Cara Membuat Biji Ketapang Manis Renyah dan Empuk

>Hello Sohib EditorOnline, apa kabar? Kali ini, kita akan bahas tentang bagaimana cara membuat biji ketapang manis yang renyah dan empuk. Siapa yang tidak suka dengan camilan yang satu ini, kan? Yuk, langsung saja kita mulai.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat biji ketapang manis yang renyah dan empuk, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Biji ketapang 250 gram
Gula pasir 150 gram
Air 100 ml
Garam secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai membuat biji ketapang manis yang renyah dan empuk.

Langkah-Langkah Membuat Biji Ketapang Manis yang Renyah dan Empuk

Langkah 1: Mencuci Biji Ketapang

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci biji ketapang dengan air bersih. Pastikan semua biji ketapang dicuci hingga bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.

Langkah 2: Membuat Sirup Gula

Langkah kedua adalah membuat sirup gula. Caranya, masukkan gula pasir dan air ke dalam panci dan aduk hingga gula benar-benar larut. Setelah itu, masak sirup gula di atas api kecil hingga kental dan berwarna kecoklatan.

Langkah 3: Menambahkan Biji Ketapang ke Dalam Sirup Gula

Setelah sirup gula siap, masukkan biji ketapang ke dalam panci dan aduk rata hingga semua biji terlapisi sirup gula. Biarkan biji ketapang meresap selama 30 menit.

Langkah 4: Mencampur dan Memasukkan Biji Ketapang ke dalam Oven

Setelah 30 menit, campurkan biji ketapang dengan sedikit garam dan aduk rata. Setelah itu, letakkan biji ketapang ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti dan ratakan. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama 10 menit sebelum memasukkan biji ketapang ke dalamnya. Panggang biji ketapang selama 20-30 menit atau hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan dan terlihat renyah.

Langkah 5: Menunggu dan Mendinginkan

Setelah biji ketapang matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Anda bisa menaruhnya di tempat yang terbuka atau di dalam wadah yang kedap udara agar tetap renyah.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Bisa Memakai Biji Ketapang yang Sudah Jadi?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan biji ketapang yang sudah jadi tidak mengandung bahan-bahan yang tidak diinginkan seperti pewarna atau pengawet. Lebih baik membuat sendiri agar lebih aman dan sehat.

TRENDING 🔥  Cara Mengecek Sertifikat Vaksin Tahap 2

2. Kenapa Biji Ketapang Saya Tidak Renyah?

Biji ketapang yang tidak renyah bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti oven yang tidak cukup panas, suhu yang terlalu rendah, atau bahan yang kurang tertutup sirup gula. Pastikan semua langkah sudah dilakukan dengan benar dan oven sudah cukup panas.

3. Bisakah Membuat Biji Ketapang tanpa Gula?

Tentu saja bisa. Anda bisa mengganti gula dengan madu atau pemanis alami lainnya. Namun, pastikan jumlah pemanis yang digunakan sesuai dengan selera dan tidak terlalu banyak agar biji tetap sehat dan enak.

Sekian artikel tentang cara membuat biji ketapang manis yang renyah dan empuk. Selamat mencoba!

Cara Membuat Biji Ketapang Manis Renyah dan Empuk