Cara Membuat Peuyeum Bandung: Resep dan Langkah-langkah

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu suka makanan tradisional khas Indonesia? Kalau iya, kamu pasti sudah pernah mencoba peuyeum, ya! Peuyeum adalah makanan fermentasi dari ketan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Rasanya yang manis, beraroma, dan sedikit beralkohol membuat peuyeum menjadi camilan favorit di seluruh Indonesia.

Apa Itu Peuyeum?

Peuyeum adalah makanan hasil fermentasi yang berasal dari ketan. Proses fermentasi terjadi karena adanya ragi alami yang terdapat di dalam ketan. Ketan direndam dalam air selama beberapa hari untuk memicu pertumbuhan ragi alami. Setelah itu, ketan akan diproses secara tradisional dengan cara dipukul-pukul menggunakan alat khusus hingga beras ketan meleleh dan tercampur dengan ragi alami. Kemudian adonan tersebut dibiarkan selama beberapa hari lagi untuk proses fermentasi hingga menjadi peuyeum.

Apa Bedanya Peuyeum Bandung dengan Peuyeum Lainnya?

Peuyeum Bandung memiliki rasa dan aroma yang berbeda dengan peuyeum lainnya di Indonesia. Hal ini disebabkan karena peuyeum Bandung menggunakan jenis ketan yang berbeda dari jenis ketan lainnya. Selain itu, air yang digunakan untuk merendam ketan juga berbeda karena mengandung mikroorganisme yang khas untuk wilayah Bandung. Proses pembuatan peuyeum Bandung juga memerlukan waktu yang lebih lama dari peuyeum lainnya. Karena itulah, peuyeum Bandung menjadi khas dan memiliki cita rasa yang unik.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan Jumlah
Ketan putih 500 gram
Air matang 500 ml
Ragi peuyeum alami 50 gram
Gula merah 100 gram
Air kelapa 200 ml

Note: Jumlah bahan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah-langkah Membuat Peuyeum Bandung

Langkah 1: Menyiapkan Ketan

Cuci bersih ketan putih dengan air mengalir. Rendam ketan dalam air selama 3 jam.

Langkah 2: Membuat Ragi Peuyeum

Campurkan 50 gram ketan yang sudah direndam dengan air matang. Diamkan campuran ketan dan air selama 3 hari atau sampai muncul bercak-bercak putih pada permukaan.

Langkah 3: Membuat Adonan Peuyeum

Cuci bersih ketan putih yang sudah direndam selama 3 jam. Blender ketan bersama dengan air matang hingga halus dan lembut. Tambahkan ragi peuyeum alami yang sudah dibuat pada langkah 2. Aduk rata.

Langkah 4: Fermentasi Peuyeum

Rendam adonan ketan dalam air selama 2 hari. Jangan lupa untuk mengaduk adonan setiap 12 jam sekali agar fermentasi berjalan sempurna.

Langkah 5: Penambahan Rasa

Tambahkan gula merah yang sudah dihaluskan pada adonan peuyeum. Aduk rata.

TRENDING 🔥  Cara Berkembang Biak Pohon Mangga

Langkah 6: Penambahan Aroma

Tambahkan air kelapa pada adonan peuyeum. Aduk rata. Diamkan adonan selama 2 hari agar aroma air kelapa meresap dan rasa peuyeum semakin enak.

FAQ

Apa Saja Jenis Ketan yang Cocok untuk Membuat Peuyeum?

Untuk membuat peuyeum, disarankan menggunakan ketan putih. Ketan putih menghasilkan peuyeum dengan rasa yang enak dan aroma yang sedap.

Apakah Peuyeum Aman untuk Dikonsumsi?

Peuyeum aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi peuyeum yang sudah terlalu lama atau terlalu banyak, karena bisa menyebabkan keracunan alkohol.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Peuyeum?

Proses pembuatan peuyeum memerlukan waktu yang cukup lama. Rangkaian proses mulai dari merendam ketan, membuat ragi peuyeum, membuat adonan, fermentasi, hingga penambahan rasa dan aroma memerlukan waktu total sekitar 7 hingga 10 hari.

Apakah Peuyeum Bandung Bisa Disimpan?

Peuyeum Bandung bisa disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan selama beberapa hari. Namun, untuk menjaga kesegarannya, disarankan untuk disimpan di dalam kulkas atau freezer.

Apakah Ada Trik Tertentu untuk Membuat Peuyeum yang Enak?

Ada beberapa trik agar peuyeum yang kamu buat menjadi enak dan berkualitas. Pertama, pastikan ketan yang kamu gunakan berkualitas baik dan tidak terlalu kering. Kedua, jangan terlalu sering mengaduk adonan peuyeum saat dalam proses fermentasi agar ragi bisa bekerja dengan baik. Ketiga, jangan lupa untuk menambahkan gula merah dan air kelapa agar peuyeum memiliki rasa dan aroma yang enak.

Apakah Peuyeum Bisa Digunakan sebagai Bahan Masakan?

Peuyeum bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat aneka kue atau makanan ringan, seperti getuk, dodol, atau tape goreng. Namun, pastikan peuyeum yang digunakan masih dalam kondisi segar dan belum terlalu lama disimpan.

Apa Saja Kandungan Gizi dalam Peuyeum?

Peuyeum mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, dan vitamin B kompleks. Namun, karena proses fermentasinya, kandungan gula dan alkohol dalam peuyeum cukup tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi peuyeum dalam jumlah yang wajar.

Penutup

Itulah cara membuat peuyeum Bandung yang enak dan berkualitas. Selain bisa menjadi camilan favorit, peuyeum juga bisa menjadi cemilan yang sehat dan bergizi. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan nikmati rasanya!

Cara Membuat Peuyeum Bandung: Resep dan Langkah-langkah