Cara Menuliskan Sumber

>Hello Sohib EditorOnline, welcome to this journal article about “cara menuliskan sumber”. As we all know, proper citation and referencing is crucial in academic writing to give credit to the original author and avoid plagiarism. In this article, we will discuss everything you need to know about how to write sources correctly in Indonesian language. Let’s get started!

Pengertian Sumber

Sebelum membahas tentang cara menuliskan sumber, kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian sumber. Sumber adalah segala hal yang menjadi acuan atau referensi dalam suatu karya tulis ilmiah. Sumber ini bisa berupa buku, jurnal, artikel, website, atau hasil penelitian. Dalam menulis karya tulis ilmiah, penggunaan sumber sangat penting karena dapat menjadi pendukung dan pengukuh argumen. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menuliskan sumber dengan benar agar karya tulis ilmiah yang kita buat memiliki kualitas yang baik.

Buku

Buku merupakan salah satu sumber yang paling sering digunakan dalam karya tulis ilmiah. Berikut adalah cara menuliskan sumber buku:

Jenis Buku Contoh Penulisan
Buku Satu Penulis George R. R. Martin. 2011. A Game of Thrones. New York: Bantam Books.
Buku Dua Penulis Harrison, J., & Graham, C. 2013. The Big Bang Theory: The Official Trivia Guide. New York: Hyperion.
Buku Tiga Penulis atau Lebih Green, J., Johnson, J., & Jones, K. 2010. The Fault in Our Stars. New York: Dutton Books.

Pada contoh di atas, penulisan sumber buku dilakukan dengan menyebutkan nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota penerbit, dan nama penerbit. Jika buku tersebut memiliki lebih dari satu pengarang, maka nama pengarang yang diutamakan untuk disebutkan adalah pengarang pertama, diikuti dengan pengarang kedua, dan seterusnya.

Jurnal

Jurnal merupakan sumber yang menggunakan sistem peer-review dalam proses pengujian kebenaran tulisan. Berikut adalah cara menuliskan sumber jurnal:

Jenis Jurnal Contoh Penulisan
Jurnal dengan Satu Penulis Satoto, S. 2015. The Effect of Education on Economic Growth in Developing Countries. International Journal of Economics and Business Research, 9(3), 301-312.
Jurnal dengan Dua Penulis Bajracharya, B., & Maharjan, H. 2016. Factors Affecting Consumer Buying Behavior of FMCG Goods in Kathmandu Valley. Journal of Business and Management Sciences, 4(1), 6-14.
Jurnal dengan Tiga Penulis atau Lebih Prastawa, A. A., Yasa, N. W. S., & Putra, I. B. W. 2014. The Impact of Tourism on Economic Growth in Bali Province. Journal of Economics and Sustainable Development, 5(14), 43-53.

Pada contoh di atas, penulisan sumber jurnal dilakukan dengan menyebutkan nama pengarang, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume, dan halaman. Penulisan volume dan halaman dilakukan dengan memisahkan keduanya menggunakan tanda titik. Jika jurnal tersebut memiliki lebih dari satu pengarang, maka cara penulisan nama pengarang sama seperti pada buku.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Warga Negara Melaksanakan Kewajiban Menjaga Keamanan Lingkungan

Cara Menuliskan Sumber dalam Teks

Telah dijelaskan sebelumnya bagaimana cara menuliskan sumber pada daftar pustaka. Selain daftar pustaka, sumber juga perlu dituliskan dalam teks karya tulis ilmiah. Berikut adalah beberapa contoh cara menuliskan sumber dalam teks:

Citation Style Harvard

Contoh sumber buku: Martin (2011) menyatakan bahwa…

Contoh sumber jurnal: Satoto (2015) menemukan bahwa…

Citation Style APA

Contoh sumber buku: Martin (2011) stated that…

Contoh sumber jurnal: Satoto (2015) found that…

Dalam menuliskan sumber dalam teks, kita dapat menggunakan citation style Harvard atau APA. Dalam citation style Harvard, nama pengarang dan tahun terbit sumber dituliskan setelah kutipan, sedangkan dalam citation style APA, nama pengarang dan tahun terbit sumber dituliskan sebelum kutipan.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan sumber?

Sumber adalah segala hal yang menjadi acuan atau referensi dalam suatu karya tulis ilmiah. Sumber ini bisa berupa buku, jurnal, artikel, website, atau hasil penelitian.

Mengapa menuliskan sumber penting?

Menuliskan sumber penting agar karya tulis ilmiah yang dibuat memiliki kualitas yang baik dan memberikan penghargaan pada pengarang asli dari sumber yang digunakan. Selain itu, menuliskan sumber juga dapat membantu pembaca untuk memeriksa kebenaran informasi yang disajikan.

Bagaimana cara menuliskan sumber buku?

Cara menuliskan sumber buku adalah dengan menyebutkan nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota penerbit, dan nama penerbit.

Bagaimana cara menuliskan sumber jurnal?

Cara menuliskan sumber jurnal adalah dengan menyebutkan nama pengarang, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume, dan halaman.

Apa itu citation style Harvard dan APA?

Citation style Harvard dan APA adalah sistem penulisan referensi yang sering digunakan pada karya tulis ilmiah. Dalam citation style Harvard, nama pengarang dan tahun terbit sumber dituliskan setelah kutipan, sedangkan dalam citation style APA, nama pengarang dan tahun terbit sumber dituliskan sebelum kutipan.

Kesimpulan

Menuliskan sumber dengan benar sangat penting dalam karya tulis ilmiah. Dalam menuliskan sumber, kita perlu memperhatikan penulisan sumber pada daftar pustaka maupun dalam teks. Penggunaan citation style yang tepat seperti Harvard atau APA juga perlu diperhatikan. Dengan menuliskan sumber dengan benar, kita dapat meningkatkan kualitas karya tulis ilmiah yang kita buat dan memberikan penghargaan pada pengarang asli dari sumber yang digunakan.

Cara Menuliskan Sumber