Cara Membuat Sugar Wax: Tips dan Trik dari Ahlinya

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini, kami akan berbagi tips dan trik tentang cara membuat sugar wax yang mudah di rumah. Sugar wax adalah salah satu jenis waxing yang saat ini sedang populer karena bisa dibuat sendiri dan terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk kulit. Semakin banyak orang yang beralih ke sugar waxing karena lebih ekonomis dan aman untuk kulit. Nah, berikut adalah tips dan trik tentang cara membuat sugar wax yang mudah di rumah.

Apa itu Sugar Wax?

Sugar wax adalah jenis waxing yang menggunakan campuran gula, air, dan lemon. Sugar waxing ini biasanya digunakan untuk menghilangkan bulu di wajah, ketiak, kaki, dan tangan. Salah satu keuntungan dari menggunakan sugar waxing adalah bahan-bahannya alami dan aman untuk kulit. Selain itu, sugar waxing juga lebih ekonomis dibandingkan dengan waxing yang dilakukan di salon.

Cara Membuat Sugar Wax

Cara membuat sugar wax cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sugar wax:

Bahan Jumlah
Gula 2 cangkir
Air 1/4 cangkir
Lemon 1 buah (peras airnya)

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat sugar wax:

  1. Campurkan gula, air, dan lemon dalam panci. Pastikan panci yang digunakan tahan panas dan aman untuk digunakan di atas kompor.
  2. Panaskan campuran tersebut dengan api kecil sampai gula larut dan adonan terlihat seperti karamel.
  3. Dinginkan campuran tersebut hingga suhunya nyaman untuk digunakan di kulit. Jangan sampai terlalu panas karena bisa membakar kulit.
  4. Siapkan kulit yang ingin diwax dengan membersihkannya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kain atau wax strip yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Gunakan spatula atau sendok untuk mengoleskan sugar wax pada kulit yang ingin diwax. Oleskan sugar wax dalam arah yang sama dengan arah pertumbuhan rambut.
  6. Tarik kain atau wax strip dengan cepat dalam arah yang berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut.
  7. Ulangi proses ini sampai semua bulu di area tersebut terangkat.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa bedanya sugar wax dan waxing biasa?

Sugar wax terbuat dari bahan-bahan alami dan lebih aman untuk kulit. Selain itu, sugar waxing juga lebih ekonomis dibandingkan dengan waxing yang dilakukan di salon.

TRENDING 🔥  Cara Mengobati Batuk Kering

2. Apakah sugar wax bisa digunakan di seluruh tubuh?

Ya, sugar wax bisa digunakan di seluruh tubuh seperti wajah, ketiak, kaki, dan tangan.

3. Apakah sugar wax bisa digunakan untuk kulit sensitif?

Ya, karena sugar wax terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga sugar wax bisa digunakan untuk kulit yang sensitif sekalipun. Namun, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu di kulit kecil sebelum menggunakan sugar wax secara keseluruhan.

4. Bagaimana cara membersihkan sisa sugar wax di kulit?

Cara membersihkan sisa sugar wax di kulit adalah dengan menggunakan air hangat dan sabun atau minyak zaitun. Anda bisa merendam kain atau kapas dalam air hangat yang ditambahkan dengan sabun atau minyak zaitun dan membersihkan sisa sugar wax secara perlahan-lahan.

5. Berapa lama bulu tidak akan tumbuh setelah menggunakan sugar wax?

Waktu tumbuhnya bulu setelah sugar waxing berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, umumnya bulu akan tumbuh kembali setelah 2-4 minggu.

Tips dan Trik

1. Perhatikan Suhu Sugar Wax

Pastikan sugar wax sudah cukup dingin sebelum digunakan. Jangan sampai terlalu panas karena akan membakar kulit.

2. Bersihkan Kulit Terlebih Dahulu

Bersihkan kulit terlebih dahulu sebelum melakukan waxing. Jangan menggunakan sugar wax di kulit yang sedang luka atau iritasi.

3. Gunakan Kain atau Wax Strip yang Bersih

Pastikan kain atau wax strip yang digunakan bersih dan sudah dipersiapkan sebelumnya. Jangan digunakan kain atau wax strip yang sudah dipakai sebelumnya.

4. Lakukan Waxing dengan Arah yang Sama dengan Arah Pertumbuhan Rambut

Lakukan waxing dengan arah yang sama dengan arah pertumbuhan rambut untuk menghindari rambut yang patah atau tidak terangkat dengan baik.

5. Gunakan Minyak Zaitun untuk Membersihkan Sisa Sugar Wax

Gunakan minyak zaitun untuk membersihkan sisa sugar wax di kulit. Minyak zaitun akan membantu melembabkan kulit dan mencegah iritasi.

Nah, itulah tips dan trik tentang cara membuat sugar wax yang mudah di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Sugar Wax: Tips dan Trik dari Ahlinya