Cara Membuat Ayam Lada Hitam untuk Sohib EditorOnline

>Halo Sohib EditorOnline, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang resep masakan yang sedang trending yaitu cara membuat ayam lada hitam. Ayam lada hitam adalah masakan khas Tionghoa yang memiliki cita rasa gurih, pedas, dan sedikit manis.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai proses memasak, mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Ayam fillet 500 gram
Bawang putih, cincang halus 4 siung
Lada hitam, haluskan 1 sdm
Garam 1/2 sdt
Gula pasir 1 sdt
Kecap manis 1 sdm
Tepung maizena 1 sdm
Air 100 ml
Minyak goreng secukupnya

Pastikan semua bahan yang dibutuhkan telah disiapkan dengan baik sebelum kita memulai proses memasak.

Langkah-langkah Memasak Ayam Lada Hitam

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memasak ayam lada hitam:

1. Potong-potong ayam fillet

Pertama-tama, kita harus memotong ayam fillet menjadi ukuran yang sesuai. Ukuran yang disarankan adalah sekitar 2 cm x 2 cm. Hal ini akan memudahkan proses memasak dan membuat ayam menjadi empuk.

2. Marinasi ayam fillet

Setelah ayam fillet dipotong, kita bisa memarinasi ayam menggunakan garam, gula pasir, kecap manis, dan tepung maizena. Aduk rata hingga ayam terbalut bumbu dan diamkan selama 15 menit. Dengan demikian, rasa bumbu akan meresap dan menghasilkan rasa yang lebih enak.

3. Panaskan minyak goreng

Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam jumlah secukupnya di atas wajan yang telah dipanaskan sebelumnya dalam api sedang. Pastikan minyak telah cukup panas sebelum kita memasukkan ayam.

4. Goreng ayam

Setelah minyak panas, kita bisa memasukkan ayam fillet yang telah dibumbui ke dalam wajan. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan dan angkat. Tiriskan ayam dan sisihkan.

5. Tumis bawang putih dan lada hitam

Selanjutnya, tumis bawang putih yang telah dicincang halus hingga harum. Kemudian, masukkan lada hitam yang telah dihaluskan dan aduk rata. Jangan sampai terlalu lama menumis bawang dan lada agar tidak gosong.

6. Masukkan ayam goreng

Setelah bawang dan lada telah tercampur rata, kita bisa memasukkan ayam goreng ke dalam wajan dan aduk rata. Pastikan ayam terbalut dengan bumbu lada hitam dengan merata.

7. Tambahkan air

Setelah itu, tambahkan air ke dalam wajan dan aduk rata. Biarkan ayam matang dan bumbu meresap. Pastikan api dalam keadaan sedang agar tidak terlalu cepat menguapkan air.

8. Sajikan

Ayam lada hitam siap disajikan. Anda bisa menambahkan taburan daun bawang atau irisan cabai merah sesuai selera. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Buat RPP: Panduan Praktis Untuk Guru

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa itu ayam lada hitam?

Ayam lada hitam adalah masakan khas Tionghoa yang terdiri dari ayam fillet dan bumbu lada hitam yang gurih, pedas, dan sedikit manis.

Bagaimana cara membuat ayam lada hitam yang enak?

Untuk membuat ayam lada hitam yang enak, pastikan untuk memotong ayam fillet dengan ukuran yang sesuai, memarinasi ayam dengan baik, dan menggoreng ayam hingga kuning kecoklatan. Jangan lupa tumis bawang putih dan lada hitam hingga harum sebelum memasukkan ayam goreng. Tambahkan air dan biarkan ayam matang meresap bumbu.

Apakah ayam lada hitam pedas?

Ya, ayam lada hitam memiliki cita rasa pedas karena menggunakan bumbu lada hitam sebagai salah satu bahan utamanya. Namun, pedasnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dengan mengurangi atau menambahkan jumlah lada hitam yang digunakan.

Dapatkah ayam lada hitam disimpan?

Ya, ayam lada hitam dapat disimpan dalam lemari pendingin selama 1-2 hari. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang kedap udara dan tidak terkena paparan udara langsung.

Apa yang bisa disajikan dengan ayam lada hitam?

Ayam lada hitam dapat disajikan dengan nasi putih dan sayuran seperti brokoli, kembang kol, atau wortel. Selain itu, bisa juga menambahkan mie goreng atau nasi goreng sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi resep lengkap cara membuat ayam lada hitam yang gurih pedas dan cukup mudah untuk diikuti. Pastikan untuk memotong ayam fillet dengan ukuran yang sesuai, menggoreng ayam hingga kuning kecoklatan, dan mengolah bumbu lada hitam dengan benar agar menghasilkan rasa yang enak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Membuat Ayam Lada Hitam untuk Sohib EditorOnline