Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah

>Hello Sohib EditorOnline! Siapa yang tidak suka mie? Mie adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Ada banyak jenis mie yang tersedia, tetapi hari ini kita akan membicarakan tentang mie tek tek kuah. Mie tek tek kuah sangat populer di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mari kita lihat bagaimana cara membuatnya!

Bahan-bahan

Untuk membuat mie tek tek kuah, Anda memerlukan beberapa bahan. Berikut adalah daftar bahan yang Anda butuhkan:

Bahan Jumlah
Mie Tek Tek 500 gram
Air 2 liter
Daging Ayam 200 gram
Bawang Putih 3 siung
Bawang Merah 5 siung
Jahe 1 jari
Garam secukupnya
Lada Hitam secukupnya
Buah Tomat 2 buah
Buah Cabai 2 buah
Daun Bawang secukupnya
Daun Seledri secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat mie tek tek kuah:

1. Persiapan

Pertama, siapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Cuci daging ayam dan potong menjadi dadu kecil. Cuci tomat dan cabai, dan potong menjadi ukuran kecil. Iris bawang putih, bawang merah, dan jahe.

2. Tumis Bumbu

Panaskan sedikit minyak di atas api sedang. Tumis bawang putih, bawang merah, dan jahe sampai harum. Tambahkan daging ayam dan tumis hingga berubah warna. Masukkan tomat dan cabai, aduk rata.

3. Masak Mie Tek Tek

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan mie tek tek dan rebus selama 3-4 menit. Tiriskan mie dan sisihkan di mangkuk.

4. Buat Kuah

Masukkan tumisan bumbu yang sudah siap ke dalam air rebusan mie. Tambahkan garam dan lada hitam secukupnya. Biarkan mendidih selama 5-10 menit.

5. Sajikan

Tuangkan kuah ke atas mie tek tek yang sudah disiapkan dalam mangkuk. Taburi daun bawang dan seledri yang sudah diiris tipis. Mie tek tek kuah siap disajikan!

FAQ

1. Apa itu mie tek tek?

Mie tek tek adalah mie khas Yogyakarta yang dibuat dengan cara diuleni menggunakan kaki hewan atau kayu. Teksturnya yang unik membuat mie tek tek berbeda dengan mie yang lain.

2. Apakah mie tek tek kuah pedas?

Mie tek tek kuah bisa dibuat pedas atau tidak, tergantung selera. Anda bisa menambahkan lebih banyak cabai untuk membuatnya lebih pedas.

TRENDING 🔥  Cara Memuaskan Suami di Ranjang

3. Dapatkah saya membuat mie tek tek tanpa daging ayam?

Tentu saja! Anda bisa membuat mie tek tek kuah tanpa daging ayam dan tetap memperoleh rasa yang lezat.

4. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat mie tek tek kuah?

Waktu yang diperlukan untuk membuat mie tek tek kuah sekitar 30-45 menit.

5. Apakah mie tek tek kuah bisa disimpan dalam freezer?

Karena mie tek tek kuah mengandung air, lebih baik tidak menyimpannya dalam freezer. Jika ingin menyimpannya, pastikan untuk menyimpan mie tek tek dan kuah terpisah, lalu simpan dalam kulkas dan segera habiskan dalam waktu 1-2 hari.

Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah