Cara Membuat Wajik Bandung

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Sudahkah kamu mencicipi wajik Bandung, salah satu jajanan tradisional Indonesia yang terkenal? Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat wajik Bandung yang lezat dan mudah dibuat. Simak terus artikel ini ya!

Apa Itu Wajik Bandung?

Untuk kamu yang belum tahu apa itu wajik Bandung, wajik adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula kelapa dan santan. Sedangkan Bandung sendiri adalah kota di Jawa Barat yang terkenal dengan kulinerannya yang lezat, salah satunya adalah wajik Bandung.

Sejarah Wajik Bandung

Wajik Bandung pertama kali dibuat oleh masyarakat Sunda, khususnya di daerah Bandung. Makanan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Konon, wajik Bandung menjadi makanan favorit dari Belanda yang menjajah Indonesia pada waktu itu. Seiring dengan berjalannya waktu, wajik Bandung semakin populer dan menjadi salah satu jajanan tradisional yang terkenal di Indonesia.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat wajik Bandung, pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah lengkap. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan Jumlah
Ketan 300 gram
Gula kelapa 250 gram
Santan kental 500 ml
Garam 1/2 sendok teh
Pandan wangi 3 lembar
Daun pandan 3 lembar

Langkah-Langkah Membuat Wajik Bandung

1. Cuci Ketan

Langkah pertama adalah mencuci ketan hingga bersih. Kemudian rendam ketan dalam air selama 2 jam. Setelah itu, tiriskan ketan dan diamkan selama 20-30 menit hingga airnya benar-benar terserap.

2. Masak Santan

Selanjutnya, masak santan bersama gula kelapa, garam, pandan wangi, dan daun pandan. Aduk-aduk hingga gula kelapa larut dan santan tercampur rata. Setelah itu, angkat dari kompor.

3. Campurkan Ketan dengan Santan

Campurkan ketan yang sudah dikeringkan dengan santan. Aduk-aduk hingga ketan dan santan tercampur merata.

4. Rebus Campuran Ketan dan Santan

Panaskan campuran ketan dan santan tadi di atas api kecil sambil terus diaduk-aduk. Terus aduk hingga campuran ketan dan santan mengental dan tidak lengket di sendok kayu.

5. Cetak Wajik

Cetak campuran ketan dan santan tadi ke dalam loyang atau wadah yang sudah diolesi minyak goreng. Ratakan dan tekan-tekan sedikit agar wajik dapat terbentuk dengan baik. Diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya wajik cukup keras dan siap dipotong-potong.

TRENDING 🔥  Cara Mencuci Muka yang Benar

FAQ Cara Membuat Wajik Bandung

1. Apa yang Harus Dilakukan Jika Ketan Lengket?

Jika ketan terlalu lengket, tambahkan sedikit minyak goreng atau air agar ketan tidak terlalu lengket.

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Wajik Terasa Terlalu Manis?

Jika wajik terasa terlalu manis, kamu bisa menambahkan sedikit garam atau air jeruk nipis untuk menetralkan rasa manisnya.

3. Apakah Wajik Bandung Tahan Lama?

Ya, wajik Bandung dapat tahan lama selama disimpan di tempat yang kering dan tertutup rapat. Wajik dapat bertahan hingga beberapa minggu dengan syarat penyimpanan yang benar.

4. Apa yang Bisa Ditambahkan ke Dalam Wajik Bandung?

Bahan-bahan lain yang bisa ditambahkan ke dalam wajik Bandung adalah kacang, wijen, atau parutan kelapa yang telah dijemur.

5. Bagaimana Cara Menyajikan Wajik Bandung?

Wajik Bandung bisa disajikan dengan cara dipotong-potong dan disusun dalam wadah atau piring. Wajik juga bisa disajikan sebagai teman minum teh atau kopi.

Kesimpulan

Itulah cara membuat wajik Bandung yang lezat dan mudah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat wajik Bandung sendiri di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Wajik Bandung