Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu suka makanan manis yang sedikit asam? Jika iya, mungkin kamu pernah mencoba manisan belimbing wuluh. Buah yang satu ini terkenal dengan rasa asamnya yang segar dan cocok dijadikan manisan. Di artikel ini, kami akan membahas cara membuat manisan belimbing wuluh yang enak dan mudah untuk kamu coba di rumah.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat manisan belimbing wuluh, kamu perlu menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang kamu butuhkan.

Bahan Qty
Belimbing Wuluh 500 gram
Gula Pasir 1 kg
Asam Jawa 1 sdt
Air 2 liter

Alat yang kamu butuhkan adalah panci besar, sendok kayu, pisau, talenan, dan wadah kaca untuk menyimpan manisan.

2. Membuat Sirop Gula

Langkah pertama dalam membuat manisan belimbing wuluh adalah membuat sirop gula. Caranya:

  1. Masukkan gula pasir dan air ke dalam panci besar.
  2. Aduk hingga gula larut dan didihkan.
  3. Tambahkan asam jawa dan aduk rata.
  4. Biarkan sirop gula mendidih dan berubah warna menjadi agak coklat selama sekitar 20-30 menit.
  5. Ambil 1 sdm sirop gula dan coba masukkan ke dalam air dingin. Jika sirop gula mengental dan tidak larut, artinya sirop gula sudah matang.

3. Menyiapkan Belimbing Wuluh

Selama membuat sirop gula, kamu bisa menyiapkan belimbing wuluh. Caranya:

  1. Cuci bersih belimbing wuluh, potong ujungnya, dan belah dua.
  2. Buang bijinya dengan hati-hati. Kamu bisa menggunakan sendok kecil untuk membantu memisahkan biji dan daging buah.

4. Merebus Belimbing Wuluh

Setelah sirop gula matang dan belimbing wuluh sudah disiapkan, saatnya merebus belimbing wuluh hingga empuk dan meresap sirop gula. Caranya:

  1. Masukkan belimbing wuluh ke dalam sirop gula, aduk rata, dan biarkan merebus selama sekitar 30-45 menit.
  2. Ambil satu buah belimbing wuluh dan coba tekan dengan sendok kayu. Jika empuk dan meresap sirop gula, artinya manisan belimbing wuluh sudah matang.

5. Memindahkan ke Wadah Kaca

Setelah manisan belimbing wuluh matang, angkat dan tiriskan di atas saringan agar sirop gula tidak terlalu banyak menempel di belimbing wuluh. Setelah kira-kira 15-30 menit, kamu bisa memindahkan manisan belimbing wuluh ke dalam wadah kaca dan simpan di lemari es. Manisan belimbing wuluh siap disajikan dan bisa bertahan selama beberapa bulan.

TRENDING 🔥  Cara Dapat Uang di Internet untuk Sohib EditorOnline

FAQ

1. Apakah Belimbing Wuluh Mudah Ditemukan?

Belimbing wuluh bisa ditemukan di pasar atau warung-warung buah. Buah ini biasanya tersedia di musim hujan atau musim penghujan. Harganya cukup terjangkau dan bisa menjadi alternatif manisan yang sehat dan segar.

2. Apakah Harus Menggunakan Gula Pasir?

Anda bisa mengganti gula pasir dengan gula kelapa atau madu sesuai dengan selera. Namun, penggunaan gula pasir memberikan rasa manis yang khas pada manisan belimbing wuluh.

3. Berapa Lama Manisan Belimbing Wuluh Bisa Bertahan?

Manisan belimbing wuluh bisa bertahan selama beberapa bulan jika disimpan di dalam wadah kaca yang tertutup rapat dan diletakkan di lemari es. Jika ingin memperpanjang masa simpannya, bisa ditambahkan bahan pengawet alami seperti daun pandan atau kayu secang.

4. Apa Bahan Pengawet Alami yang Bisa Digunakan?

Beberapa bahan pengawet alami yang bisa digunakan untuk manisan belimbing wuluh antara lain daun pandan, kayu secang, atau daun sirih. Bahan pengawet alami ini bisa membantu menjaga kualitas manisan dan memberikan aroma yang segar.

5. Apakah Manisan Belimbing Wuluh Cocok untuk Anak-Anak?

Manisan belimbing wuluh cocok untuk semua usia termasuk anak-anak. Namun, jangan memberikan terlalu banyak karena tinggi kadar gula di dalamnya. Selalu pastikan untuk mencuci bersih belimbing wuluh sebelum diolah dan memperhatikan porsinya.

Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh