Cara Membuat Kue Sarang Semut

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu suka dengan kue-kue tradisional Indonesia? Jika iya, kamu harus mencoba membuat kue sarang semut. Kue ini terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis. Di dalam artikel ini, kami akan membagikan cara membuat kue sarang semut yang mudah dan praktis. Yuk, simak!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum membuat kue sarang semut, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang perlu kamu siapkan:

100 gram tepung terigu 100 gram margarin 50 gram gula halus
1 kuning telur 50 gram tepung maizena 1/2 sendok teh vanili bubuk
50 gram keju parut 50 gram kacang almond (diserut halus) Secukupnya garam

Setelah semua bahan siap, kamu bisa langsung memulai proses pembuatan kue sarang semut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan dan timbang sesuai dengan takaran yang tertera di dalam resep. Pastikan semua bahan sudah dalam keadaan siap digunakan. Jangan lupa panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius.

Langkah 2: Campurkan Tepung Terigu, Tepung Maizena, dan Garam

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

Langkah 3: Kocok Margarin, Kuning Telur, dan Gula Halus

Pada langkah ini, kocok margarin, kuning telur, dan gula halus menggunakan mixer hingga mengembang. Kemudian, masukkan vanili bubuk dan aduk rata.

Langkah 4: Campurkan Adonan Tepung ke Adonan Kocokan

Campurkan adonan tepung ke dalam adonan kocokan. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu hingga adonan tercampur sempurna.

Langkah 5: Masukkan Keju Parut dan Kacang Almond

Selanjutnya, masukkan keju parut dan kacang almond yang sudah diserut halus ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Langkah 6: Bentuk Adonan

Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dengan ukuran yang sama. Letakkan bola-bola kecil tersebut di atas loyang yang sudah diolesi dengan margarin atau dialasi kertas roti. Jangan lupa berikan jarak antara satu bola dengan bola lainnya agar tidak menempel saat dipanggang.

Langkah 7: Panggang di Oven

Panggang kue sarang semut dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat kue dari oven dan biarkan dingin.

TRENDING 🔥  Cara Baca Hasil USG: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

Cara Penyajian

Kue sarang semut siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya dalam toples atau wadah kedap udara untuk menjaga kelembutannya. Nikmati kue sarang semut dengan secangkir teh atau kopi di sore hari bersama keluarga atau teman.

FAQ tentang Kue Sarang Semut

1. Mengapa kue ini disebut kue sarang semut?

Keistimewaan dari kue sarang semut terletak pada teksturnya yang berlubang-lubang seperti sarang semut. Kue ini terbuat dari adonan yang dicampur dengan keju parut dan kacang almond yang membuatnya jadi gurih dan renyah.

2. Bagaimana cara membuat kue sarang semut yang empuk?

Untuk membuat kue sarang semut yang empuk, pastikan tidak terlalu banyak mengocok adonan. Kue yang overmix justru akan membuatnya keras dan kurang empuk. Selain itu, simpan kue sarang semut dalam wadah kedap udara agar tetap lembut.

3. Apakah kue sarang semut bisa disimpan dalam freezer?

Ya, kue sarang semut bisa disimpan dalam freezer. Pastikan kue sudah dingin terlebih dahulu sebelum disimpan. Letakkan kue dalam toples atau wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Kue dapat disimpan hingga 1 bulan.

4. Bisakah bahan-bahan kue sarang semut diganti dengan yang lain?

Tentu saja! Kamu bisa melakukan eksperimen dengan mengganti bahan-bahan kue sarang semut sesuai selera. Misalnya, mengganti keju parut dengan cokelat atau kacang almond dengan kacang kenari.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue sarang semut?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue sarang semut sekitar 30-45 menit termasuk waktu pemanggangan. Namun, jika kamu sudah terbiasa membuatnya, waktu yang dibutuhkan bisa lebih sedikit.

Cara Membuat Kue Sarang Semut