Cara Membuat Puding Roti Tawar

>Selamat datang, Sohib EditorOnline! Bagi penggemar puding, terutama puding roti tawar, kali ini saya akan berbagi resep dan cara membuatnya yang mudah di rumah. Puding roti tawar adalah puding ala western yang terbuat dari roti tawar yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bahan lain seperti susu, telur, gula, dan rempah-rempah. Yuk, simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat puding roti tawar, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Roti tawar 4-5 lembar
Telur 3 butir
Gula pasir 100 gram
Susu cair 500 ml
Vanili 1 sendok teh
Cinnamon powder 1/2 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Keju cheddar 50 gram

Cara Membuat Puding Roti Tawar

1. Persiapan

Pertama-tama, siapkan oven dan panaskan pada suhu 180 derajat Celsius. Sementara itu, potong roti tawar menjadi potongan kecil-kecil dan letakkan di dalam loyang yang sudah diolesi mentega atau minyak goreng.

Setelah itu, siapkan mangkuk dan campurkan susu cair, gula pasir, vanili, cinnamon powder, dan garam. Aduk rata dan sisihkan.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Setelah roti tawar disiapkan dan campuran susu juga sudah disiapkan, kocok telur hingga berbusa dan campurkan dengan campuran susu tadi. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Tuang campuran susu dan telur ke dalam loyang yang sudah berisi roti tawar. Pastikan semua roti tawar terendam oleh campuran susu dan telur.

3. Panggang di Oven

Selanjutnya, panggang adonan puding roti tawar di dalam oven yang sudah panas selama 30-40 menit atau hingga matang. Kamu bisa memeriksa kematangan puding dengan menusuknya dengan garpu. Jika garpu keluar bersih, artinya puding sudah matang.

Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit. Baru kemudian potong kecil-kecil jika sudah cukup dingin.

4. Sajikan dengan Keju Cheddar

Puding roti tawar sudah siap disajikan dan bisa dinikmati bersama dengan keju cheddar yang diparut halus. Nikmati puding roti tawar yang lezat dan bergizi ini bersama keluarga di rumah.

FAQ tentang Puding Roti Tawar

Apa saja variasi bahan untuk puding roti tawar?

Untuk variasi bahan dalam membuat puding roti tawar, kamu bisa menambahkan kismis, kacang-kacangan cincang, atau buah-buahan potong kecil-kecil seperti apel atau pisang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tambahan aroma lain seperti coklat atau pandan.

TRENDING 🔥  Cara Kirim Pulsa Telkomsel Ke Indosat

Berapa lama puding roti tawar bisa disimpan?

Puding roti tawar yang sudah matang bisa disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Namun, pastikan untuk menutup rapat wadah penyimpanan dan jangan lupa untuk memanaskan kembali sebelum disajikan.

Bisakah puding roti tawar dibuat tanpa oven?

Tentu saja bisa. Kamu bisa memanggangnya di atas kompor dengan api kecil dan menggunakan wajan anti lengket. Namun, pastikan kamu terus memantau proses memanggang agar tidak terbakar atau tidak matang secara merata. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan rice cooker atau slow cooker untuk membuat puding roti tawar tanpa oven.

Bisakah puding roti tawar disajikan dingin?

Tentu saja bisa. Puding roti tawar yang sudah matang bisa disajikan dingin atau di dinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas sebelum disajikan. Sajikan bersama dengan topping yang kamu suka.

Apakah puding roti tawar bisa dijadikan camilan?

Tentu saja bisa. Puding roti tawar yang lezat dan bergizi bisa dijadikan camilan atau makanan penutup setelah makan siang atau makan malam. Kamu bisa menyajikannya bersama teh atau kopi untuk menemani ngobrol bersama keluarga atau teman-teman.

Cara Membuat Puding Roti Tawar