Jagung Berkembang Biak dengan Cara yang Mudah dan Efektif

>Halo Sohib EditorOnline! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara berkembang biak jagung yang mudah dan efektif. Jagung merupakan tanaman pangan yang sangat penting bagi masyarakat kita. Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara berkembang biak jagung sangat penting untuk dipelajari.

1. Pengetahuan Dasar tentang Jagung

Sebelum membahas tentang cara berkembang biak jagung, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengetahuan dasar tentang tanaman jagung. Jagung merupakan tanaman pangan yang berasal dari benua Amerika dan telah diintroduksi ke seluruh dunia. Tanaman ini termasuk ke dalam famili Poaceae dan memiliki nama latin Zea mays L.

Jagung memiliki sistem akar tunggang dan dapat tumbuh hingga ketinggian 3-4 meter. Tanaman jagung memiliki daun yang lebar dan berbentuk seperti pita. Buah jagung dikenal sebagai biji atau bulir yang biasa dikonsumsi sebagai bahan pangan manusia atau sebagai pakan hewan ternak.

Untuk memperoleh hasil panen jagung yang optimal, diperlukan pengetahuan tentang cara berkembang biak jagung yang efektif dan efisien.

2. Pembagian Varietas Jagung

Jagung dapat dikelompokkan menjadi beberapa varietas berdasarkan kegunaannya. Beberapa varietas jagung yang umum ditemukan adalah sebagai berikut:

Varietas Jagung Kegunaan
Jagung Manis Biasa dikonsumsi sebagai makanan manusia
Jagung Hibrida Hasil persilangan berbagai jenis jagung, biasa digunakan sebagai pakan hewan ternak
Jagung Bisi Jenis jagung yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit

3. Metode Berkembang Biak Jagung

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk berkembang biak jagung. Berikut adalah beberapa metode yang umum dilakukan:

3.1 Penyerbukan Buatan

Penyerbukan buatan adalah salah satu metode yang efektif untuk berkembang biak jagung. Metode ini dilakukan dengan cara memindahkan serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina menggunakan alat seperti kuas atau jarum.

Penyerbukan buatan dapat dilakukan pada saat bunga betina mengeluarkan kepala sari, yaitu pada saat hari ke-3-5 setelah keluarnya kepala bunga betina. Penyerbukan dilakukan pada pagi hari antara pukul 6-9 untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Setelah penyerbukan, jangan lupa untuk menandai bunga betina yang telah diserbuki agar mudah dilacak saat panen nanti.

3.2 Penyerbukan Alami

Penyerbukan alami adalah metode berkembang biak jagung yang tidak memerlukan campur tangan manusia. Penyerbukan alami dilakukan melalui bantuan angin dan serangga.

Untuk memaksimalkan penyerbukan alami, kita perlu memperhatikan jarak tanam antar tanaman. Jarak tanam yang sesuai dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyerbukan alami.

3.3 Stek Tunas

Metode berkembang biak jagung dengan stek tunas dilakukan dengan cara mengambil tunas dari tanaman jagung yang sudah berumur sekitar 2-3 minggu dan menanamnya pada media tanam yang telah disiapkan.

Setelah tunas ditanam, perlu dilakukan penyiraman yang cukup dan menunggu sekitar 1-2 minggu hingga akar tumbuh. Setelah akar tumbuh, kita dapat memindahkan tanaman tersebut ke lahan yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Cek Bansos Lewat KTP

4. Persiapan Lahan

Sebelum menanam jagung, kita perlu mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan lahan adalah sebagai berikut:

4.1 Pemupukan

Pemupukan adalah langkah penting dalam mempersiapkan lahan untuk menanam jagung. Pemupukan dilakukan untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman jagung. Pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk organik maupun pupuk anorganik.

Pupuk organik dapat berupa pupuk kandang, kompos, atau pupuk hijau. Sedangkan, pupuk anorganik dapat berupa pupuk NPK atau urea.

4.2 Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah adalah proses mengolah tanah sebelum tanam. Tujuannya adalah agar tanah menjadi gembur dan mudah menyerap air serta nutrisi. Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan cara pengolahan fisik maupun kimia.

Pengolahan tanah secara fisik dapat dilakukan dengan cara penggemburan tanah menggunakan cangkul atau bajak. Sedangkan, pengolahan tanah secara kimia dapat dilakukan dengan cara pengapuran atau pengurangan pH tanah.

5. Tahapan Menanam Jagung

Setelah lahan siap, kita dapat melakukan tahapan menanam jagung. Beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam menanam jagung adalah sebagai berikut:

5.1 Persiapan Benih

Persiapan benih dilakukan untuk memastikan benih yang akan ditanam adalah benih berkualitas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan benih adalah:

  • Pemilihan benih yang berkualitas
  • Perendaman benih dalam air selama 12-24 jam
  • Penjemuran benih selama 1-2 hari

5.2 Penanaman Benih

Penanaman benih dapat dilakukan dengan cara menabur langsung ke lahan atau dengan cara pembibitan terlebih dahulu. Pembibitan dilakukan dalam polybag atau tray dengan media tanam seperti cocopeat atau sekam bakar.

Setelah bibit cukup besar dan kuat, kita dapat memindahkan bibit ke lahan yang telah disiapkan sebelumnya.

5.3 Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman sangat penting untuk mendapatkan hasil panen jagung yang optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan tanaman jagung adalah sebagai berikut:

  • Penyiraman secara teratur
  • Pemupukan sesuai kebutuhan
  • Pembersihan gulma
  • Pengendalian hama dan penyakit

5.4 Panen Jagung

Setelah tanaman jagung cukup umur, kita dapat melakukan panen jagung. Panen jagung dilakukan pada saat biji jagung sudah matang dan mengeras.

Untuk memperoleh hasil panen yang optimal, perlu dilakukan pengecekkan secara berkala terhadap kematangan biji jagung.

6. FAQ

6.1. Bagaimana mengetahui jagung sudah matang?

Jagung sudah matang dan siap panen dapat dilihat dari ciri-ciri biji jagung yang sudah mengeras dan warna biji yang sudah kuning.

6.2. Apa saja jenis varietas jagung yang cocok ditanam di daerah tropis?

Beberapa varietas jagung yang cocok ditanam di daerah tropis antara lain varietas Pioneer 27, Bisma, dan Arjuna.

6.3. Bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman jagung?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman jagung adalah dengan melakukan penyemprotan pestisida organik atau dengan cara memotong bagian tanaman yang terinfeksi.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara berkembang biak jagung yang mudah dan efektif. Dengan memahami cara berkembang biak jagung yang tepat, diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil panen jagung yang optimal dan mendukung ketahanan pangan.

Jagung Berkembang Biak dengan Cara yang Mudah dan Efektif