Cara Membuat Abon Sapi

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Saya akan membagikan cara membuat abon sapi yang mudah dan enak. Abon sapi merupakan salah satu makanan ringan yang banyak dicari karena rasanya yang gurih dan asin. Selain itu, abon sapi juga bisa dijadikan topping untuk nasi atau mie. Kita bisa membuat abon sapi sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Mari kita simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat abon sapi yang enak dan lezat, kita memerlukan beberapa bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Daging sapi 500 gram
Daun jeruk 3 lembar
Jahe 2 cm
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 5 siung
Garam secukupnya
Micin secukupnya
Kecap manis 2 sendok makan
Air secukupnya

Dengan bahan-bahan tersebut, kita sudah bisa membuat abon sapi yang enak dan lezat. Selanjutnya, mari kita simak langkah-langkahnya!

Langkah-Langkah Membuat Abon Sapi

1. Potong Daging Sapi dan Cuci Bersih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging sapi menjadi bagian kecil dan mencucinya bersih. Pastikan daging sapi yang digunakan adalah daging yang segar agar abon sapi yang dihasilkan enak dan lezat.

2. Rebus Daging Sapi Hingga Empuk

Setelah daging sapi dicuci bersih, rebus daging sapi tersebut hingga empuk. Tambahkan daun jeruk dan jahe saat merebus, agar daging sapi lebih harum dan gurih.

3. Tiriskan Daging Sapi dan Tunggu Hingga Dingin

Setelah daging sapi direbus hingga empuk, tiriskan air rebusannya dan dinginkan daging sapi tersebut. Pastikan daging sapi benar-benar dingin sebelum digiling agar abon sapi yang dihasilkan empuk dan tidak terlalu keras.

4. Giling Daging Sapi Hingga Halus

Setelah daging sapi dingin, giling daging sapi tersebut hingga halus. Gunakan penggiling daging atau blender untuk memudahkan proses penggilingan. Jangan giling terlalu lama, agar abon sapi tidak terlalu lembut dan tidak bisa dijadikan topping nasi atau mie.

5. Cincang Bawang Putih dan Bawang Merah

Cincang bawang putih dan bawang merah menjadi ukuran yang lebih kecil. Bawang merah dan bawang putih ini akan memberikan rasa gurih dan sedikit manis pada abon sapi yang dihasilkan.

6. Tumis Bawang Putih dan Bawang Merah

Setelah bawang putih dan bawang merah dicincang, tumis bahan tersebut hingga harum. Tambahkan sedikit minyak agar bahan-bahan tersebut tidak lengket pada wajan.

TRENDING 🔥  Cara Merangsang Kontraksi

7. Masukkan Daging Sapi yang Sudah Digiling

Setelah bawang putih dan bawang merah sudah harum, masukkan daging sapi yang sudah digiling tadi. Aduk hingga bahan-bahan tercampur rata.

8. Tambahkan Garam, Micin, dan Kecap Manis

Tambahkan garam, micin, dan kecap manis pada campuran daging sapi yang sudah digiling tadi. Tambahkan secukupnya agar rasa abon sapi yang dihasilkan pas di lidah.

9. Aduk Campuran Hingga Rata

Aduk campuran daging sapi, bawang putih, bawang merah, garam, micin, dan kecap manis hingga rata. Pastikan semua bahan tercampur rata agar abon sapi yang dihasilkan merata rasa dan teksturnya.

10. Siapkan Wajan dan Masak Campuran Daging Sapi

Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak. Setelah itu, masukkan campuran daging sapi yang sudah diaduk dan masak hingga kering. Aduk sesekali agar campuran tidak lengket pada wajan.

11. Uleni Abon Sapi yang Sudah Matang

Setelah campuran daging sapi matang, uleni abon sapi tersebut agar benar-benar halus. Anda bisa menguleni abon sapi tersebut menggunakan tangan atau menggunakan food processor agar lebih mudah.

12. Panggang Abon Sapi Hingga Kering dan Keras

Setelah abon sapi diuleni, panggang abon sapi tersebut hingga kering dan keras. Anda bisa menggunakan oven atau memanggang abon sapi tersebut di atas wajan dengan api kecil. Jangan lupa aduk sesekali agar abon sapi tidak gosong.

13. Tiriskan Abon Sapi yang Sudah Matang

Setelah abon sapi matang dan sudah di panggang hingga kering dan keras, tiriskan abon sapi tersebut agar minyak yang menempel hilang. Anda bisa meniriskannya di atas kertas minyak atau tisu dapur.

14. Potong Abon Sapi Sesuai Selera

Setelah abon sapi sudah dingin, potong abon sapi tersebut sesuai dengan selera. Anda bisa memotongnya sedikit tebal atau tipis, tergantung selera Anda.

15. Simpan Abon Sapi di dalam Wadah yang Bersih dan Kering

Setelah abon sapi dipotong, simpan abon sapi tersebut di dalam wadah yang bersih dan kering. Pastikan abon sapi tersebut disimpan di dalam wadah yang kedap udara agar abon sapi tetap renyah dan tidak lembab.

FAQ Cara Membuat Abon Sapi

1. Berapa lama daging sapi harus direbus?

Daging sapi harus direbus hingga empuk, biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam, tergantung pada ukuran potongan daging sapi tersebut.

2. Bahan apa saja yang bisa ditambahkan pada abon sapi?

Selain daun jeruk, jahe, bawang putih, dan bawang merah, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti cabai, merica, atau kayu manis untuk memberikan rasa yang berbeda pada abon sapi yang dihasilkan.

3. Apakah abon sapi bisa disimpan dalam waktu lama?

Abon sapi bisa disimpan dalam waktu lama jika disimpan di dalam wadah yang kedap udara dan di tempat yang kering. Jangan lupa untuk menyimpannya di dalam lemari es agar abon sapi tidak basi.

4. Apakah abon sapi bisa dijadikan topping untuk nasi atau mie?

Ya, abon sapi bisa dijadikan topping untuk nasi atau mie. Abon sapi yang dihasilkan empuk dan tidak terlalu keras sangat cocok digunakan sebagai topping untuk nasi atau mie.

5. Apakah abon sapi hanya bisa dibuat dengan daging sapi?

Tidak, Anda juga bisa membuat abon menggunakan daging ayam atau ikan. Namun rasa dan teksturnya akan sedikit berbeda dengan abon sapi.

Itulah cara membuat abon sapi yang mudah dan enak. Selamat mencoba di rumah ya Sohib EditorOnline!

Cara Membuat Abon Sapi