Cara Membuat Cover Letter: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Salam hangat untuk Sohib EditorOnline! Apakah kamu sedang mencari pekerjaan dan membutuhkan panduan untuk membuat cover letter yang baik dan benar? Jangan khawatir, dalam artikel ini kamu akan mendapatkan tips dan trik untuk membuat cover letter yang akan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. Simak artikel ini dengan teliti ya!

Pendahuluan

Cover letter adalah surat pengantar yang kamu kirimkan bersama dengan CV atau resumemu. Cover letter menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga kesan profesional dan memberikan gambaran singkat tentang dirimu kepada perekrut. Oleh karena itu, kamu perlu membuat cover letter yang baik dan menarik untuk memperoleh kesan positif dan meningkatkan peluangmu untuk diundang interview.

Apa yang Harus Ada dalam Cover Letter?

Sebelum kita membahas cara membuat cover letter yang baik, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja yang harus ada dalam cover letter:

Elemen Penjelasan
Heading Isi dengan nama dan alamat lengkapmu serta tanggal mengirim surat.
Salutation Isi dengan nama perekrut jika dapat ditemukan, atau tulis “Dear Hiring Manager”.
Introduction Singkatkan pengenalan diri dan sumber informasi tentang lowongan pekerjaan.
Body Paragraphs Jelaskan mengapa kamu tertarik dengan pekerjaan dan bagaimana pengalamanmu sesuai dengan persyaratan pekerjaan.
Closing Paragraph Ungkapkan minatmu untuk diundang interview, ucapkan terima kasih, dan tuliskan cara menghubungimu.
Complimentary Close Isi dengan ucapan terima kasih atau penghormatan seperti “Sincerely” atau “Best regards”.
Signature Isi dengan nama lengkapmu yang diikuti dengan tanda tangan.

Sudah paham dengan elemen-elemen yang harus ada dalam cover letter? Selanjutnya, mari kita bahas cara membuat cover letter yang baik dan menarik!

Cara Membuat Cover Letter yang Baik dan Menarik

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Perhatikan penggunaan bahasa kamu dalam cover letter. Gunakan bahasa yang jelas, formal, dan mudah dipahami agar dapat memberikan kesan profesional.

2. Sampaikan Informasi yang Relevan

Sampaikan informasi yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan. Jangan menyertakan informasi yang tidak relevan atau tidak mendukung pengalamanmu dalam posisi tersebut.

3. Jangan Menyalin CV atau Resume

Cover letter tidak boleh menyalin CV atau resume. Gunakan cover letter sebagai kesempatan untuk menjelaskan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana pengalamanmu cocok dengan persyaratan pekerjaan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Riwayat Hidup

4. Berikan Bukti Dukungan

Sertakan bukti dukungan dalam cover lettermu seperti penghargaan yang pernah kamu peroleh atau proyek yang pernah kamu kerjakan.

5. Sampaikan Nilai yang Kamu Bawa

Jelaskan nilai-nilai yang kamu bawa dan bagaimana kamu dapat memberikan dampak positif ke perusahaan.

6. Periksa Tata Bahasa dan Ejaan

Jangan lupa untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan dalam cover lettermu. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan yang dapat merusak kesan profesionalmu.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa yang Harus Saya Tulis dalam Salutation?

Saat tidak mengetahui nama perekrut, sebaiknya tuliskan “Dear Hiring Manager”. Namun, jika kamu mengetahui nama perekrut, tuliskan nama tersebut serta gelarnya dengan benar.

2. Apakah Saya Perlu Menulis Berapa Lama Pengalaman Kerja Saya?

Tidak perlu menulis berapa lama pengalaman kerjamu, cukup sebutkan posisi dan perusahaan yang pernah kamu kerjakan serta pengalamanmu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

3. Berapa Lama Cover Letter yang Ideal?

Cover letter yang ideal adalah satu halaman dengan tata bahasa dan ejaan yang benar. Usahakan agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

4. Bagaimana Jika Saya Tidak Memiliki Pengalaman dalam Posisi yang Saya Lamar?

Jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam posisi yang kamu lamar, jangan khawatir. Sebagai gantinya, sampaikan pengalamanmu dalam bidang yang terkait dengan posisi yang kamu lamar serta kemampuanmu yang mampu mendukung pekerjaan tersebut.

5. Apa yang Harus Saya Tulis dalam Closing Paragraph?

Dalam closing paragraph, sampaikan minatmu untuk diundang interview dan ucapkan terima kasih atas perhatian perusahaan. Sertakan juga cara menghubungimu seperti nomor telepon atau email.

Kesimpulan

Nah, itu dia tips dan trik untuk membuat cover letter yang baik dan menarik. Ingatlah bahwa cover letter merupakan kesempatanmu untuk memberikan gambaran dirimu kepada perekrut. Oleh karena itu, buatlah cover letter yang jelas, relevan, dan memberikan kesan profesional. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat cover letter yang sukses. Selamat mencoba!

Cara Membuat Cover Letter: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline