Cara Membuat Riwayat Hidup

>Hello Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara membuat riwayat hidup atau biasa disebut CV (Curriculum Vitae) dengan mudah dan efektif. Sebagai pemula, mungkin terasa rumit untuk membuat CV yang menarik perhatian perusahaan yang Anda targetkan. Namun, jangan khawatir karena dengan tips-tips yang kami berikan, Anda dapat membuat CV yang profesional dan menarik.

Pendahuluan

Sebelum kita mulai membahas tentang CV, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa CV adalah salah satu dokumen yang sangat penting dalam mencari pekerjaan. CV adalah satu-satunya kesempatan Anda untuk menunjukkan kemampuan dan pengalaman Anda kepada perusahaan. CV yang baik harus memberikan gambaran lengkap tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda. Jadi, mari kita mulai membuat CV yang menarik.

Apa itu CV?

CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae, yang berasal dari bahasa Latin yang berarti “perjalanan hidup”. CV merupakan dokumen formal yang menjelaskan pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan prestasi seseorang. CV digunakan untuk melamar pekerjaan atau pengajuan beasiswa, dan memberikan informasi lengkap tentang diri Anda.

Apa Bedanya CV dan Resume?

Banyak orang yang bingung antara CV dan resume. Meskipun keduanya adalah dokumen untuk melamar pekerjaan, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya. CV lebih detail dan rinci, dan biasanya lebih panjang, sedangkan resume lebih ringkas dan singkat. CV sering digunakan untuk melamar pekerjaan akademis atau di bidang riset, sedangkan resume lebih umum digunakan di bidang bisnis atau industri.

Siapa yang Memerlukan CV?

CV diperlukan oleh siapa saja yang ingin melamar pekerjaan, baik itu fresh graduate atau yang sudah berpengalaman. CV menjadi syarat penting dalam proses seleksi rekrutmen, sehingga perlu dibuat dengan sebaik mungkin.

Tips Membuat CV

Pilih Format yang Tepat

Pertama-tama, pilih format CV yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak format CV yang dapat dipilih, seperti format kronologis, fungsional, atau kombinasi dari keduanya. Pilih format yang sesuai dengan pengalaman kerja dan keterampilan Anda.

Pilih Bahasa yang Jelas dan Tepat

Pilih kata-kata yang mudah dipahami dan sederhana, serta hindari penggunaan bahasa yang berlebihan atau terlalu formal. Tujuannya adalah agar informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

Ketahui Tujuan CV

Ketahui tujuan CV Anda sebelum membuatnya. Pertimbangkan posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar dan sertakan informasi dan keterampilan yang relevan dengan posisi tersebut. Jangan menyertakan informasi yang tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Rancang CV dengan Rapi

Rancang CV dengan rapi dan mudah dibaca. Jangan membuat CV terlalu padat dan terkesan penuh informasi, sehingga sulit dibaca oleh pihak perusahaan. Bagi CV menjadi beberapa bagian dan berikan spasi yang cukup agar mudah dibaca.

Sertakan Informasi yang Dibutuhkan

Sertakan informasi yang dibutuhkan, seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang dimiliki. Sebisa mungkin sertakan informasi yang membuat Anda menonjol dan berbeda dari pelamar lainnya. Berikan deskripsi singkat dan padat tentang pengalaman kerja dan pendidikan, serta sertakan prestasi yang pernah diraih.

TRENDING 🔥  Cara Membersihkan Printer Epson

Perhatikan Detail

Perhatikan detail penting dalam CV, seperti kesalahan penulisan, tata letak, dan format. Sebisa mungkin periksa kembali CV Anda agar tidak ada kesalahan penulisan atau tata letak yang salah.

Gunakan Format PDF

Gunakan format PDF untuk mengirim CV kepada perusahaan. Format PDF lebih aman dan terlihat lebih profesional daripada format word biasa.

Buat CV yang Sesuai dengan Branding Diri

Buat CV yang sesuai dengan branding diri Anda. Sesuaikan format dan tampilan CV dengan kepribadian dan gaya Anda.

Update CV Anda Secara Berkala

Update CV Anda secara berkala, terutama jika ada pengalaman kerja atau keterampilan baru yang didapatkan. Jangan lupa untuk memperbarui informasi kontak dan portofolio Anda.

Langkah-Langkah Membuat CV

1. Data Pribadi

Pertama-tama, sertakan data pribadi Anda pada bagian awal CV, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan Anda memberikan informasi kontak yang valid dan mudah dihubungi oleh pihak perusahaan.

