alternatif lainnya adalah dengan mengurus KK secara online. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Mencetak KK Online

1. Persiapkan persyaratan yang diperlukan

Sebelum mengurus KK secara online, pastikan kamu telah menyiapkan persyaratan yang diperlukan, seperti:

Nama Dokumen Deskripsi
KTP/NIK Fotokopi KTP/NIK anggota keluarga yang tercantum di KK
Akte Kelahiran Fotokopi akte kelahiran bagi anggota keluarga yang lahir di luar negeri
Surat Nikah/Cerai Fotokopi surat nikah/cerai bagi pasangan suami istri

2. Kunjungi website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Buka website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Setiap daerah memiliki website yang berbeda-beda. Misalnya, jika kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa mengunjungi website https://dukcapil.jakarta.go.id/.

3. Pilih layanan “Cetak Kartu Keluarga Online”

Setelah masuk ke website, pilih layanan “Cetak Kartu Keluarga Online”. Biasanya layanan ini terdapat pada halaman utama atau menu layanan. Jika tidak menemukan layanan tersebut, kamu bisa mencari di bagian pencarian.

4. Masukkan NIK dan nomor Kartu Keluarga

Setelah memilih layanan “Cetak Kartu Keluarga Online”, kamu akan diminta untuk memasukkan NIK dan nomor KK. Pastikan data yang kamu masukkan sudah benar dan sesuai dengan data yang tercantum di KK.

5. Verifikasi data

Setelah memasukkan NIK dan nomor KK, kamu akan diminta untuk verifikasi data. Biasanya langkah ini dilakukan dengan memilih gambar yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

TRENDING 🔥  Cara Transfer Pulsa Im3 ke Im3

6. Konfirmasi data

Setelah verifikasi berhasil, konfirmasi data yang telah kamu masukkan. Pastikan data-data sudah benar dan sesuai dengan data yang tercantum di KK.

7. Cetak KK

Jika sudah yakin dengan data yang telah dimasukkan, klik opsi “Cetak Kartu Keluarga Online”. Kamu akan diarahkan ke halaman cetak KK. Pastikan printer yang digunakan dalam kondisi baik dan tersambung dengan internet. Kemudian, klik “Cetak” dan KK akan dicetak secara otomatis.

FAQ Cara Mencetak KK Online

1. Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mencetak KK secara online?

Untuk mencetak KK secara online, kamu perlu menyiapkan persyaratan seperti fotokopi KTP/NIK, fotokopi akte kelahiran bagi anggota keluarga yang lahir di luar negeri, dan fotokopi surat nikah/cerai bagi pasangan suami istri.

2. Bagaimana cara mencetak KK online?

Untuk mencetak KK online, kunjungi website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Pilih layanan “Cetak Kartu Keluarga Online”, masukkan NIK dan nomor KK, verifikasi data, konfirmasi data, dan klik opsi “Cetak Kartu Keluarga Online”.

3. Apakah mencetak KK online berbayar?

Tidak, mencetak KK online tidak berbayar alias gratis.

4. Apakah ada batasan jumlah cetak KK online?

Tidak ada batasan jumlah cetak KK online. Namun, satu nomor KK hanya bisa dicetak sekali dalam satu kali proses.

5. Apa yang harus dilakukan jika mengalami kesulitan dalam mencetak KK online?

Jika mengalami kesulitan dalam mencetak KK online, hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat atau datang langsung ke kantor.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara mencetak KK online. Dengan mencetak KK secara online, kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk antri. Cukup dengan mengakses website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, kamu bisa mencetak KK secara cepat dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah membaca!

Cara Mencetak KK Online: Panduan Lengkap