Macam Macam Cara Memegang Raket

>Hello Sohib EditorOnline! If you’re reading this article, chances are you’re either a badminton enthusiast or someone who wants to learn how to play badminton. Either way, you’re in luck because in this article, we’ll be discussing the various ways on how to hold a badminton racket or “raket” in Indonesian language. From the basic forehand grip to the advanced backhand grip, we’ve got you covered. So, without further ado, let’s dive into the different ways of holding a badminton racket.

1. Gaya Pegangan Forehand

Gaya pegangan forehand adalah salah satu cara yang paling umum digunakan dalam permainan bulu tangkis. Teknik ini melibatkan tangan dominan yang memegang gagang raket dan tangan non-dominan yang memegang bagian atas dari raket untuk memberikan support. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memegang raket dengan gaya forehand:

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Forehand

1. Letakkan gagang raket di antara ibu jari dan telunjuk

2. Regangkan jari-jari dan biarkan jari-jari lainnya melingkari gagang raket

3. Pastikan telapak tangan menghadap ke arah lapangan

4. Letakkan jari-jari tangan non-dominan di atas tangan dominan untuk memberikan support

5. Pastikan jarak antara tangan dominan dan tangan non-dominan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat

FAQ – Gaya Pegangan Forehand

Pertanyaan Jawaban
1. Apa yang harus dilakukan jika raket terlalu berat? Anda bisa memilih raket yang lebih ringan atau mencoba teknik pegangan yang lebih longgar.
2. Apakah gaya pegangan forehand cocok untuk semua jenis pukulan? Tidak. Gaya pegangan forehand lebih cocok untuk pukulan bola atas atau smash.
3. Apa yang harus dilakukan jika tangan terasa kaku saat memegang raket? Anda bisa melakukan pemanasan atau olahraga ringan terlebih dahulu sebelum bermain.

Jadi, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memegang raket dengan gaya forehand. Selanjutnya, kita akan membahas cara memegang raket dengan gaya backhand.

2. Gaya Pegangan Backhand

Gaya pegangan backhand lebih sulit daripada gaya forehand karena teknik ini melibatkan pergerakan tangan yang lebih rumit. Namun, teknik ini sangat penting untuk menguasai pukulan backhand yang efektif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memegang raket dengan gaya backhand:

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Backhand

1. Letakkan gagang raket di antara ibu jari dan telunjuk seperti pada gaya forehand

2. Gerakkan tangan dominan ke sisi badan dan letakkan gagang raket di atas pergelangan tangan

3. Regangkan jari-jari dan biarkan jari-jari lainnya melingkari gagang raket

4. Pastikan telapak tangan dominan menghadap ke arah lapangan

5. Letakkan tangan non-dominan di depan atau di bawah tangan dominan untuk memberikan support

FAQ – Gaya Pegangan Backhand

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah gaya pegangan backhand lebih sulit daripada gaya forehand? Ya, teknik ini melibatkan pergerakan tangan yang lebih rumit.
2. Apa yang harus dilakukan jika tangan non-dominan terasa tidak nyaman saat memegang raket? Anda bisa mencoba memegang raket hanya dengan tangan dominan atau mencoba teknik pegangan yang lebih nyaman.
3. Bisakah gaya pegangan backhand digunakan untuk semua jenis pukulan? Tidak. Gaya pegangan backhand lebih cocok untuk pukulan bola bawah atau drive.

Demikianlah cara memegang raket dengan gaya backhand. Selanjutnya, kita akan membahas beberapa cara memegang raket yang lebih advanced.

3. Gaya Pegangan Net

Gaya pegangan net umumnya digunakan saat melakukan pukulan drop atau pukulan net. Berikut adalah cara memegang raket dengan gaya net:

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Mani Encer dengan Kemiri

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Net

1. Letakkan gagang raket di antara ibu jari dan telunjuk seperti pada gaya forehand

2. Tekuk jari-jari dan biarkan telapak tangan menghadap ke arah lapangan

3. Letakkan tangan non-dominan di belakang tangan dominan

FAQ – Gaya Pegangan Net

Pertanyaan Jawaban
1. Apa yang harus dilakukan jika tangan terasa kaku saat memegang raket dengan gaya net? Anda bisa melakukan pemanasan atau olahraga ringan terlebih dahulu sebelum bermain.
2. Bisakah gaya pegangan net digunakan untuk semua jenis pukulan? Tidak. Gaya pegangan net lebih cocok untuk pukulan drop atau pukulan net.
3. Apakah gaya pegangan net sama dengan gaya pegangan forehand? Tidak. Gaya pegangan net melibatkan jari-jari yang lebih ditekuk dan telapak tangan yang menghadap ke arah lapangan.

Selanjutnya, kita akan membahas gaya pegangan yang lebih unik dan jarang digunakan.

4. Gaya Pegangan Belakang

Gaya pegangan belakang atau “behind the back grip” merupakan teknik yang jarang digunakan di lapangan bulu tangkis. Namun, teknik ini dapat memberikan keuntungan jika digunakan dengan benar. Berikut adalah cara memegang raket dengan gaya belakang:

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Belakang

1. Ambil gagang raket dengan tangan dominan dari belakang badan

2. Letakkan gagang raket di antara ibu jari dan jari tengah

3. Regangkan jari-jari dan biarkan jari-jari lainnya melingkari gagang raket

4. Pastikan tangan non-dominan merangkul dan memberikan support pada lengan dominan

FAQ – Gaya Pegangan Belakang

Pertanyaan Jawaban
1. Apa keuntungan menggunakan gaya pegangan belakang? Anda dapat menghasilkan pukulan yang lebih kuat dan tidak terduga untuk lawan.
2. Apakah gaya pegangan belakang sulit dipelajari? Ya, teknik ini membutuhkan latihan dan koordinasi yang baik antara tangan dominan dan tangan non-dominan.
3. Bisakah gaya pegangan belakang digunakan untuk semua jenis pukulan? Tidak. Gaya pegangan belakang lebih cocok untuk pukulan bola atas atau smash.

