Cara Mengecek Tagihan NPWP

>Halo, Sohib EditorOnline! Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara mengecek tagihan NPWP. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor identitas yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau badan yang memiliki kewajiban membayar pajak. Salah satu kewajiban tersebut adalah membayar tagihan pajak. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengecek tagihan NPWP agar tidak terkena sanksi atau denda karena keterlambatan membayar pajak.

Apa itu Tagihan NPWP?

Tagihan NPWP adalah jumlah yang harus dibayarkan oleh wajib pajak kepada pihak yang berwenang sebagai pelaksana tugas pemungutan pajak. Tagihan ini biasanya berasal dari kewajiban pajak pada tahun sebelumnya atau tahun sekarang.

Bagaimana Mengetahui Jumlah Tagihan NPWP?

Ada beberapa cara untuk mengetahui jumlah tagihan NPWP. Salah satunya adalah melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Mengecek Tagihan NPWP
1. Buka situs resmi Direktorat Jenderal Pajak di https://www.pajak.go.id/id
2. Klik menu “Layanan Online”
3. Pilih “Cek Tagihan”
4. Masukkan NPWP dan masa pajak yang akan dicek
5. Klik “Lanjutkan”
6. Tagihan NPWP akan muncul

Selain melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak, wajib pajak juga dapat mengecek tagihan NPWP melalui aplikasi e-SPT. Cara penggunaannya hampir sama dengan melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Apa Sanksi yang Diterima Jika Tidak Membayar Tagihan NPWP?

Jika tidak membayar tagihan NPWP, wajib pajak dapat menerima sanksi berupa bunga pajak dan denda. Bunga pajak dikenakan sebesar 2% per bulan atas jumlah pajak yang tidak dibayar. Sedangkan denda dikenakan sebesar 2% dari jumlah pajak yang harus dibayar per bulan.

Bagaimana Cara Menghindari Sanksi?

Agar tidak terkena sanksi, wajib pajak sebaiknya membayar tagihan atau pajak tepat waktu. Jika tidak mampu membayar pada saat jatuh tempo, wajib pajak dapat mengajukan permohonan penundaan atau pembayaran secara bertahap kepada pihak yang berwenang.

FAQ

1. Apakah NPWP itu?

NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak. Nomor identitas yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau badan yang memiliki kewajiban membayar pajak.

2. Bagaimana cara mengecek tagihan NPWP?

Wajib pajak dapat mengecek tagihan NPWP melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak atau aplikasi e-SPT.

TRENDING 🔥  Cara Minum Vitamale: Panduan Lengkap dan Praktis

3. Apa sanksi yang diterima jika tidak membayar tagihan NPWP?

Sanksi yang diterima jika tidak membayar tagihan NPWP adalah bunga pajak dan denda.

4. Bagaimana cara menghindari sanksi?

Untuk menghindari sanksi, wajib pajak sebaiknya membayar tagihan atau pajak tepat waktu. Jika tidak mampu membayar pada saat jatuh tempo, wajib pajak dapat mengajukan permohonan penundaan atau pembayaran secara bertahap kepada pihak yang berwenang.

Cara Mengecek Tagihan NPWP