Cara Membuat Dalgona Coffee dengan Mixer

>Halo, Sohib EditorOnline! Siapa yang tidak suka minum kopi? Terlebih lagi dengan inovasi terbaru yang sedang hits saat ini, yaitu Dalgona Coffee. Sebenarnya, apa sih Dalgona Coffee itu? Dalgona Coffee adalah minuman kopi yang berasal dari Korea Selatan yang terbuat dari campuran kopi, gula, dan susu.

Apa itu Mixer?

Mixer adalah alat yang digunakan untuk mengocok bahan-bahan dalam pembuatan kue, pai, atau roti. Namun, kini mixer juga bisa digunakan untuk membuat Dalgona Coffee.

1. Pilih Mixer yang Tepat

Ada dua jenis mixer yang bisa kamu gunakan untuk membuat Dalgona Coffee, yaitu mixer tangan dan mixer stand. Pilihlah mixer yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

2. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan Dalgona Coffee dengan mixer, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Antara lain:

Bahan Jumlah
Kopi instan 2 sendok makan
Gula pasir 2 sendok makan
Air panas 2 sendok makan
Susu cair Secukupnya
Es batu Secukupnya

Cara Membuat Dalgona Coffee dengan Mixer

1. Siapkan Wadah untuk Mengocok

Pertama-tama, siapkan wadah yang cukup besar untuk mengocok campuran kopi, gula, dan air panas dengan menggunakan mixer.

2. Masukkan Bahan-Bahan

Setelah itu, masukkan kopi instan, gula pasir, dan air panas ke dalam wadah yang telah disiapkan. Pastikan bahan-bahan tercampur secara merata.

3. Mengocok Bahan-Bahan

Selanjutnya, tingkatkan kecepatan mixer secara perlahan-lahan hingga mencapai kecepatan tertinggi. Mixer harus terus dioperasikan selama sekitar 15-20 menit hingga campuran kopi berubah menjadi kental dan berwarna coklat keemasan.

4. Siapkan Gelas

Siapkan gelas yang diinginkan dan tambahkan sedikit susu cair di dasar gelas.

5. Tambahkan Es Batu ke Dalam Gelas

Tambahkan es batu ke dalam gelas yang telah berisi susu cair. Hal ini bertujuan agar Dalgona Coffee yang akan dituangkan nantinya tidak mencair dan tetap dingin.

6. Tuang Campuran Kopi

Setelah itu, tuangkan campuran kopi instan yang telah dikocok dengan mixer ke dalam gelas yang telah berisi susu dan es batu. Aduk-aduk secara perlahan-lahan hingga tercampur merata.

TRENDING 🔥  Cara Pakai Bioaqua Removal of Acne: Solusi Praktis Menghilangkan Jerawat

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah Dalgona Coffee dibuat tanpa mixer?

Tentu saja bisa. Kamu bisa membuat Dalgona Coffee dengan menggunakan alat pengocok lain seperti garpu atau saringan teh. Namun, prosesnya akan lebih lama dan hasilnya mungkin tidak se-ideal ketika menggunakan mixer.

2. Bolehkah menggunakan kopi bubuk biasa?

Tentu saja bisa. Namun, kopi instan lebih disarankan digunakan karena dapat memberikan hasil yang lebih tebal dan berbusa.

3. Berapa lama proses pembuatan Dalgona Coffee dengan mixer?

Proses pembuatan Dalgona Coffee dengan mixer membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit hingga campuran kopi instan berubah menjadi kental dan berwarna coklat keemasan.

4. Apakah hasil Dalgona Coffee bisa disimpan di dalam kulkas?

Tidak disarankan. Dalgona Coffee yang telah dibuat harus langsung diminum karena akan cepat mencair dan kehilangan kelembutan teksturnya jika disimpan terlalu lama.

5. Berapa banyak porsi yang bisa dihasilkan dari resep ini?

Resep ini bisa menghasilkan satu hingga dua porsi Dalgona Coffee, tergantung dari besar kecilnya gelas yang digunakan.

Cara Membuat Dalgona Coffee dengan Mixer