Cara Membuat Lamaran Kerja yang Benar

>Hello Sohib EditorOnline, jika Anda sedang mencari pekerjaan dan belum berhasil mendapatkan peluang yang sesuai, maka artikel ini akan membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang benar. Hal ini sangat penting karena surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang sangat menentukan keberhasilanmu untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

1. Pahami Perusahaan yang Dituju

Memahami perusahaan yang dituju sangat penting sebelum kamu membuat surat lamaran kerja. Cari informasi tentang profil perusahaan, visi, misi, dan budaya perusahaan serta tujuan perusahaan. Hal ini akan membantumu untuk menyesuaikan diri dengan karakter perusahaan dan tulis surat lamaran yang lebih menarik.

2. Tanyakan pada Rekan yang Telah Bekerja di Perusahaan Tersebut

Jika kamu memiliki teman atau saudara yang sudah pernah bekerja di perusahaan tersebut, jangan ragu untuk memintanya untuk memberikan saran dan informasi sebelum kamu membuat lamaran kerja. Hal ini dapat membantumu untuk mendapatkan insight tentang bagaimana perusahaan beroperasi, etika kerja, dan lingkungan perusahaan.

3. Buat Konten Surat Lamaran Dengan Isi yang Menarik

Isi surat lamaran kerja harus dapat menarik perhatian HRD agar bisa mempertimbangkanmu untuk diundang sebuah wawancara kerja. Buatlah surat lamaran singkat namun jelas, mengapa kamu bersedia bekerja di perusahaan itu, dan apa yang bisa kamu berikan atau kontribusikan. Kreativitas dalam penggunaan bahasa dapat membantumu untuk membuat surat lamaran kerja yang lebih menarik.

4. Buat Surat Lamaran yang Sopan

Jangan lupa untuk membuat surat lamaran kerja yang sopan dengan menggunakan bahasa yang formal. Hindari menggunakan bahasa yang tidak pantas dan jangan mencantumkan informasi yang tidak diperlukan ke dalam surat lamaran kerja.

5. Gunakan Format yang Benar

Gunakan format surat resmi yang benar seperti menambahkan informasi tentang siapa yang layak menerima surat lamaran, mengapa kamu mengajukan permohonan ini, alasan kamu ingin bekerja di perusahaan itu, daftar pengalaman kerja terakhir kamu, dan lain-lain. Format surat yang benar akan membuat surat lamaran terlihat profesional dan mudah dibaca.

6. Buat Surat Lamaran yang Unik

Agar surat lamaran kerja kamu menonjol dari yang lain, cobalah memasukkan informasi yang unik dan berbeda dalam surat lamaran kamu. Misalnya, informasi tentang keahlian yang jarang dimiliki oleh orang lain namun sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

7. Jangan Menyalin Surat Lamaran dari Tempat Lain

Menyalin surat lamaran kerja dari tempat lain dianggap tidak profesional dan bisa membuat kamu kalah bersaing dengan orang lain. Cobalah membuat surat lamaran kerja sesuai dengan kepribadianmu sendiri agar terlihat lebih otentik.

8. Cantumkan Pengalaman Kerja dan Keahlianmu di CV

Curriculum vitae (CV) adalah salah satu dokumen penting yang perlu kamu lampirkan bersama surat lamaran kerja. Cantumkan pengalaman kerja dan keahlianmu dengan jelas di CV agar HRD bisa mendapatkan informasi yang lebih detail tentang dirimu.

TRENDING šŸ”„  Cara Menghilangkan Bintik Bintik di Hidung

9. Periksa Kembali Surat Lamaran Sebelum Dikirim

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan surat lamaran kerja dan CV yang kamu buat bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu sangat memperhatikan detail dan merespon kesempatan ini dengan serius.

10. Kirim Surat Lamaran dengan Waktu yang Tepat

Proses penerimaan surat lamaran biasanya bergantung pada waktu yang kamu kirimkan. Kirim surat lamaran kerja tepat waktu, dan jangan menunda-nunda. Jika perusahaan menerima berkas lamaran kerja sebelum batas waktu pendaftaran ditutup, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima.

11. Jangan Merendahkan Diri di Surat Lamaran

Jangan merendahkan diri dengan menggunakan sebuah bahasa yang tidak pantas. Ketika menulis surat lamaran, tetaplah mempertahankan keyakinan diri dan kepercayaan yang baik pada dirimu sendiri. Berikan alasan dan ketrampilan apa yang membuatmu menjadi calon terbaik untuk dijadikan karyawan di perusahaan tersebut.