Dengan menguasai teknik pegangan belakang, Anda dapat memberikan kejutan yang menyenangkan untuk lawan di lapangan.

5. Gaya Pegangan Changehand

Gaya pegangan changehand atau “ganti tangan” adalah teknik memegang raket dengan tangan yang berbeda dari biasanya. Teknik ini sering digunakan saat melakukan pukulan backhand di sisi yang tidak biasa. Berikut adalah cara memegang raket dengan gaya changehand:

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Changehand

1. Tukar posisi tangan, sehingga tangan non-dominan yang memegang gagang raket

2. Letakkan tangan dominan di atas tangan non-dominan untuk memberikan support

3. Pastikan jarak antara tangan dominan dan tangan non-dominan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat

FAQ – Gaya Pegangan Changehand

Pertanyaan Jawaban
1. Kapan sebaiknya menggunakan gaya pegangan changehand? Anda sebaiknya menggunakan teknik ini saat melakukan pukulan backhand di sisi yang tidak biasa.
2. Apakah gaya pegangan changehand sulit dipelajari? Tergantung pada kebiasaan dan koordinasi tangan. Namun, teknik ini membutuhkan latihan yang cukup intensif.
3. Bisakah gaya pegangan changehand digunakan untuk semua jenis pukulan? Tidak. Gaya pegangan changehand lebih cocok untuk pukulan backhand.

Dengan menguasai teknik pegangan changehand, Anda dapat melakukan pukulan backhand yang lebih efektif dan tidak terduga.

6. Gaya Pegangan Panjang

Gaya pegangan panjang atau “panhandle grip” adalah teknik memegang raket dengan tangan yang berada di tengah gagang raket. Teknik ini sering digunakan untuk memberikan lebih banyak daya pada pukulan forehand. Berikut adalah cara memegang raket dengan gaya panjang:

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Panjang

1. Letakkan gagang raket di tengah pergelangan tangan

2. Regangkan jari-jari dan biarkan jari-jari lainnya melingkari gagang raket

3. Pastikan jarak antara tangan dominan dan tangan non-dominan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat

FAQ – Gaya Pegangan Panjang

Pertanyaan Jawaban
1. Apa keuntungan menggunakan gaya pegangan panjang? Anda dapat memberikan lebih banyak daya pada pukulan forehand.
2. Apakah gaya pegangan panjang sulit dipelajari? Tergantung pada kebiasaan dan koordinasi tangan. Namun, teknik ini membutuhkan latihan yang cukup intensif.
3. Bisakah gaya pegangan panjang digunakan untuk semua jenis pukulan? Tidak. Gaya pegangan panjang lebih cocok untuk pukulan forehand.

Dengan menguasai teknik pegangan panjang, Anda dapat memberikan pukulan forehand yang lebih efektif dan didukung dengan lebih banyak tenaga dan power.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Cardless BCA

7. Gaya Pegangan Pistol

Gaya pegangan pistol atau “pistol grip” adalah teknik memegang raket dengan tangan yang berada di sebelah atas gagang raket. Teknik ini sering digunakan untuk memberikan lebih banyak kontrol pada pukulan backhand. Berikut adalah cara memegang raket dengan gaya pistol:

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Pistol

1. Letakkan gagang raket di antara ibu jari dan telunjuk seperti pada gaya forehand

2. Biarkan tangan non-dominan menggenggam gagang raket di sebelah atas

3. Regangkan jari-jari dan pastikan tangan non-dominan merangkul dan memberikan support pada lengan dominan

FAQ – Gaya Pegangan Pistol

Pertanyaan Jawaban
1. Apa keuntungan menggunakan gaya pegangan pistol? Anda dapat memberikan lebih banyak kontrol pada pukulan backhand.
2. Apakah gaya pegangan pistol sulit dipelajari? Tergantung pada kebiasaan dan koordinasi tangan. Namun, teknik ini membutuhkan latihan yang cukup intensif.
3. Bisakah gaya pegangan pistol digunakan untuk semua jenis pukulan? Tidak. Gaya pegangan pistol lebih cocok untuk pukulan backhand.

Dengan menguasai teknik pegangan pistol, Anda dapat memberikan pukulan backhand yang lebih efektif dan didukung dengan lebih banyak kontrol.

8. Gaya Pegangan Jari Tertutup

Gaya pegangan jari tertutup atau “closed fist grip” adalah teknik memegang raket dengan menutup rapat jari-jari tangan. Teknik ini sering digunakan saat melakukan pukulan backhand dengan kecepatan tinggi. Berikut adalah cara memegang raket dengan gaya jari tertutup:

Cara Memegang Raket Menggunakan Gaya Jari Tertutup

1. Tutup rapat jari-jari tangan

2. Letakkan gagang raket di antara ibu jari dan telunjuk seperti

Macam Macam Cara Memegang Raket