Cara Membuat Sapi Lada Hitam untuk Sohib EditorOnline

>Salam Sohib EditorOnline! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat sapi lada hitam. Sapi lada hitam adalah salah satu masakan yang cukup populer di Indonesia. Masakan ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, cocok untuk disajikan dalam acara keluarga atau pesta.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak sapi lada hitam, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

1 kg daging sapi
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
5 buah cabai rawit
1 buah tomat
2 batang daun bawang
1 cm jahe
2 lembar daun salam
2 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdt merica
2 sdt lada hitam
500 ml air
2 sdm minyak goreng

Pastikan semua bahan sudah disiapkan sebelum memulai proses memasak sapi lada hitam.

Langkah-langkah memasak sapi lada hitam

1. Potong daging sapi

Pertama-tama, potong daging sapi menjadi potongan kecil-kecil. Agar lebih mudah dipotong, sebaiknya daging sudah dikeluarkan dari kulkas selama beberapa saat sampai suhu ruang. Setelah dipotong, simpan daging di dalam wadah dan tambahkan garam serta merica. Aduk rata dan biarkan selama 15 menit.

2. Iris bahan-bahan lainnya

Selanjutnya, iris bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, dan tomat menjadi lebih kecil. Potong daun bawang menjadi serong dan jahe diiris tipis. Jangan lupa untuk melelehkan kecap manis.

3. Panaskan minyak goreng

Panaskan minyak goreng di dalam panci atau wajan. Tunggu sampai minyak panas, kemudian masukkan daging sapi dan goreng hingga berubah warna. Angkat daging dan taruh di piring terpisah.

4. Tumis bumbu

Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, dan jahe sampai harum. Tambahkan daun salam dan daun bawang kemudian masukkan daging sapi yang sudah digoreng tadi. Aduk rata.

5. Tambahkan air dan masak

Tambahkan air dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, masukkan tomat dan kecap manis. Aduk lagi dan biarkan mendidih. Setelah itu, masukkan lada hitam dan garam. Cek rasa dan biarkan mendidih selama beberapa saat sampai bumbu meresap ke dalam daging sapi.

6. Sajikan

Sapi lada hitam siap untuk disajikan. Sajikan di atas piring dan taburi dengan sedikit daun bawang sebagai hiasan.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Poster - Panduan Lengkap Untuk Pemula

FAQ tentang sapi lada hitam

1. Apa bedanya sapi lada hitam dengan masakan pedas biasa?

Sapi lada hitam memiliki rasa pedas yang berbeda dengan masakan pedas biasa. Rasa pedas pada sapi lada hitam didapat dari kecap manis dan lada hitam yang memberikan rasa pedas dan manis yang khas.

2. Apakah sapi lada hitam cocok untuk dijadikan menu makan malam?

Tentu saja! Sapi lada hitam cocok untuk dijadikan menu makan malam bersama keluarga atau teman. Sapi lada hitam memiliki rasa yang lezat dan cocok untuk dinikmati di acara-acara khusus.

3. Bisakah sapi lada hitam disimpan dalam kulkas?

Tentu saja bisa. Sapi lada hitam bisa disimpan dalam kulkas selama kurang lebih 3 hari. Sebelum disimpan, pastikan sapi lada hitam sudah dingin dan ditaruh dalam wadah yang kedap udara.

4. Apa yang bisa ditambahkan ke sapi lada hitam?

Berbagai bahan bisa ditambahkan ke sapi lada hitam, seperti paprika, wortel, atau jamur. Namun, jangan lupa bahwa sapi lada hitam memiliki rasa khas yang tidak perlu ditambahkan bahan-bahan yang terlalu banyak. Lebih baik konsentrasi pada citra rasa sapi lada hitam yang asli.

5. Apakah sapi lada hitam hanya bisa dimasak dengan daging sapi?

Tidak. Sapi lada hitam bisa dimasak dengan berbagai jenis daging, seperti ayam atau ikan. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan yang digunakan pada sapi lada hitam harus disesuaikan dengan bahan dasar yang dipilih.

Sekian artikel tentang cara membuat sapi lada hitam untuk Sohib EditorOnline. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Membuat Sapi Lada Hitam untuk Sohib EditorOnline