Cara Membuat Akar di Word

>Halo Sohib EditorOnline! Apakah kamu pernah merasa kesulitan saat menulis rumus matematika di Microsoft Word? Khususnya saat ingin menulis akar. Tenang saja, kali ini kita akan membahas cara membuat akar di Word dengan mudah dan cepat. Yuk simak artikel berikut ini!

Pengertian Akar

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat akar di Word, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu akar. Akar adalah suatu operasi matematika yang digunakan untuk mencari angka yang apabila dipangkatkan dengan bilangan tertentu akan menghasilkan nilai yang sama dengan bilangan tersebut. Contohnya, akar kuadrat dari 25 adalah 5, karena 5 pangkat 2 sama dengan 25.

Akar Kuadrat

Akar kuadrat adalah akar dengan pangkat 2. Cara menulis akar kuadrat di Word adalah sebagai berikut:

Kode Rumus Hasil
sqrt sqrt angka yang akan diakarkan √25

Dalam tabel di atas, angka yang akan diakarkan bisa diganti dengan angka lain sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pangkat dengan menulis di belakang rumus akar. Contohnya, sqrt[3]{125} akan menghasilkan akar pangkat 3 dari 125.

Akar Pangkat Lain

Selain akar kuadrat, terdapat juga akar pangkat lain seperti akar pangkat 3, 4, dan seterusnya. Cara menulis akar pangkat lain di Word adalah sebagai berikut:

Kode Rumus Hasil
sqrt[n] sqrt[n] angka yang akan diakarkan sqrt[3]{8}

Pada rumus di atas, n digantikan dengan pangkat yang diinginkan, dan angka yang akan diakarkan bisa diganti dengan angka lain. Misalnya, sqrt[4]{16} akan menghasilkan akar pangkat 4 dari 16.

Cara Membuat Akar di Word

Langkah 1: Buka Microsoft Word

Langkah pertama tentu saja membuka aplikasi Microsoft Word di komputer atau laptop kamu. Kemudian pilih lembar kerja yang akan digunakan.

Langkah 2: Tambahkan Simbol Akar

Setelah membuka Microsoft Word, kamu harus menambahkan simbol akar ke dalam dokumen tersebut. Kamu bisa menambahkan simbol akar dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tempat di mana kamu ingin menambahkan simbol akar.
  2. Klik tab “Insert” di menu bar.
  3. Pilih opsi “Symbol” di grup “Symbols”.
  4. Pada opsi “Symbol”, klik tanda panah ke bawah di bawah “Equation” dan pilih simbol akar.
  5. Klik tombol “Insert”.

Langkah 3: Tulis Angka yang Akan Diakarkan

Setelah menambahkan simbol akar, kamu bisa menulis angka yang akan diakarkan di bawahnya. Misalnya, jika kamu ingin menulis akar kuadrat dari 25, kamu bisa menulis seperti berikut:

TRENDING 🔥  Cara Mendapatkan Kartu Vaksin: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

sqrt 25

Hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini:

Akar Kuadrat Dari 25
Akar Kuadrat Dari 25 Source Bing.com

Langkah 4: Tambahkan Pangkat (Opsional)

Jika kamu ingin menambahkan pangkat pada akar, kamu bisa menuliskannya di belakang rumus akar. Misalnya, jika kamu ingin menulis akar pangkat 3 dari 27, kamu bisa menulis seperti berikut:

sqrt[3]{27}

Hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini:

Akar Pangkat 3 Dari 27
Akar Pangkat 3 Dari 27 Source Bing.com

FAQ

1. Apa itu akar?

Akar adalah suatu operasi matematika yang digunakan untuk mencari angka yang apabila dipangkatkan dengan bilangan tertentu akan menghasilkan nilai yang sama dengan bilangan tersebut.

2. Bagaimana cara menulis akar di Word?

Kamu bisa menambahkan simbol akar ke dalam dokumen Word, kemudian menulis angka yang akan diakarkan di bawahnya. Jika ingin menambahkan pangkat, kamu bisa menuliskannya di belakang rumus akar.

3. Apa yang dimaksud dengan akar kuadrat?

Akar kuadrat adalah akar dengan pangkat 2. Contohnya, akar kuadrat dari 25 adalah 5, karena 5 pangkat 2 sama dengan 25.

4. Bagaimana cara menulis akar pangkat lain di Word?

Kamu bisa menggunakan rumus sqrt[n] angka yang akan diakarkan, di mana n digantikan dengan pangkat yang diinginkan. Misalnya, sqrt[3]{8} akan menghasilkan akar pangkat 3 dari 8.

5. Apakah ada opsi shortcut untuk menambahkan simbol akar di Word?

Ya, kamu bisa menambahkan simbol akar dengan menekan tombol “Alt” dan “=”. Namun, shortcut ini hanya berlaku pada beberapa versi Microsoft Word.

Cara Membuat Akar di Word