2. Riwayat Pendidikan

Setelah itu, sertakan riwayat pendidikan Anda, seperti nama sekolah atau perguruan tinggi, jurusan, dan tingkat pendidikan yang telah ditempuh. Jangan lupa untuk menyertakan prestasi dan hasil ujian yang pernah diraih.

3. Pengalaman Kerja

Selanjutnya, sertakan pengalaman kerja Anda, seperti nama perusahaan, posisi yang pernah dijabat, tanggung jawab yang diemban, dan durasi bekerja. Jangan lupa untuk menyertakan prestasi yang pernah diraih selama bekerja di perusahaan tersebut.

4. Keterampilan

Sertakan keterampilan yang dimiliki dan relevan dengan posisi yang ingin Anda lamar. Keterampilan tersebut bisa meliputi keterampilan teknis, keterampilan manajemen, atau keterampilan interpersonal.

5. Portofolio

Sertakan portofolio yang relevan dengan posisi yang ingin Anda lamar. Portofolio bisa berupa proyek yang pernah dikerjakan, tulisan, atau apapun yang menunjukkan kemampuan dan keterampilan Anda.

6. Referensi

Sertakan referensi yang dapat memberikan rekomendasi tentang kemampuan Anda. Pastikan Anda telah meminta izin dari orang tersebut untuk menyertakan nama dan kontaknya di CV Anda.

Contoh CV Sederhana

Berikut adalah contoh CV sederhana yang dapat dijadikan referensi dalam membuat CV Anda sendiri.

No Bagian Deskripsi
1 Data Pribadi Nama Lengkap: Sarah Amelia Jenis Kelamin: Perempuan Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 12 Mei 1995 Alamat: Jalan Kebayoran Lama No. 45, Jakarta Selatan Nomor Telepon: 08123456789 Email: sarahamelia@gmail.com
2 Riwayat Pendidikan SMA Negeri 1 Jakarta (2010-2013) Jurusan IPA Universitas Indonesia (2013-2017) Jurusan Teknik Informatika
3 Pengalaman Kerja PT XYZ (2017-2020) Junior Software Engineer – Membangun aplikasi mobile menggunakan React Native – Mengembangkan fitur-fitur baru dalam aplikasi – Menguji dan melakukan debugging pada aplikasi
4 Keterampilan – Bahasa Pemrograman: Java, Python – Framework: React Native, Django – Desain Grafis: Adobe Photoshop – Bahasa Inggris: Aktif
5 Portofolio – Aplikasi E-commerce (React Native): https://github.com/sarahamelia/e-commerce – Aplikasi Chatting (Django): https://github.com/sarahamelia/chat-app
6 Referensi Dr. John Doe, Dosen Teknik Informatika UI, john.doe@ui.ac.id

FAQ

1. Apakah CV harus disertakan dengan foto?

Tidak harus, kecuali jika diminta oleh pihak perusahaan. Namun, jika Anda ingin menyertakan foto, pastikan foto tersebut terlihat profesional dan sesuai dengan posisi yang ingin Anda lamar.

2. Berapa halaman CV yang ideal?

CV yang baik sebaiknya tidak lebih dari dua halaman. Namun, jika Anda memiliki pengalaman kerja atau pendidikan yang panjang, maka CV Anda bisa lebih dari dua halaman.

3. Apakah CV harus disesuaikan dengan setiap posisi yang dilamar?

Iya, CV sebaiknya disesuaikan dengan setiap posisi yang dilamar. Sesuaikan pengalaman, pendidikan, dan keterampilan dengan posisi yang ingin Anda lamar.

4. Kapan waktu yang tepat untuk memperbarui CV?

Waktu yang tepat untuk memperbarui CV adalah setelah Anda mendapatkan pengalaman kerja baru atau menyelesaikan pendidikan baru.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Gigitan Nyamuk pada Bayi

5. Apa yang harus dilakukan jika tidak memiliki pengalaman kerja?

Jika tidak memiliki pengalaman kerja, sertakan informasi tentang pendidikan dan keterampilan yang dimiliki. Jangan lupa untuk menyertakan prestasi yang pernah diraih selama di sekolah atau perguruan tinggi.

Sekian artikel kami tentang cara membuat riwayat hidup atau CV. Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat CV yang menarik dan efektif dalam melamar pekerjaan. Terima kasih telah membaca!

Cara Membuat Riwayat Hidup