12. Hindari Hal-Hal yang Bersifat Pribadi dalam Surat Lamaran

Upayakan untuk tidak membicarakan masalah-masalah pribadi atau agama dalam surat lamaran kerja kamu. Fokuskan diri pada keahlian dan pengalaman kerja yang kamu miliki, serta kemampuanmu di bidang yang dipersyaratan dalam posisi yang kamu lamar.

13. Hindari Surat Lamaran Kerja yang Terlihat Sombong

Tetaplah rendah hati dalam penulisan surat lamaran kerja. Jangan terlalu sombong namun tetap menunjukkan keyakinan mutlak kamu terhadap keahlian dan pengalamanmu dengan cara yang terhormat dan santun.

14. Gunakan Kata-kata yang Menjual dan Menarik

Gunakan kata-kata yang menarik perhatian HRD dalam surat lamaran kerja kamu. Hindari kata-kata biasa yang dapat ditemukan pada surat lamaran kerja orang lain.

15. Buat Perkenalan Diri yang Baik di Paragraf Pembuka

Di bagian pembuka surat lamaran kerja, perkenalkan dirimu dengan jelas. Sebutkan nama lengkapmu, posisi yang kamu lamar, dan sumber informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. Ini akan membantu HRD memahami tentang dirimu dan mempertimbangkanmu sebagai calon terbaik.

16. Jangan Terlalu Panjang dalam Menjelaskan Pengalaman Kerja

Ketika menuliskan pengalaman kerja, hindari menjelaskan secara terlalu panjang dan detail. Cukup berikan deskripsi singkat tentang tugas dan tanggung jawabmu di posisi sebelumnya dan contoh proyek yang sudah kamu kerjakan untuk menunjukkan kemampuanmu.

17. Gunakan Pengalaman Kerja yang Relevan

Hanya jelaskan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Cukup jelaskan pengalaman kerja yang memang relevan dengan posisi dan tugas yang akan kamu kerjakan di perusahaan tersebut.

18. Jangan Merubah Fakta dalam CV

Jangan merubah fakta penting di CV kamu, seperti pengalaman kerja atau pendidikanmu. Hal ini bisa membuatmu dianggap tidak jujur dan tidak bisa dipercaya.

19. Buat Surat Lamaran Kerja yang Menarik Secara Visual

Gambar atau grafik seringkali lebih menarik daripada pernyataan teks. Cobalah untuk memasukkan beberapa elemen visual ke dalam surat lamaran kerja kamu. Namun, pastikan bahwa elemen visual yang kamu pilih sesuai dan relevan dengan isi surat lamaran kamu.

20. Tambahkan Pertanyaan Umum pada Paragraf Akhir

Tambahkan sebuah pertanyaan umum di akhir surat lamaran kerjamu. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut dan mempertanyakan detail tentang bagaimana keadaan perusahaan pada saat ini.

Frequently Asked Questions (FAQ)

No Pertanyaan Jawaban
1 Apa yang membuat sebuah surat lamaran kerja menjadi menarik? Isi surat lamaran kerja harus jelas dan menarik, serta disiapkan dengan format yang benar. Hindari menggunakan bahasa yang tidak pantas dan jangan mencantumkan informasi yang tidak diperlukan ke dalam surat lamaran kerja.
2 Apa yang harus saya tulis dalam CV? Cantumkan pengalaman kerja dan keahlianmu dengan jelas di CV agar HRD bisa mendapatkan informasi yang lebih detail tentang dirimu.
3 Jika saya tidak memiliki pengalaman kerja, bagaimana menulis lamaran kerja yang sesuai? Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menulis tentang prestasi akademikmu dan kegiatan-kegiatan yang kamu ikuti selama kuliah.
4 Apakah saya perlu memasukkan foto pada surat lamaran kerja? Tidak, kamu tidak perlu memasukkan foto dalam surat lamaran kerja. Fokuslah pada informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlianmu.
5 Apakah saya harus menyebutkan gaji yang diinginkan dalam surat lamaran kerja? Sebaiknya kamu mencantumkan gaji yang kamu inginkan dalam rangka memberikan gambaran tentang perkiraan gaji yang kamu harapkan. Namun, hindari mencantumkan gaji yang terlalu tinggi dan tidak realistis.
TRENDING šŸ”„  Cara Daftar Prakerja Online

Cara Membuat Lamaran Kerja yang Benar