Cara Membuat Kwetiau Kuah

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu suka makanan yang praktis dan enak? Jika iya, kamu harus mencoba kwetiau kuah. Kwetiau kuah adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Kwetiau kuah adalah hidangan mie basah berkuah gurih yang terdiri dari mie kwetiau, sayuran, bakso, dan daging/ayam. Jika kamu ingin membuat kwetiau kuah yang lezat di rumah, simak artikel ini sampai selesai.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum membuat kwetiau kuah, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Mie kwetiau 200 gram
Sawi 100 gram
Bakso 5 buah
Baso ikan 5 buah
Ayam fillet 100 gram
Bawang merah 3 butir
Bawang putih 2 siung
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Kecap manis 1 sendok makan
Kecap asin 1 sendok makan
Garam secukupnya
Air 1,5 liter

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas. Cuci bersih semua sayuran dan potong-potong sesuai selera. Iris halus bawang merah dan bawang putih. Potong-potong ayam fillet dan bakso.

2. Rebus Mie Kwetiau

Rebus mie kwetiau dalam air mendidih selama 2-3 menit hingga lunak. Setelah mie selesai direbus, tiriskan dan sisihkan.

3. Tumis Bumbu

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan ayam fillet dan tumis hingga ayam berubah warna. Masukkan bakso dan baso ikan. Aduk rata.

4. Masak Kuah

Tuang air dalam tumisan ayam dan bakso. Tambahkan garam, merica bubuk, kecap manis, dan kecap asin. Aduk rata dan biarkan mendidih.

5. Sajikan

Siapkan mangkuk saji. Taruh mie kwetiau dan sayuran di dalam mangkuk. Siram dengan kuah panas. Kwetiau kuah siap disajikan.

FAQ

1. Bagaimana cara memilih mie kwetiau yang baik?

Untuk memilih mie kwetiau yang baik, pastikan mie tersebut fresh dan tidak terlalu lama disimpan. Pilih mie kwetiau yang berwarna putih, bersih, dan tidak pecah-pecah.

2. Bisakah saya menggunakan daging sapi sebagai pengganti ayam atau baso?

Tentu saja bisa! Kamu bisa menggunakan daging sapi sebagai pengganti ayam atau baso. Potong daging sapi tipis-tipis dan tumis bersama dengan bumbu.

TRENDING 🔥  Cara Mengganti Foto KTP

3. Bagaimana cara membuat kuah yang lebih kental?

Jika kamu ingin kuah yang lebih kental, tambahkan beberapa sendok tepung maizena pada kuah ketika sedang mendidih. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung maizena.

4. Apakah kwetiau kuah bisa disimpan dalam lemari es?

Bisa. Kamu bisa menyimpan kwetiau kuah yang sudah didinginkan dalam lemari es selama 1-2 hari. Untuk menghangatkan, rebus kwetiau kuah dalam air mendidih selama 2-3 menit hingga kuah panas.

5. Apa yang bisa ditambahkan ke dalam kwetiau kuah selain sayuran dan daging?

Kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain untuk menambah rasa kwetiau kuah, seperti telur pindang, jamur, atau udang. Kamu juga bisa menambahkan saus sambal atau saus tomat untuk memberi rasa pedas atau manis.

Itulah resep cara membuat kwetiau kuah yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kwetiau Kuah