Cara Membuat Roti Boy

>Hello Sohib EditorOnline! Roti Boy adalah salah satu jenis roti yang sangat populer di Indonesia. Roti ini memiliki tekstur yang empuk dan berlapis butter yang khas. Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah cara membuat roti boy yang mudah dan simpel.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat roti boy, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan berikut ini:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 350 gram
Susu bubuk 50 gram
Gula pasir 100 gram
Ragi instan 1 sachet
Garam 5 gram
Putih telur 2 buah
Susu cair 200 ml
Mentega 100 gram
Keju parut Secukupnya

Setelah semua bahan sudah siap, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Cara Membuat

1. Membuat Adonan Roti

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Tambahkan putih telur dan susu cair ke dalam adonan, lalu uleni dengan tangan sampai kalis dan elastis. Tambahkan mentega, uleni kembali sampai mentega tercampur rata dengan adonan. Diamkan selama 30 menit.

2. Membuat Topping Roti Boy

Sementara menunggu adonan roti mengembang, kamu bisa membuat topping roti boy terlebih dahulu. Caranya, campurkan mentega dan keju parut dalam sebuah wadah. Aduk rata dan sisihkan.

3. Membentuk Adonan Roti

Setelah adonan roti mengembang, ambil sedikit adonan dan pipihkan dengan gilingan. Oleskan topping keju di atas adonan, lalu gulung dan bentuk seperti bola. Ulangi hingga adonan habis.

4. Memanggang Roti Boy

Panaskan oven terlebih dahulu, lalu panggang roti boy selama 20-25 menit sampai matang. Keluarkan dari oven dan tunggu hingga dingin sebelum disajikan.

FAQ

1. Apa yang membuat roti boy empuk?

Roti boy memiliki tekstur yang empuk karena adonannya mengandung susu bubuk dan mentega yang kaya akan lemak. Tekstur yang empuk ini juga dipengaruhi oleh ragi instan yang digunakan, sehingga roti menjadi lebih mengembang.

2. Apakah roti boy bisa disimpan?

Roti boy bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya roti boy dimakan dalam keadaan segar agar lebih nikmat.

3. Bisakah topping roti boy diganti dengan selai atau coklat?

Tentu saja bisa! Topping roti boy bisa diganti dengan selai atau coklat sesuai dengan selera kamu. Namun, rasa asli roti boy memang berasal dari topping keju yang khas.

TRENDING 🔥  Cara Memotong Gambar di Word

4. Apa yang salah jika roti boy tidak mengembang?

Jika roti boy tidak mengembang, kemungkinan ada beberapa faktor yang salah. Mungkin ragi instan yang digunakan sudah kadaluwarsa, atau adonan tidak dibiarkan cukup lama untuk mengembang. Pastikan juga suhu oven sudah benar dan adonan tidak terlalu kering atau basah, sehingga roti dapat mengembang dengan baik.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat roti boy?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat roti boy kurang lebih adalah 2-3 jam termasuk waktu proses mengembangkan adonan dan memanggang roti.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat roti boy yang empuk dan lezat. Selamat mencoba di rumah!

Cara Membuat Roti Boy