Cara Salat Tarawih

>Hello Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel kami tentang cara melakukan salat tarawih. Salat tarawih adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah melakukan salat tarawih secara detail.

Apa itu Salat Tarawih?

Salat tarawih adalah salat sunnah yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan. Salat ini dilakukan setelah salat isya dan sebelum salat witir. Salat tarawih biasanya dilakukan di masjid atau di rumah bersama keluarga.

Pada umumnya, salat tarawih terdiri dari 8, 12, atau 20 rakaat tergantung pada tradisi masing-masing wilayah. Selama salat tarawih, umat muslim membaca Al-Quran dan melakukan gerakan-gerakan salat yang sama dengan salat fardhu.

Mengapa Salat Tarawih Dilakukan?

Salat tarawih dilakukan sebagai bentuk ibadah dan penghormatan kepada Allah SWT selama bulan Ramadan. Selain itu, salat tarawih juga membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat muslim.

Dalam salat tarawih, umat muslim membaca Al-Quran secara berjamaah dan secara bergantian antara imam dan makmum. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan memperbaiki tajwid.

Langkah-Langkah Melakukan Salat Tarawih

Berikut adalah langkah-langkah melakukan salat tarawih:

Langkah Deskripsi
1 Berwudhu
2 Membaca niat salat tarawih
3 Melakukan takbiratul ihram
4 Membaca surat al-Fatihah dan surat lainnya secara berjamaah
5 Melakukan rukuk dan sujud seperti dalam salat fardhu
6 Melakukan tahiyat akhir dan salam
7 Melakukan salat witir setelah salat tarawih

1. Berwudhu

Sebelum melakukan salat tarawih, umat muslim harus berwudhu terlebih dahulu. Berwudhu adalah membersihkan diri dengan menggunakan air suci. Langkah-langkah berwudhu adalah sebagai berikut:

  1. Bismillah
  2. Membasuh tangan kanan hingga pergelangan tangan sebanyak 3 kali
  3. Bersiwak (opsional)
  4. Membasuh mulut dan hidung sebanyak 3 kali
  5. Membasuh wajah sebanyak 3 kali
  6. Membasuh tangan kiri hingga pergelangan tangan sebanyak 3 kali
  7. Mengusap kepala sebanyak 1 kali
  8. Membasuh kaki kanan hingga mata kaki sebanyak 3 kali
  9. Membasuh kaki kiri hingga mata kaki sebanyak 3 kali

Setelah berwudhu, umat muslim siap untuk melakukan salat tarawih.

2. Membaca Niat Salat Tarawih

Sebelum melakukan salat tarawih, umat muslim harus membaca niat terlebih dahulu. Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu ibadah. Niat salat tarawih bisa dibaca dengan ucapan sebagai berikut:

“Aku niat salat tarawih dua belas rakaat karena Allah ta’ala.”

Niat bisa dibaca dalam hati atau dengan suara yang pelan.

3. Melakukan Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat salat tarawih, umat muslim melakukan takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah ucapan Allahu Akbar yang menandakan dimulainya salat. Umat muslim melakukan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar”.

TRENDING 🔥  Cara Memindahkan Akun ML ke HP Lain

4. Membaca Surat al-Fatihah dan Surat Lainnya Secara Berjamaah

Setelah melakukan takbiratul ihram, umat muslim membaca surat al-Fatihah dan surat lainnya secara berjamaah. Surat al-Fatihah adalah surat yang wajib dibaca dalam setiap salat. Surat lainnya bisa dibaca sesuai dengan pilihan masing-masing.

Setelah membaca surat, umat muslim melakukan rukuk dan sujud seperti dalam salat fardhu.

5. Melakukan Rukuk dan Sujud Seperti dalam Salat Fardhu

Setelah membaca surat, umat muslim melakukan rukuk dan sujud seperti dalam salat fardhu. Gerakan rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan hingga tangan menyentuh lutut dan membaca “subhanallah rabbiyal adzim” sebanyak 3 kali. Gerakan sujud dilakukan dengan membungkukkan badan hingga dahi dan hidung menyentuh lantai dan membaca “subhanallah rabbiyalala” sebanyak 3 kali.

6. Melakukan Tahiyat Akhir dan Salam

Setelah melakukan rakaat terakhir, umat muslim melakukan tahiyat akhir dan salam. Tahiyat akhir adalah membaca “at-tahiyatu lillahi was shalawatu wattayyibat. Assalamu’alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” sebagai tanda akhir dari salat. Setelah itu, umat muslim melakukan salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri sambil membaca “assalamu’alaikum warahmatullah”.

7. Melakukan Salat Witir Setelah Salat Tarawih

Setelah melakukan salat tarawih, umat muslim disarankan untuk melakukan salat witir. Salat witir adalah salat sunnah yang dilakukan setelah salat tarawih atau setelah tidur malam. Salat witir terdiri dari 1, 3, atau 5 rakaat tergantung dari tradisi masing-masing wilayah.

FAQ

1. Apakah Salat Tarawih Wajib?

Salat tarawih adalah salat sunnah yang tidak wajib. Namun, salat tarawih sangat dianjurkan dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan.

2. Berapa Rakaat Salat Tarawih?

Salat tarawih terdiri dari 8, 12, atau 20 rakaat tergantung pada tradisi masing-masing wilayah. Namun, jumlah rakaat tidak menjadi masalah selama dilakukan dengan khusyuk dan penuh keikhlasan.

3. Apakah Perempuan Boleh Melakukan Salat Tarawih di Masjid?

Perempuan boleh melakukan salat tarawih di masjid namun disarankan untuk melakukan salat tarawih di rumah bersama keluarga.

4. Apakah Salat Witir Wajib Setelah Salat Tarawih?

Salat witir tidak wajib dilakukan setelah salat tarawih namun sangat dianjurkan untuk dilakukan.

5. Apakah Salat Tarawih Boleh Dilakukan di Rumah?

Salat tarawih boleh dilakukan di rumah bersama keluarga namun disarankan untuk dilakukan di masjid bersama-sama dengan umat muslim lainnya.

Demikianlah artikel kami tentang cara salat tarawih. Semoga bermanfaat untuk Anda semua dan dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan selama bulan Ramadan. Terima kasih sudah membaca.

Cara Salat Tarawih