Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 2 Orang

>Hello Sohib EditorOnline, dalam penulisan sebuah karya ilmiah, daftar pustaka sangat penting untuk memastikan keaslian sumber referensi dan informasi yang digunakan. Menuliskan nama pengarang 2 orang dalam daftar pustaka membutuhkan beberapa perhatian khusus agar dapat dilakukan dengan benar dan akurat. Berikut ini adalah panduan cara menulis daftar pustaka nama pengarang 2 orang dengan benar.

1. Tentukan Format Penulisan Daftar Pustaka

Sebelum mulai menuliskan nama pengarang 2 orang dalam daftar pustaka, Anda perlu menentukan format penulisan yang akan digunakan. Format penulisan yang umum digunakan adalah format APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), atau Chicago. Pilihlah format yang sesuai dengan disiplin ilmu pengetahuan yang Anda gunakan.

APA

Format penulisan daftar pustaka dalam format APA mengatur penggunaan tanda titik pada setiap kata dalam judul buku, jurnal, artikel, atau sumber referensi lainnya, kecuali kata pertama dan nama publisher. Format ini juga memperbolehkan penggunaan tanda koma pada akhir nama pengarang kedua.

MLA

Format penulisan daftar pustaka dalam format MLA tidak menggunakan tanda titik pada setiap kata dalam judul buku, jurnal, artikel, atau sumber referensi lainnya. Namun, format ini menggunakan tanda koma pada akhir nama pengarang kedua.

Chicago

Format penulisan daftar pustaka dalam format Chicago mengatur penggunaan tanda titik pada setiap kata dalam judul buku, jurnal, artikel, atau sumber referensi lainnya, kecuali kata pertama dan nama publisher. Format ini juga tidak menggunakan tanda koma pada akhir nama pengarang kedua.

2. Cari Informasi Tentang Sumber Referensi

Setelah menentukan format penulisan daftar pustaka, carilah informasi tentang sumber referensi yang ingin Anda tulis dalam daftar pustaka. Informasi yang perlu dicari antara lain: nama pengarang, judul buku atau jurnal, tahun terbit, dan informasi penerbitan.

3. Urutkan Sumber Referensi sesuai Abjad

Setelah semua informasi sumber referensi didapatkan, urutkan sumber referensi sesuai abjad nama pengarang pertama. Untuk sumber referensi dengan nama pengarang yang sama, urutkan sesuai abjad nama pengarang kedua.

4. Tuliskan Nama Pengarang 2 Orang

Dalam menuliskan nama pengarang 2 orang, Anda dapat menggunakan format “nama pengarang pertama, inisial nama tengah. nama pengarang kedua”. Contoh: Smith, J. K. dan Brown, M. C.

5. Cantumkan Informasi Sumber Referensi

Setelah menuliskan nama pengarang 2 orang, cantumkan informasi sumber referensi lengkap, seperti judul buku, jurnal, tahun terbit, dan informasi penerbitan. Jangan lupa juga untuk menuliskan halaman dari sumber referensi yang Anda kutip.

TRENDING 🔥  Cara Mengecas Laptop yang Benar

6. Gunakan Tanda Titik atau Koma dengan Benar

Perhatikan penggunaan tanda titik atau koma pada nama pengarang kedua. Pada format penulisan daftar pustaka dalam format MLA dan Chicago, gunakan tanda koma pada akhir nama pengarang kedua. Sedangkan pada format APA, gunakan tanda titik pada akhir nama pengarang kedua.

7. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Nama Pengarang 2 Orang

Berikut ini adalah contoh penulisan daftar pustaka nama pengarang 2 orang dalam format APA:

Nama Pengarang Judul Buku Tahun Terbit Informasi Penerbitan Halaman Kutipan
Jones, S. A. dan Smith, P. M. Introduction to Biology 2018 New York: Wiley 192-198

FAQ

1. Apa format penulisan daftar pustaka yang umum digunakan?

Format penulisan daftar pustaka yang umum digunakan adalah format APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), atau Chicago. Pilihlah format yang sesuai dengan disiplin ilmu pengetahuan yang Anda gunakan.

2. Apa saja informasi yang perlu dicari dalam menuliskan daftar pustaka?

Informasi yang perlu dicari antara lain: nama pengarang, judul buku atau jurnal, tahun terbit, dan informasi penerbitan. Selain itu, jangan lupa mencantumkan halaman dari sumber referensi yang Anda kutip.

3. Bagaimana cara menuliskan nama pengarang 2 orang dalam daftar pustaka?

Dalam menuliskan nama pengarang 2 orang, Anda dapat menggunakan format “nama pengarang pertama, inisial nama tengah. nama pengarang kedua”. Contoh: Smith, J. K. dan Brown, M. C.

4. Bagaimana cara menggunakan tanda titik atau koma pada nama pengarang kedua?

Pada format penulisan daftar pustaka dalam format MLA dan Chicago, gunakan tanda koma pada akhir nama pengarang kedua. Sedangkan pada format APA, gunakan tanda titik pada akhir nama pengarang kedua.

Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 2 Orang